xianying21Avatar border
TS
xianying21
5 Hobi Lawas yang Sudah Tergerus Jaman, Agan Pernah Mengalami?


Apa sih hobi yang digandrungi orang-orang zaman sekarang? Mungkin ada yang hobi nonton film, baca cerita di hape, lalu ada hobi yang lebih spesifik lagi seperti hobi otomotif, burung, masak, komputer, gadget, dan lain sebagainya.n

Di masa lalu, ada beberapa hobi yang dulunya sempat populer namun kini sudah tergerus karena zaman atau pun sudah tidak relevan lagi. Hobi-hobi berikut ini adalah hobi yang cukup banyak digandrungi di era 90an ke bawah. Hobi apa sajakah itu?

1. Membuat Kliping


Mungkin saja anak-anak Gen Z tidak tahu apa itu kliping. Jangankan kliping, koran fisik saja mungkin mereka tidak pernah menyentuhnya. Kliping merupakan potongan koran atau majalaj yang sudah digunting lalu ditempel dalam sebuah buku. Dulu, kliping bertujuan untuk mengarsipkan berita sehingga bisa menjadi semacam jejak berita untuk masa depan. Kliping terbukti menyelamatkan info sejarah di masa lalu karena dulu belum ada sistem digital.

Kalau sekarang, koran fisik sudah tergerus. Kliping sudah tidak dibutuhkan karena arsip berita sudah ada dalam bentuk jejak digital.

2. Sahabat Pena


Hobi surat menyurat atau punya sahabat pena sudah mulai luntur sejak ada SMS dan Email apalagi ketika pesan instan sudah semakin canggih. Surat menyurat menjadi hobi di masa lalu untuk saling berkirim surat dengan penggiat hobi lainnya. Pak pos datang ke rumah dan memberikan sepucuk surat, kini kurir memberikan paket COD.

Sekarang ada segelintir orang yang hobi bertukar kartu pos dengan orang luar negeri dan jumlahnya memang sedikit.

3. Mengoleksi Perangko (Filateli)


Perangko adalah syarat untuk bisa mengirimkan surat lewat pos langsung atau lewat bis surat. Para kolektor perangko disebut filateli. Mengoleksi perangko adalah hal yang menyenangkan karena banyak perangko yang unik dan langka di setiap masanya.

Kini hobi mengoleksi perangko hanya dilakukan oleh orang-orang tertentu saja.

4. Menulis Diary


Menulis buku harian adalah hobi yang dulu biasanya dilakukan oleh cewek-cewek remaja namun orang dewasa juga tak jarang yang melakukannya. Semua peristiwa penting dalam hidup tercatat dalam sebuah buku yang privasinya dijaga dan terkadang ada buku harian yang dikunci agar orang lain tidak bisa membacanya.

Anak-anak Gen Z mungkin tidak menulis diary di sebuah buku fisik melainkan menulis status di media sosial atau pun catatan digital di hape.


5. Koleksi Binder



Hobi ini dulu pernah populer di kalangan cewek-cewek 90an sampai 2000an awal yaitu mengoleksi kertas binder ke dalam sebuah sejenis map dan membentuk sebuah buku. Kertas berwarna-warni dan aneka gambar disukai para cewek saat itu. Di dalamnya ada berbagai catatan mulai dari biodata dan yang lainnya. Biasanya teman-teman pemilik binder akan menuliskan biodatanya masin-masing. Di kalangan cewek, bertukar koleksi kertas binder juga menjadi hal yang menyenangkan. Kalau sekarang cewek-ceweknya mungkin lebih senang tukarang folow di media sosial.

Nah, gan ada lagi hobi lainnya? emoticon-Leh Uga

Sumber Referensi
fachri15
harrywjyy
jagotorpedo
jagotorpedo dan 10 lainnya memberi reputasi
11
3.4K
50
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan