masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Marak Beredar Berita Bohong, Ini Tips dan Trik Mengidentifikasi HOAX di Dunia Maya
Banyak berita bohong beredar di dunia maya, berikut ini tips dan trik mengatasi berita HOAX

Berita bohong alias HOAX, merupakan informasi tidak benar atau tidak sesuai fakta tetapi dibuat seolah-olah benar ada dan terjadi oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab dengan maksud dan tujuan tertentu seperti menggiring opini publik, menimbulkan keresahan di tengah masyarakat, ajakan provokatif untuk membenci seseorang atau lembaga tertentu, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Di era modern seperti sekarang dimana berbagai macam informasi dapat beredar luas dengan cepat melalui dunia maya, diketahui banyak informasi atau berita bohong yang beredar di media sosial dan tidak sedikit berita-berita bohong tersebut dipercaya sebagai sebuah fakta oleh sebagian warganet yang kurang memiliki literasi digital serta tidak memiliki kecurigaan lebih terhadap sebuah informasi yang sedang hangat dibahas atau sedang santer dibicarakan banyak orang.

Berkaca dari pengalaman TS pribadi, ternyata masih banyak orang-orang di sekitar yang mudah sekali terpengaruh dan percaya dengan berita-berita hoax yang beredar di dunia maya.
Bahkan tidak segan-segan mereka juga ikut membagikan berita bohong tersebut kepada orang lain karena ketidaktahuannya bahwa berita yang mereka dapatkan adalah hoax.

Bentuk dari rasa kepedulian dan juga peran untuk ikut berpartisipasi mencegah hoax di dunia maya, berikut ini beberapa tips dan trik menyikapi pemberitaan yang beredar di dunia maya apakah itu berita bohong atau berita fakta.




1. Tidak Mudah Terpancing Judul Provokatif

Budaya membaca, dapat dikatakan masih cukup rendah dimiliki oleh warga masyarakat Indonesia termasuk dengan membaca berita secara penuh dan runut.

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa di media sosial banyak sekali beredar artikel-artikel berita yang menggunakan bahasa provokatif di dalam sebuah judul sehingga membuat seseorang terpancing emosi bahkan tanpa membaca isi berita.

Mengontrol diri untuk tidak mudah terpancing emosi hanya karena sebuah judul yang provokatif merupakan salah satu langkah awal untuk mencegah tertipu dengan berita bohong atau hoax.

2. Melihat Alamat Situs Berita

Berdasarkan data dari Dewan Pers, diketahui saat ini kurang lebih terdapat 43 ribu situs yang mengaku bahwa diri mereka adalah portal berita Indonesia.
Hanya saja untuk situs berita resmi hanya ada kurang dari 300 portal berita dari ribuan situs-situs yang ada. Itu tandanya Agan Sista harus benar-benar waspada karena kemungkinan banyak situs portal berita yang tidak menyampaikan pemberitaan sebagaimana fakta yang ada melainkan menyajikan berita hoax untuk kepentingan tertentu.

Pastikan selalu situs berita yang Agan Sista baca untuk mengetahui apakah berita yang kalian lihat berita fakta atau hanya hoax yang dibuat untuk menimbulkan keresahan di tengah masyarakat.

3. Cek Fakta

Meskipun sebuah berita terlihat sangat meyakinkan dan dapat dipercaya, tentu kalian juga tidak bisa begitu saja yakin kemudian membagikannya kepada orang lain GanSis.

Pastikan terlebih dahulu bahwa berita tersebut adalah berita asli yaitu dengan melakukan cek fakta seperti melihat seberapa akurat data dan bukti, sejauh apa penulis beropini, keberimbangan sumber berita, kutipan, dan beberapa hal lainnya.

Agan Sista juga dapat melakukan cek fakta dengan melihat situs-situs resmi terkait tema apa yang diberitakan.

4. Gabung Komunitas Anti HOAX

Bergabung di dalam sebuah komunitas anti HOAX seperti forum Hansip HOAXKASKUS juga dapat menjadi salah satu tips dan trik untuk terhindar tertipu berita bohong GanSis.

Forum dan komunitas anti HOAX akan menghadirkan berita-berita fakta dan memvalidasi berita bohong atau disinformasi agar tidak menyesatkan anggota dan member-nya.



Berikut tadi GanSis beberapa tips dan trik menyikapi pemberitaan yang beredar di media sosial atau dunia maya untuk mengetahui dan mengidentifikasi mana berita asli dan mana berita bohong alias hoax.

Di era yang semakin modern dan semakin banyak orang berkepentingan khusus di dunia maya, Agan Sista harus paham tentang literasi digital agar tidak mudah diperdaya.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan ada pelajaran baik yang bisa Agan Sista ambil.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
nona.13
pennynoss
T.G.I.F.
T.G.I.F. dan 9 lainnya memberi reputasi
10
829
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan