Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

vanna01Avatar border
TS
vanna01
Inilah 5 Mitos Makhluk Halus yang Menyeramkan dalam Cerita Suku Dayak
Mitos dapat dikatakan sebagai sebuah cerita atau dongeng berlatar masa lampau. Orang pertama yang memperkenalkan istilah mitos adalah Plato, seorang filsuf klasik Yunani.
Istilah Mitos berasal dari bahasa Yunani mythos dan bahasa Belanda mite yang berarti cerita atau perkataan.


Penutur mitos terlebih dahulu telah mendengar cerita tersebut dari generasi sebelumnya, biasanya terdapat penokohan para dewa yang terjadi di dunia lain (kayangan) dan dihubungkan dengan terjadinya suatu tempat, alam semesta, adat istiadat dan dongeng masa lampau lainnya.

Mitos juga bisa bercerita tentang makhluk halus atau makhluk gaib tertentu yang memiliki keterkaitan dengan manusia dalam kehidupannya. Indonesia hampir semua suku di Nusantara memiliki mitos-mitos yang begitu lekat dengan masyarakatnya.

Artinya, mitos-mitos sering sekali di kaitkan oleh hal-hal mistis. Banyak sekali dari masyarakat Indonesia pada umumnya begitu mempercayai sebuah mitos entah, mitos ini benar atau tidak, namun mitos seakan-akan telah menjadi sesuatu yang harus di percayai .

Meskipun orang sering mengatakan bahwa mitos hanyalah sebuah cerita belaka, tetapi tak dapat dimungkiri bahwa gejolak hati mengatakan mitos adalah hal yang pernah terjadi pada masanya.Berbicara mitos makhluk halus, Indonesia begitu familiar dengan mitos Nyai Roro Kidul, ratu pantai selatan.

Di suku Dayak pun, banyak terdapat mitos-mitos serupa , entah ini merupakan dongeng sebelum tidur atau ini memang adalah nyata, tapi menurut banyak orang Dayak khususnya Dayak Ma'anyan mengakui keberadaan makhluk halus ini sebagai mitos yang nyata.

Di suku Dayak, seperti yang hendak dipaparkan di sini, yaitu yang menyangkut 5 mahluk halus. 

1. Kariyau
Konon ceritanya makhluk halus ini adalah makhluk yang tinggalnya di hutan. Makhluk halus ini adalah makhluk yang sangat jahil, dia suka membuat orang lain kebingungan ketika berada di hutan sehingga tersesat dan sulit menemukan arah untuk jalan pulang.

Tetapi , makhluk ini hanya iseng dan tidak berbahaya, setelah dia bermain-main dengan orang tersebut, dia akan melepaskan orang itu di perkampungan terdekat namun dalam keadaan linglung dan kosong pikiran.
Jika Anda pernah menonton film yang aktornya tersesat di hutan yang ketika menelurusi jalan , ternyata dia kembali ke tempat semula, nah seperti inilah bentuk kejahilan Kariyau.

2. Bajat
Konon ceritanya Bajat adalah makhluk jadi-jadiaan yaitu makhluk yang berbentuk binatang, entah itu manusia yang menjadi bentuk binatang atau setan-setan yang berbentuk binatang. Tetapi pada umumnya Bajat adalah semacm pesugihan.

Indonesia mungkin familiar dengan babi ngepet, nah babi ngepet juga bisa dimasukan dalam kategori Bajat, bedanya dalam cerita Dayak Bajat lebih umum berbentuk seperti kerbau dan buaya.

3. Alah Datu
Sudah bukan rahasia lagi bahwa Kalimantan kaya akan hutan dan bukan berarti Kalimantan isinya hutan melulu ada juga kota metropolitanya seperti Balikpapan, Samarinda, Pontianak, Palangkaraya, Banjarmasin dan lain-lain.

Konon ceritanya Alah Datu adalah makhluk halus yang suka mendiami hutan yang lebat. Dia menjaga hutan dari gangguan-gangguan ulah manusia. Menurut cerita Alah datu itu memiliki tubuh yang sangat berat melebihi berat Big Show di WWE.

Meskipun tubuhnya berat, Alah Datu masih bisa hinggap dari pohon ke pohon dengan cekatan dan lincah. Kedatangan Alah Datu identik dengan suara dentuman benda jatuh yang berat dari atas pohon, namun tidak dapat dilihat kasat mata oleh orang biasa.

Alah Datu tidak berbahaya, karena dia hanya akan muncul bila terganggu oleh ulah manusia, dan hanya sekedar menakut-nakuti saja.

4. Kuyang
Kuyang atau yang sering disebut sebagai Leak. Konon ceritanya Kuyang adalah makhlus halus yang menggunakan tubuh manusia yang hidup sebagai inangnya. Digambarkan bahwa Kuyang adalah secara fisik menyerupai wanita, bedanya adalah Kuyang tergambar terbang hanya dengan kepala saja dengan uraian organ tubuh tanpa sebuah tubuh yang membalutnya, karena tubuhnya ditinggal oleh Kuyang ini.

Kuyang ini adalah mitos yang paling ditakuti, karena Kuyang selain tubuh yang menyeramkan juga dapat melukai orang lain dengan menghisap darah korban. Biasanya Kuyang datang ketika ada yang melahirkan ataupun ketika ada yang terluka, karena kuyang mencium bau darah.

Dia menghisap secara gaib dan setelah itu akan ada bekas yang menandakan telah dihisap darahnya. Konon ceritanya Kuyang takut melihat dirinya sendiri oleh karena itu untuk menangkalnya disediakan cermin yang menghadap ke atas dekat kamar yang berpotensi akan di datangi Kuyang dan juga baskom yang berisi air.

5. Bahutai, anjing siluman
Di samping ke-empat makhluk halus dalam mitos di atas, juga hewan yang dipercaya memiliki roh yang dikenal atau disebut Bahutai. Ingat bahwa anjing merupakan salah satu makhluk hidup yang sangat disayangi dan dihormati oleh orang Dayak.

Konon Bahutai ini dapat dipelihara oleh seseorang dengan syarat bahwa ia harus merawat dan memberi makan kepada Anjing ini. Apabila sang pemiliki memiliki rasa amarah atau dendam dengan orang lain maka ia dapat mengirimkan Bahutai peliharaannya untuk menyerang orang tersebut dan keluarganya.

Ada sebuah cerita, ada salah satu keluarganya yang diserang oleh Bahutai, yang dikirimkan oleh seseorang yang iri kepada keluarganya ini.

Konon sang pengirim akan menggosokan minyak Bahutai di rumah orang yang mau diserang itu, sehingga setiap kali ia memasuki rumahnya ia merasa sangat sakit. Ketika dilihat dengan mata gaib rumah tersebut dalam keadaan yang rusak parah oleh serangan Bahutai.

MALAM MINGGU SEPI AJAK AYANG ENAK ENAK DI RUMAH


[url=MALAM MINGGU SEPI AJAK AYANG ENAK ENAK DI RUMAH [url]https://bit.ly/3SHL8EI][/url][/url]
[url=MALAM MINGGU SEPI AJAK AYANG ENAK ENAK DI RUMAH [url]https://bit.ly/3SHL8EI][/url]https://bit.ly/3SHL8EI[/url]


emoticon-Motretemoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star

0
1.1K
5
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan