c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Gempa Cianjur Terasa Hingga Jakarta!




Hi sobat lounge,

Apakah kamu berasal dari Jawa Barat khususnya Cianjur? Sebelumnya izinkan TS haturkan bela sungkawa dan turut berduka cita atas musibah yang terjadi di daerah Cianjur dan sekitarnya.

Gempa kembali melanda negeri ini, yang biasanya goyangan sering terjadi di area laut kini di daerah pegunungan, hasilnya tentu saja banyak korban dan rumah yang rusak.

Menurut data hingga hari ini sudah ada 162 korban jiwa, 362 orang luka ringan hingga berat, 2.345 rumah rusak berat, dan 13.400-an orang mengungsi. Gempa yang terjadi kemarin juga terasa hingga Jakarta, bahkan goyangannya cukup kencang.



Gempa terjadi hingga 88 kali dengan skala 1,5 sd 4,8 skala richter. Sedangkan pusat titik gempa berkekuatan magnitudo 5,6 terjadi di Kabupaten Cianjur, dengan durasi terlama 10-15 detik.

Sebenarnya Indonesia itu untuk daerah selatan dari Sumatra hingga Papua dan keliling sampai Sulawesi memang cukup aktif untuk pergerakan lempeng bumi yang mengakibatkan gempa. Bahkan menurut data untuk wilayah Jawa Barat baik itu Sukabumi, Cianjur, Lembang, Purwakarta, juga Bandung itu secara tektonik merupakan kawasan seismik aktif dan cukup kompleks, maka daerah itu tempat gempa permanen dan sering terjadi sebagai gempa kerak dangkal atau disebut juga shallow crustal earthquake.

Tak heran bila wilayah tersebut sering terjadi gempa, menurut data ada beberap gempa besar yang terekam jejaknya diantaranya gempa bumi Pelabuhan Ratu (1900), gempa bumi Padalarang (1910), gempa bumi Conggeang (1948), gempa bumi Tanjungsari (1972), gempa bumi Cibadak (1973), gempa bumi Gandasoli (1982), gempa bumi Sukabumi (2001) terakhir gempa bumi saat ini di cianjur (2022).

Ada juga yang mengatakan bahwa jalur gempa ini disebut sesar Cimandiri, yaitu sesar atau patahan geser aktif sepanjang kurang lebih 100 km. Yang daerahnya meliputi muara Sungai Cimandiri di Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, lalu mengarah ke timur laut melewati Kabupaten Cianjur, Kabupaten Bandung Barat, dan Kabupaten Subang.



Jadi, sebenarnya hal ini sudah dapat diprediksi oleh manusia. Maka, kalau sudah paham bahwa daerah tersebut sering rawan gempa bijaknya pemerintah memberikan edukasi untuk membangun rumah atau bangunan yang kuat terhadap gempa.

Agar kedepannya tidak banyak terjadi lagi korban jiwa, karena kalau kita berkaca pada Jepang yang sering dilanda gempa mereka mulai membangun rumah-rumah dan bangunan yang tahan terhadap gempa.



Jangan sampai kembali terulang adanya korban jiwa karena kerusakan bangunan seperti roboh, retak parah, dan lainnya sesuai kategori kerusakan ringan hingga berat. Sebenarnya sudah ada tehnik membangun rumah tahan gempa, yang mampu bertahan dari keruntuhan dan bersifat fleksibel untuk meredam getaran gempa.

Setidaknya sudah banyak perusahaan jasa konstruksi yang berpengalaman dalam membangun rumah tahan gempa, tapi budget yang diperhitungkan membuat orang malas menggunakan jasa mereka padahal tahu sewaktu-waktu mereka akan jadi korban gempa.



Susahnya masyarakat, tidak mau berfikir kedepan untuk hidup dirinya sendiri, mereka lebih senang berpangku tangan pada pemerintah. Padahal itulah jiwa miskin yang tak boleh ada dihati sanubari bangsa yang modern, karena ini termasuk jalur gempa permanen setidaknya hal seperti ini harus diperhatikan.

Bangunan-bangunan tahan gempa harus disebarkan untuk dipelajari, dan dipraktekkan kedepannya untuk menghindari kerusakan berat hingga menimbulkan korban jiwa.



Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, bila ada kritik silahkan disampaikan dan semoga thread ini bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. Ane c4punk pamit undur diri, See u next thread.

emoticon-I Love Indonesia



"Nikmati Membaca Dengan Santuy"


Tulisan : c4punk@2022
referensi : 1, 2
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star









anonymous987
mbahgugel
doy88
doy88 dan 12 lainnya memberi reputasi
13
1.9K
31
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan