Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Menjadi Tradisi, Ini Momen yang Ditunggu Oleh Anak-anak Saat Hari Lebaran Idul Fitri
Sudah menjadi tradisi, ini dia beberapa momen di hari raya lebaran yang ditunggu oleh hampir semua anak-anak


Puasa Ramadhan 1444 Hijriah, tidak terasa sudah menginjak hari ke 16 dan kurang lebih 14 hari yang akan datang umat muslim akan masuk pada bulan baru yaitu bulan Syawal dimana di bulan ini dirayakanlah hari lebaran.

Lebaran atau yang lebih akrab disebut dengan nama Idul Fitri ini merupakan bulan hari raya umat Islam sebagai perayaan setelah menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh di bulan Ramadhan.

Pada tanggal 1 Syawal inilah umat muslim yang sudah berhasil menjalankan ibadah puasa dengan baik di bulan Ramadhan akan mendapatkan ganjaran ampunan dari Allah selayaknya terlahir kembali suci sebagaimana kondisi bayi yang baru terlahir.

Dalam rangka memperingati hari raya Idul Fitri tentu di setiap daerah memiliki perbedaan GanSis. Namun pada umumnya hari raya Idul Fitri diawali dengan shalat sunnah berjamaah di pagi hari yaitu shalat Idul Fitri kemudian dilanjutkan dengan saling mengunjungi untuk silaturahmi.

Begitupun di hari raya Idul Fitri juga ada beberapa momen yang selalu ditunggu oleh anak-anak. Berikut ini beberapa momen tersebut yang mungkin juga pernah Agan Sista alami.




1. Memakai Baju Baru

Momen memakai baju baru di hari pertama lebaran, dapat dikatakan sudah menjadi tradisi yang diwariskan secara turun-temurun dari zaman dulu sampai dengan saat ini.

Sebenarnya untuk masa modern seperti sekarang, membeli dan menggunakan baju baru tidak hanya dapat dilakukan pada momen lebaran Idul Fitri saja GanSis. Berbeda dengan anak-anak zaman dulu yang hanya membeli baju baru menjelang Idul Fitri sehingga anak zaman dulu antusias menyambut 1 Syawal.

Meskipun begitu sampai saat ini tradisi tersebut masih terus dipelihara. Para orang tua akan membelikan baju baru untuk digunakan oleh anak-anak mereka di hari pertama Idul Fitri.

2. Angpao atau THR Lebaran

Angpao atau THR lebaran, juga menjadi salah satu tradisi dan momen yang paling ditunggu oleh para anak-anak di hari raya Idul Fitri.

Orang tua, saudara, tetangga, akan menyisihkan uang pecahan untuk dijadikan sebagai THR yang dikhususkan bagi anak-anak yang datang bersilaturahmi ke rumah.

Anak-anak akan sangat menunggu momen tersebut karena dari uang angpao atau THR mereka bisa membeli apa yang mereka inginkan tanpa harus minta ke orang tua.

3. Jajan atau Kue Lebaran

Di setiap perayaan hari raya Idul Fitri tentu setiap rumah umat Islam tidak luput selalu menyediakan kue-kue atau jajanan lebaran.

Tentu saja momen ini juga menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh anak-anak GanSis, karena mereka dapat makan berbagai macam jajanan atau kue bahkan yang khusus hanya ada di hari raya Idul Fitri saja.



Berikut tadi GanSis beberapa momen di hari raya Idul Fitri yang paling ditunggu oleh anak-anak dari zaman dulu sampai dengan sekarang.

Momen-momen yang mungkin Agan Sista sendiri juga tidak dapat lupakan meskipun sudah berlalu belasan atau puluhan tahun yang lalu.

Mudah-mudahan kita semua dapat bertemu dengan hari raya Idul Fitri dan menyelesaikan tugas di bulan Ramadhan ini dengan baik dan lancar.




Penulis: @masnukho©2023
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
abuycool
GigiTato.
kacybird
kacybird dan 4 lainnya memberi reputasi
5
1.3K
39
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan