harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
Benarkah Kalimantan Aman Dari Gempa? Berikut Penjelasannya Menurut BMKG!


Sumber Gambar

Gempa tentu menjadi salah satu momok yang menakutkan di negara negara Ring of Fire seperti Indonesia, Jepang dan Peru. Gempa ini merupakan bencana yang kita tidak tahu kapan dan di mana akan datang. Sekalinya terjadi, maka kerusakan yang ditimbulkan bukan main-main. Seperti yang baru-baru ini terjadi di Turki.

Di Indonesia, sudah banyak kasus gempa dengan kekuatan besar yang banyak memakan korban. Terakhir terjadi di Cianjur pada November tahun lalu. Jika kita mengingat lagi, gempa sepertinya hampir terjadi di seluruh wilayah di Indonesia.

Di Jayapura beberapa waktu lalu terjadi gempa, di Bali pernah, di Sulawesi tepatnya di Palu pun pernah hingga menyebabkan tsunami. Di Jawad an Sumatera jangan ditanya lagi, sudah sering gempa terjadi di dua pulau yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia ini. Lalu di mana tempat yang benar-benar aman dari ancaman gempa?


Sumber Gambar

Jawabannya adalah Kalimantan. Ya, salah satu pulau besar yang terbagi menjadi tiga negara ini adalah tempat teraman di Indonesia dari guncangan gempa. Hal ini karena rendahnya aktivitas tektonik di Kalimantan disbanding dengan wilayah lain di Indonesia. Tidak banyak sesar aktif di temukan di sini. Kalau pun ada, biasanya sesar itu sudah berumur tersier dan tidak aktif lagi.

Kalimantan juga berposisi jauh dari area tumbukan antar lempeng. Menjadikan pulau ini dinilai aman dari ancaman gempa bumi. Tak hanya aman dari gempa, pulau ini juga tampaknya aman dari letusan gunung berapi karena pulau ini tidak memiliki gunung berapi.
Nah, sekarang kalian tahu kan kenapa ibukota dipindahkan ke sana? WKwkwk.

Setelah TS mencari-cari info, kapan terakhir kali Kalimantan terkena gempa, maka jawabannya ada pada 2018. Tepatnya pada bulan juli, gempa dengan kekuatan 4,2 magnitudo terjadi di Kalimantan Tengah. Guncangannya terasa di Katingan, Batutinggi, Kasongan dan Bengkuang. Dan dari gempa tersebut, dilaporkan ada satu rumah yang mengalami rusak ringan.


Sumber Gambar

Meski begitu, bukan berarti Kalimantan tidak pernah merasakan gempa dahsyat. Pada tahun 1921 hingga 1936 gempa hebat beberapa kali melanda Tarakan, Kalimantan Timur. Gempa pada 1921 bahkan menyebabkan Tsunami dan gempa di 1923, kekuatan gempa mencapai 7.0 magnitudo, kekuatan yang cukup besar. Selanjutnya, TS tidak menemukan gempa hebat lagi hingga 2008 di mana gempa berkekuatan 5,8 magnitudo terjadi di Kalimantan Selatan.

Mungkin benar kalau Kalimantan rawan gempa, tapi riwayatnya mengatakan bahwa pernah terjadi beberapa gempa dahsyat walau sudah lama sekali. Meski begitu teman-teman di Kalimantan harus tetap waspada akan ancaman yang mungkin saja bisa terjadi sewaktu-waktu.

emoticon-Imlekemoticon-Imlek

Gimana Gansis? Minat pindah ke IKN? Wkwkwk.emoticon-Bingung (S)

Sumber: Link Referensi
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
bukan.bomat
koi7
edilokonga503
edilokonga503 dan 13 lainnya memberi reputasi
14
6.2K
130
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan