xianying21Avatar border
TS
xianying21
Alasan Kenapa di Indonesia tidak Ada Wajib Militer, Karena Sudah Ada Ormas?


Kenapa di Indonesia tidak ada wajib militer seperti di Korea Selatan? Pertanyaan itu mungkin terbesit di masyarakat yang belum tahu apa alasannya. Padahal, seperti yang kita tahu rakyat Indonesia itu jumlahnya banyak dan akan semakin kuat kalau ada wajib militer.

Militerisme di Indonesia sudah tertanam sejak era order baru. Bahkan sebagian orang Indonesia rela membayar mahal untuk bisa masuk militer dan memberikan nyawanya kepada negara. Bahkan tak sedikit orang Indonesia yang mengharapkan ada wajib militer di negara ini tapi tak pernah terwujud. Untuk bisa mengadakan wajib militer memang butuh proses yang panjang dan disahkan oleh lembaga yang berwenang.

Nah, kenapa sih di Indonesia tidak ada wajib militer?

1. Tidak Dalam Kondisi Perang atau Darurat


Saat ini Indonesia masih dalam masa damai dan tidak terlibat konflik perang besar dengan negara mana pun dan mengadakan wajib militer tidak ada urgensinya. Beberapa tahun yang lalu sempat ada wacama wajib militer namun pemerintah tidak mengesahkan karena memang negara tidak dalam kondisi darurat perang.

Berbeda dengan Korea Selatan yang punya wajib militer karena masih dalam status perang dengan Korea Utara, saat i ini keduanya masih berstatus gencatan senjata dan perang bisa meletus kapan saja.

2. Komcad Pertahanan Negara


Indonesia memang tidak ada wajib militer tapi punya Komcad atau komponen cadangan yang bersifat tidak wajib alias sukarela. Ini disahkan menurut undang-undang no 23 tahun 2019. Setiap WNI berusia 18-35 tahun dan memenuhi syarat bisa mendaftar sebagai komponen cadangan secara sukarela dan komponen cadangan ini bisa digunakan ketika kondisi darurat perang.

3. Anggaran yang Besar


Untuk mengadakan wajib militer, membutuhkan anggaran yang tidak sedikit karena yang namanya wajib berarti setiap warga negara yang memenuhi kriteria harus masuk wamil. Membutuhkan sumber daya yang besar agar wamil bisa berjalan. Bayangkan saja jika yang masuk wamil itu jutaan orang, berapa dana yang harus dikeluarkan oleh negara?

Apalagi kalau masa wamilnya seperi Korsel yang bisa mencapai dua tahun lamanya.

Indonesia memang menarik di saat di negara lain warganya rela membayar mahal agar tidak ikut wamil, orang Indonesia malah rela bayar mahal dan jual tanah buat ikut dinas militer dan memberikan nyawa kepada negara.

Selain itu, tanpa wajib militer pun masyarakat Indonesia malah membuat organisasi paramiliter. Jiwa militer tapi anehnya masih sangat banyak yang tidak disiplin dan melanggar aturan di tempat publik.

Pertanyaannya, apakah ormas paramiliter ini bisa berperang ketika kondisi peperangan?

Nah, itulah gan. Gimana menurut agan? emoticon-Leh Uga

Best comment Kaskuser:

Quote:


Iya, Wakanda memang sok militer bukan karena ingin disiplin, tapi untuk dijadikan power dan arogan. emoticon-Ngakak


Sumber Referensi
Diubah oleh xianying21 06-12-2022 04:28
andrah.aja
nomorelies
gpandita
gpandita dan 7 lainnya memberi reputasi
8
2.6K
34
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan