GemaindAvatar border
TS
Gemaind
NasDem-Demokrat Saling Sentil, Koalisi Perubahan Dinilai Makin Kusut


Jakarta - NasDem dan Partai Demokrat saling sentil. Koalisi pendukung Anies Baswedan untuk Pilpres 2024 dinilai makin kusut.

"Makin rumit membayangkan koalisi ini terwujud. Awalanya terang dan cerah karena NasDem, PKS, dan Demokrat punya titik temu di Anies yang dinilai antitesa Jokowi. Belakangan realisasi kongsi poros perubahan ini kian kusut," ucap peneliti dari Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno, saat dihubungi, Kamis (17/11/2022).

Adi menjelaskan beberapa masalah yang dihadapi oleh Koalisi Perubahan. Satu konflik belum selesai, muncul konflik yang baru.

"Dulu, ada dugaan karena faktor intervensi oligarki. Lalu PKS dan Demokrat deadlock soal cawapres Anies. Kini, Demokrat menuding NasDem tak komit soal koalisi karena melirik figur Gibran (Wali Kota Solo) yang dinilai cocok jadi cawapres Anies," ucapnya.

Menurut peneliti dari UIN Syarif Hidayatullah, kerumitan koalisi terjadi dalam pemilihan bakal cawapres. Sampai saat ini, belum ada titik temu sosok yang akan jadi cawapres.

"Kerumitan ini tentu tak lepas dari Demorkat dan PKS yang sejak awal sudah tersubordinasi, bahkan inferior dari NasDem yang deklarasi dukung Anies maju. Demokrat dan PKS terlampau mudah ditakar kehendak politiknya. Hanya mengincar posisi cawapres Anies," ucap Adi.

"Itupun masih digantung sampai saat ini. Karena NasDem belum tentu mau sama AHY (Ketum Demokrat) dan Aher (Kader PKS) jadi tandem Anies di 2024," kata Adi.

Menurut Adi, NasDem pun memainkan peran dalam penentuan cawapres. Tanpa persetujuan NasDem, nama cawapres pun tak akan deal. Sementara NasDem masih melihat-lihat calon potensian lain di luar Agus Harimurti Yudhoyono dan Ahmad Heriyawan.

"Dalam koalisi ini, NasDem yang terlihat dominan memainkan peran politiknya. Bukan hanya mengunci posisi capres untuk Anies, bahkan urusan cawapres pun Demokrat dan PKS dibuat kelimpungan. Karena NasDem masih mempertimbangkan begitu banyak nama selain AHY dan Aher. Misalnya Khofifah (Gubernur Jawa Timur), Andika (Panglima TNI), dan Gibran," ucapnya.

Menurut Adi, NasDem paham PKS dan Demokrat tak akan lari kemanamun. Posisi mereka yang oposisi pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) tak mungkin bergabung dengan partai pendukung pemerintah yang lain.

"Dengan kata lain, sekalipun tak pernah didengar kemauan politiknya oleh NasDem, Demorkat dan PKS tak akan lari kemanapun karena tak mungkin nyebrang ke kolam koalisi pemeritah," katanya.

Adu Argumen PD dan NasDem

Partai NasDem dan Partai Demokrat yang beradu argumen soal cawapres usai pembicaraan kans Wali Kota Solo Gibran Rakabuming mendampingi Anies Baswedan. Partai Demokrat meminta Partai NasDem disiplin usai waketumnya, Ahmad Ali, membicarakan kans Wali Kota Solo Gibran Rakabuming menjadi cawapres Anies Baswedan. Partai NasDem mempertanyakan balik ke Partai Demokrat soal kedisiplinan itu.

"Kedisiplinan apa yang kemudian dilanggar oleh NasDem? NasDem sampai hari ini tidak pernah melanggar komitmen apa yang sedang dibicarakan di rencana mitra koalisi," kata Ahmad Ali saat dihubungi, Rabu (17/11).

Ali meminta Demokrat tak perlu sensitif dalam merespons wacana-wacana yang muncul. Ali tak terima jika ada kesan pelarangan memunculkan wacana di dalam 'Koalisi Perubahan' yang bakal dibentuk.

"Tapi yang ingin saya bilang begini, bahwa teman-teman di Partai Demokrat nggak perlu sensitif. Kedua, kita tidak pernah menyepakati atau melarang untuk orang berpendapat ya kan. Kemudian mengapa harus terganggu dengan pernyataan-pernyataan seperti itu. Itu kan wacana merespons apa yang ada. Jadi NasDem itu tidak pernah akan masuk di ruang tentang wakil presiden kerena itu domain Anies," kata Ali.


Komen TS

Sebaiknya kedua kubu saling menenangkan diri. Koalisi yang memperjuangkan kepentingan Umat Islam sudah menentukan pilihan untuk mengusung Habib Anies Baswedan sebagai calon Presiden.

Sebaiknya kedua belah pihak konsultasi langsung dengan IBHRS untuk menentukan siapa pasangan terbaik bagi Habib Anies Baswedan. Dijamin, pasangan tersebut adalah pasangan ideal yang akan memperjuangkan penerapan hukum Islam di Indonesia.
nomorelies
titstutsntots
muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
1.7K
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan