Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

makeyoufunAvatar border
TS
makeyoufun
Pantai Sawarna: Pesona Wisata Pantai Terbaik yang Kembali Dibuka

Pantai Sawarna adalah salah satu destinasi wisata pantai yang terletak di Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten. Pantai ini kembali dibuka untuk umum pada tahun 2021 setelah sempat ditutup selama beberapa waktu karena pandemi COVID-19. Menjadi destinasi wisata yang populer di Indonesia, Pantai Sawarna menawarkan keindahan pantai yang mempesona serta kegiatan yang menarik untuk dilakukan selama liburan.

Deskripsi Pantai Sawarna
Pantai Sawarna memiliki panorama alam yang indah dengan pasir putih, air laut yang jernih, serta ombak yang cukup besar. Terdapat juga karang dan batu-batu besar yang menjorok ke laut yang menjadi spot foto yang populer. Selain itu, di Pantai Sawarna juga terdapat beberapa bukit yang menjadi spot untuk menikmati matahari terbenam.


Sejarah Desa Sawarna
Desa Sawarna merupakan desa yang terletak di ujung barat daya Pulau Jawa. Desa ini dikenal sebagai desa nelayan yang memiliki tradisi dan kearifan lokal yang unik. Salah satu tradisi yang masih dilestarikan di Desa Sawarna adalah “lengser” atau tradisi turun-temurun untuk mengukuhkan kepemimpinan di desa. Selain itu, Desa Sawarna juga memiliki potensi wisata yang cukup besar, salah satunya adalah Pantai Sawarna.


Lokasi Pantai Sawarna
Pantai Sawarna terletak sekitar 143 km dari Jakarta dan dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi atau kendaraan umum seperti bus dan angkutan kota. Jalur yang harus ditempuh untuk menuju ke Pantai Sawarna cukup sulit dan berkelok-kelok. Namun, setelah sampai di pantai, semua perjuangan akan terbayar dengan pemandangan pantai yang indah.


Destinasi Wisata Populer


Pantai Sawarna menjadi destinasi wisata populer di Indonesia karena keindahan pantainya yang mempesona serta kegiatan yang dapat dilakukan selama liburan. Beberapa destinasi wisata yang populer di Pantai Sawarna antara lain:

Pasir Putih Pantai Sawarna


https://goo.gl/maps/y6ZCuL552bfXepUq9

Pasir putih Pantai Sawarna adalah salah satu daya tarik utama di Pantai Sawarna. Pasir putih yang halus dan lembut membuat pengunjung betah berlama-lama di pantai ini.

Pantai Ciantir

Selain Pantai Sawarna, terdapat juga pantai lain yang dapat dikunjungi di sekitar Pantai Sawarna, yaitu Pantai Pasir Putih Ciantir. Pantai ini terletak sekitar 10 km dari Pantai Sawarna dan dapat dicapai dengan kendaraan pribadi atau ojek.

Karang Taraje



Karang Taraje adalah batu karang yang terletak di tepi pantai. Batu karang ini menjadi spot foto yang populer di Pantai Sawarna


Pantai Legon Pari Sawarna

Pantai ini terletak sekitar 5 km dari Pantai Sawarna dan dapat dicapai dengan kendaraan pribadi atau ojek.

Deskripsi Pantai Legon Pari Sawarna
Pantai Legon Pari Sawarna merupakan pantai yang belum terlalu terkenal di daerah Sawarna. Pantai ini memiliki panorama alam yang indah dengan pasir putih yang halus, air laut yang jernih, serta ombak yang cukup besar. Terdapat juga bebatuan besar di sekitar pantai yang menjadi spot foto yang menarik.



Hal Menarik Ketika Berlibur di Pantai Sawarna


Selain menikmati keindahan pantai dan destinasi wisata populer, terdapat beberapa kegiatan yang menarik untuk dilakukan selama berlibur di Pantai Sawarna, antara lain:

Menyelam

Pantai Sawarna memiliki laut yang jernih dan bersih, sehingga cocok untuk melakukan kegiatan menyelam. Terdapat juga beberapa penyedia jasa penyelaman di Pantai Sawarna yang dapat membantu pengunjung dalam melakukan kegiatan ini.


Surfing

Ombak di Pantai Sawarna tergolong besar, sehingga sangat cocok untuk melakukan kegiatan surfing. Terdapat juga beberapa penyedia jasa sewa peralatan surfing di Pantai Sawarna.
Camping


Menikmati Matahari Terbit & Terbenam
Jika Anda sering menikmati matahari terbit dan terbenam dari puncak gunung, kini saatnya untuk mencoba pengalaman baru dengan menikmatinya dari Desa Sawarna. Saat berkunjung ke desa yang indah ini, Anda berkesempatan untuk menyaksikan pemandangan matahari terbit dan terbenam yang memukau. Terlebih lagi, jika Anda datang pada hari yang cerah, hamparan persawahan yang luas akan menjadi latar belakang yang menambah keindahan pemandangan tersebut.

Menikmati matahari terbit dan terbenam dari Desa Sawarna memberikan pengalaman yang berbeda dibandingkan dengan melihatnya dari gunung. Dari sini, Anda bisa merasakan kedamaian dan ketenangan yang diberikan oleh alam sekitar. Jangan lupa untuk membawa kamera untuk mengabadikan momen indah ini sebagai kenangan yang tak terlupakan.

Fasilitas Umum Pantai Sawarna

Pantai Sawarna telah memiliki beragam faslitas yang sudah cukup baik untuk membuat para wisatawannya makin nyaman saat berada di pantai ini. Berikut adalah beberapa fasilitas yang tersedia di Pantai Sawarna:

Area parkir
Toilet
Mushola
Warung makan & minum



Harga Tiket Masuk (HTM) Pantai Sawarna

Untuk masuk ke Pantai Sawarna, pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp. 5.000,-/orang saja. Harga yang terjangkau ini cocok untuk semua wisatawan yang datang, baik itu wisatawan domestik maupun asing. Namun, selain Pantai Sawarna, terdapat juga beberapa pantai-pantai menarik lainnya di sekitar daerah Sawarna yang memiliki harga tiket masuk sedikit lebih mahal yaitu sebesar Rp. 10.000,-/orangnya. Beberapa pantai tersebut antara lain Pantai Ciantir, Pantai Tanjung Layar, Pantai Goa Langir, Pantai Legon Pari, Pantai Karang Bokor, dan Pantai Pulo Manuk.
Untuk biaya parkir kendaraan, pengunjung harus membayar biaya parkir sebesar Rp. 5.000,- untuk sepeda motor dan Rp. 10.000 - Rp. 25.000,- untuk mobil. Pastikan untuk membawa uang tunai yang cukup agar dapat membayar tiket masuk dan biaya parkir dengan mudah.

Dengan harga tiket masuk yang terjangkau dan beberapa pilihan pantai menarik lainnya di sekitar daerah Sawarna, liburan Anda di pantai akan semakin berkesan. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan kelestarian alam di sekitar pantai agar dapat dinikmati oleh generasi berikutnya.


Baca Lengkap disini : sawarna
Diubah oleh makeyoufun 09-04-2023 16:22
Okutet
bukan.bomat
bukan.bomat dan Okutet memberi reputasi
0
1.1K
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan