rs2006Avatar border
TS
rs2006
Koalisi Perubahan Batal, PKS Digoda Masuk Geng Lain Oleh PKB & Gerindra
Jakarta - Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid mengatakan partainya dan Partai Gerindra sepakat untuk menambah mitra koalisi. Menurutnya, dalam politik saling menggoda merupakan hal yang wajar.
"Soal PKS, kami dari PKB-Gerindra sepakat untuk menambah koalisi. Namanya saling menggoda ya, biasa. Kita juga digoda. Walaupun dalam (koalisi) KIR (Kebangkitan Indonesia Raya) kita juga ada dalam godaan," kata Jazilul di Hotel Santika Premier Bintaro, Tangerang Selatan, Rabu (9/11/2022).

Jazilul mengatakan tidak ada masalah dengan aksi saling goda tersebut. Menurutnya, calon yang memiliki peluang lebih besar menang, akan dipilih oleh parpol.

"Asal nanti di situ ada harapan untuk menang, dan itu menjadi satu-satunya godaan partai politik. Ada calon besar harapan untuk menang, maka itu yang akan menjadi pilihan dari partai politik dan itu menjadi godaan," ujarnya.

Baca juga: PKB: Kandidat Capres yang Muncul Belum Wakili Milenial, Termasuk Prabowo
"Buat PKB yang sudah berulang kali ikut pilpres, biasanya akan melihat kemenangan itu di mana," sambungnya.

Lebih lanjut Jazilul mengatakan, jika PKS bergabung koalisi PKB-Gerindra, 'semut merah' kembali. Hal itu diungkapkan setelah dimintai tanggapan terkait batalnya deklarasi 'Koalisi Perubahan' yang digagas Partai NasDem, PKS, dan Partai Demokrat, yang dilakukan pada 10 November besok.

"Ya ini, 'semut merah' plus Gerindra, dan tidak bisa dilihat begitu, namun sepertinya terasa gamang. Dan kegamangan tidak hanya dilihat dari kubu itu (koalisi Anies). KIB juga gamang. Oleh karenanya jangan sampai kita gamang," ujarnya.

Baca juga: PKB Heran Politik Dianggap Negatif: Masa Kampanye di Kampus Tak Boleh
Dia lalu berpendapat kembalinya 'semut merah' masih dalam kegamangan. Sementara untuk KIR, Dia menyebut akan segera membuat keputusan, agar tidak kehilangan momentum.

"Kalau KIR gamang, momentum hilang. Tolong segerakan membuat keputusan. Tolong segera bertemu dan segera buat keputusan. Kalau ditunda lagi, kita menunda kemenangan," tuturnya.

Seperti diketahui, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar memang pernah mengungkapkan harapan ada partai lain yang bergabung dalam koalisinya dengan Gerindra. Partai lain yang dimaksud Cak Imin, sapaan akrabnya, adalah PKS.

"Terus kita melakukan lobi-lobi dengan partai lain supaya anggota partai koalisi kita semakin banyak," kata Cak Imin setelah memimpin upacara Puncak Hari Santri 2022 di Tugu Pahlawan Surabaya, Sabtu (22/10/2022).

Saat ditanya partai mana yang akan gabung koalisi Gerindra-PKB, Muhaimin menjawab belum mengetahui. Tetapi dia berharap PKS segera bergabung dengan Koalisi KIR.

"Belum tahu, terus kita pendekatan, saya berharap PKS bisa masuk," imbuhnya.

Baca juga: Cak Imin Dorong Perguruan Tinggi Bantu Akselerasi Pembangunan Desa
Sebelumnya, Ketua DPP NasDem Willy Aditya mengatakan pembentukan 'Koalisi Perubahan' bersama calon mitra koalisi, Demokrat dan PKS, batal dideklarasikan pada 10 November mendatang. Willy menyebut deklarasi itu ada kemungkinan akan dilakukan pada akhir tahun.

"Bisa dipastikan 10 November tidak jadi deklarasi bersama," kata Willy kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (9/11).

Willy mengatakan rencana deklarasi itu batal lantaran PKS masih haru menggelar rapat majelis syuro pada Desember nanti. Selain itu, Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) baru pulang ke Tanah Air dari pada 10 November.

https://news.detik.com/berita/d-6397...mbali-goda-pks

Gawat ini gessss.. bisa2 cita2 wan abud nyapres pupus.. emoticon-Big Grin



Diubah oleh rs2006 10-11-2022 01:37
bukan.bomat
news.bpln
pakisal212
pakisal212 dan 5 lainnya memberi reputasi
6
1.8K
41
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan