4574587568Avatar border
TS
4574587568
Pabrik iPhone Angkat Kaki Dari China, Siapkan Rp 10 T di Sini


Jakarta, CNBC Indonesia - Foxconn Technology Group yang merupakan mitra manufaktur Apple untuk produksi iPhone memindahkan fasilitasnya dari China ke India. Investasi yang disiapkan kabarnya mencapai US$ 700 juta atau sekitar Rp 10,7 triliun.
Keputusan pemindahan fasilitas ini ditengarai 2 hal. Pertama, melonjaknya Covid-19 di China beberapa saat lalu yang menghambat produksi iPhone 14 dan memicu demo besar-besaran dari pegawai pabrik.
Selanjutnya, inisiatif ini juga untuk mengurangi ketergantungan Foxconn ke China, mengingat situasi geopolitik yang sedang memanas antara Washington dan Beijing. 


Dikutip dari Bloomberg, Jumat (3/3/2023), pabrik iPhone akan mengambil lahan sebesar 300 hektar di area Bengaluru, India.
Dalam beberapa tahun terakhir, India mulai menjadi area yang menarik bagi para raksasa teknologi untuk membangun fasilitas manufaktur. Foxconn sendiri masih memiliki fasilitas di Zhengzhou, yakni kota kecil di China yang selama ini dikenal 'kota iPhone'.

Peralihan Foxconn ke Bengaluru diharapkan bisa meningkatkan perekonomian di daerah tersebut, dengan banyaknya dibuka peluang kerja bagi warga lokal. Selain itu, kondisi produksi di India juga dinilai bakal lebih stabil. 


sumber
Dheaafifah
screamo37
maszeh.
maszeh. dan 12 lainnya memberi reputasi
13
4.4K
46
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan