pojoklingkaranAvatar border
TS
MOD
pojoklingkaran
Kenalan Sama Modus Penipuan Smishing
Quote:

Meski zaman udah canggih era digital kaya sekarang, modus-modus penipuan lama itu masih ada aja yang melakukannya loh gan. Contohnya modus penipuan lewat sms palsu. Model penipuan ini disebut smishing.

Smishing merupakan metode penipuan mencuri data pribadi melalui sarana SMS. Biasanya, pelaku akan mengirimkan pesan berisikan link atau lampiran (attachment) yang memancing korban untuk memberikan data pribadi perbankan. Contohnya kaya gambar di bawah ini.


Sebenarnya, teknik yang dilakukan hampir sama dengan phishing, tapi medianya saja yang berbeda. Kalau phising kan sering kali dilakukan pake email ya gan.

Smishing ini sebenarnya bisa bermacam-macam bentuknya, misalkan kita diinfokan sebagai pemenang hadiah tertentu atau ada kartu/rekening kita yang diblok sehingga harus mengisi form yang dikirimkan melalui link yang mereka kasih. Intinya mereka mengincar data pribadi kita makanya dibuatlah cerita-cerita aneh.

Atau bisa juga link pada pesan smishing secara otomatis mengunduh suatu aplikasi atau file berisi virus atau software yang dibuat untuk mengambil data-data rahasia yang ada pada ponsel kita gan. Jika begitu, data dan privasi kita akan dengan mudah diambil secara instan.

Berikutnya ane mau cerita bagaimana cara menghindarinya agar kita gak kena peniupuan tadi.

1. Kalau dapat dari nomor gak dikenal ya diemin aja Gan. Ini udah paling gampang.

2. Tapi masih penasaran? Coba download aplikasi penyimpan nomor kaya ‘truecaller’ atau ‘getcontact’. Tinggal cari nomor yang sms kita di aplikasi itu

3. Masih penasaran juga? Kita coba hubungin aja kontak resmi dari lembaga yang tercantum tadi.

4. Kalaupun kita percaya sama isi pesannya tapi nanti dimintain data pribadi seperti nomor kartu ATM, PIN, OTP, Kode CVV/CVC itu sih udah fix penipuan guys. Karena kaya pihak seperti banknya aja gak akan minta data-data tersebut

Sekian dulu sharing dari ane ya. Kalau ada yang punya pengalaman dan tips lainnya bisa kali ceritaiin di mari.

Quote:


Diubah oleh pojoklingkaran 02-03-2023 11:02
pesulap.merah
gaul12
makgendhis
makgendhis dan 11 lainnya memberi reputasi
12
3.5K
28
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan