harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
Benarkah Petir di Depok Jadi Yang Terganas di Dunia?

Sumber Gambar

Petir merupakan fenomena alam yang umum terjadi di saat hujan lebat atau badai hebat. Peristiwa ini terjadi akibat adanya arus listrik yang meluncur turun ke bumi dan menciptakan kilatan bercahaya yang terlihat dalam sepersekian detik. Kekuatan petir sendiri beragam tergantung seberapa besar badainya.

Tapi, rupanya di dunia ada sebuah kota yang memiliki petir dengan kekuatan terbesar atau paling ganas di banding kota lain di bumi ini. Kota apakah itu? Los Angeles? Buenos Aires? Moskow? Bukan, bukan kota-kota itu. Kota yang dimaksud justru berada di Indonesia tepatnya di Depok. Ya, kota yang lampu merahnya bisa nyanyi itu lho.

Kota penyangga ibukota ini masuk ke dalam Guiness Book of Record sebagai pemegang gelar petir terganas di dunia. Padahal intensitas petir dan hujan di kota ini tidak jauh berbeda dengan kota lainnya di Indonesia dan termasuk sebagai wilayah yang padat penduduk.


Sumber Gambar

Tapi kok bisa petirnya dinobatkan sebagai yang terganas di dunia?emoticon-Bingung (S)

Hal itu karena Depok berada di wilayah yang strategis untuk terjadinya petir. Terutama Sawangan dan Cinere. Karena wilayah ini terpengaruh oleh angin laut, lembah dan darat. Penyebab lainnya juga diduga karena kandungan besi di tanah Depok cukup tinggi. Hal ini pertama kali disadari oleh tim geologi Universitas Indonesia yang menemukan kandungan besi tinggi di tanah Depok.

Pernah ada peneliti asal ITB yang penasaran dengan kekuatan petir di Depok. Namanya Prof. Dr. Ir. Dipl. Ing. Reynaldo Zoro. Ia menggunakan alat pengukur petir yang cukup mumpuni untuk mendukung penelitiannya itu. Hasilnya, arus petir negative di Depok memiliki kekuatan 379,2 Kilo Ampere. Sedangkan untuk positifnya mencapai 441,1 Kilo Ampere.

Penelitian yang Reynaldo lakukan ini membuka matanya bahwa Depok memiliki petir lebih kuat disbanding wilayah lainnya yang pernah ia teliti. Karena sebelumnya, ia mengira petir yang ada di Tangkuban Perahu adalah yang terkuat, tapi petir Depok benar-benar di luar ekspektasinya. Arus listriknya jauh lebih tinggi.


Sumber Gambar

TS sendiri yang memang tinggal di kota ini tidak menyadari tentang petir di Depok. TS merasa petir di Depok sama saja dengan petir di tempat lain. Mungkin dari segi suara atau kilatan sama saja, namun jika diteliti menggunakan alat khusus baru terbukti kekuatan listriknya ya. Atau kalau kita rasakan sendiri baru terbukti kekuatannya, siapa yang mau coba?

Kalau begitu, mungkin julukan Kota Petir lebih cocok disbanding Kota Belimbing yang sampai sekarang TS tidak tahu di mana ada kebun belimbing. Saking kuatnya bahkan petir di Depok dinilai bisa meratakan sebuah bangunan beton.

Ya, untuk itu berhati-hatilah saat terjebak hujan petir di Depok. Jangan sampai jadi korban sambaran petir. Meski begitu, TS belum pernah mendengar ada orang yang tersambar petir di Depok. Kalau TS sendiri pernah terkena hantarannya dari colokan listrik wkwk. Sudah pernah TS ceritakan sebelumnya.


Sumber Gambar

Oh, mungkin itu jadi bukti betapa kuatnya petir Depok ya. TS di dalam rumah pun masih saja kena. Wkwk. Terjawab sudah.

Jadi gimana gan? Kalian pernah lihat petir Depok gak? emoticon-Bingung (S)

Sumber: Link Referensi
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
GigiTato.
scorpiolama
Zero
Zero dan 20 lainnya memberi reputasi
21
7.2K
131
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan