harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
5 Pelajaran Yang Jarang Diajarkan Di Sekolah, Padahal Penting! Apa Sajakah Itu?

Sumber Gambar

Sekolah memang menjadi tempat edukasi utama saat kita masih kecil dahulu. Tapi tahukah bahwa tidak semua hal yang kita butuhkan dipelajari di sekolah. Beberapa hal harus dan perlu kita pelajari sendiri di luar secara mandiri. Walau sebenarnya akan lebih baik jika diajarkan di sekolah.

TS tidak tahu apakah di sekolah sekarang sudah ada atau sudah terintegrasi dengan mapel lain, yang jelas pelajaran-pelajaran berikut harus diajarkan lebih intens kepada siswa.

Berikut ini adalah pelajaran yang tidak diajarkan di sekolah tapi penting untuk kehidupan anak-anak kita!emoticon-Ngacir



1. Manajemen Uang

Manajemen uang adalah salah satu hal penting yang perlu dipelajari oleh para siswa. Bahkan ditanamkan sejak dini. Karena hal ini dapat membuat anak lebih pandai dalam mengelola uangnya. Meski uang tersebut berupa uang jajan yang mereka dapatkan dari orang tua.

Orang tua pun nantinya akan lebih tenang jika anaknya tidak boros dan rajin menabung. Ilmu ini akan terus berguna hingga dewasa. Mungkin daripada belajar, lebih bagus kita sebut pembiasaan.

2. Problem Solving

Problem solving juga dibutuhkan oleh siswa. Kita tahu bahwa di umur-umur remaja, banyak siswa yang kadang masih terlalu labil. Sehingga pengambilan keputusan mereka kadang masih kurang tepat. Dengan adanya materi problem solving, siswa akan terbiasa untuk mencari jalan keluar yang benar.

Siswa bisa ditempatkan di dalam kelompok dan diberikan masalah masing-masing. Setelah itu mereka akan bekerja sama untuk memecahkan masalah.


Sumber Gambar

3. Kecerdasan Emosi

Di umur-umur siswa khususnya remaja juga dipenuhi dengan jiwa-jiwa yang emosional yang kadang mudah terjadi pertikaian satu sama lain. Untuk itu, siswa perlu diberikan pendidikan khusus mengenai mengontrol emosi yang benar. Ilmu Agama TS rasa tidak akan cukup karena siapa yang peduli Tuhan kalau sudah kelewat emosi.

Siswa memerlukan pendidikan emosi yang benar-benar nyata dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

4. Sex Education

Lagi-lagi remaja memerlukan pendidikan ini menurut TS. Bukan soal bagaimana cara prakteknya, tapi lebih ke bagaimana dan apa saja dampaknya apabila melakukan sex sembarangan. Mereka juga perlu diajarkan batasan-batasan kontak fisik antara lawan jenis. Mana yang wajar dan mana yang sudah masuk kategori pelecehan.

Dengan lebih intensnya pendidikan ini, maka diharapkan dapat meningkatkan kesadaran tentang seks pada siswa.


Sumber Gambar

5. Berpikir Kritis

Siswa juga perlu diberikan pelajaran atau pembiasaan untuk berpikir kritis. Agar para siswa tidak bisa sembarangan terjerumus ke dalam suatu paham atau ajakan tertentu. Mereka juga harus terbiasa untuk bicara apabila menemukan hal-hal janggal dan tidak masuk akal.

Pola pikir siswa perlu dibiasakan untuk peka terhadap hal-hal yang patut dipertanyakan di negara sekelas Wakanda ini.


Sumber Gambar

Ya, itu saja dari TS. Beberapa peajaran yang TS rasa penting untuk diajarkan di sekolah. MUngkin sebagian sekolah mengajarkannya, tapi semoga bisa semua sekolah. Sehingga nantinya siswa selain pintar akademik juga memiliki soft skill yang lebih beragam.

emoticon-2 Jempol

Gimana? Menurut kalian apa lagi yang jarang ada di sekolah? emoticon-Bingung (S)

Tulisan dan Narasi Pribadi

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
danQe
AgusLie007
cheria021
cheria021 dan 20 lainnya memberi reputasi
21
4.6K
131
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan