KokonataAvatar border
TS
Kokonata
Kisah Mistis Melahirkan di Rumah Sakit Kosong Hoax atau Memang Benar Ada?

Satu cerita mistis di RSUD Soreang, Kabupaten Bandung beredar di media sosial beberapa hari terakhir. Beberapa pengrajin konten bahkan mengubahnya jadi video pendek dengan ilustrasi foto comot sana-sini. Warganet menyebarkan konten itu sehingga menjadi viral.
 
Melahirkan di RSUD yang Sudah Lama Kosong
 
Ceritanya ada pasangan suami istri dari Cianjur ke RSUD Soreang, Kabupaten Bandung. Sang Istri sudah mengalami kontraksi. Tanda-tanda kelahiran bayi sudah sangat nyata. Mereka pergi ke rumah sakit terdekat yaitu RSUD Soreang.
 
Tiba di RSUD Soreang, pasangan tersebut merasakan suasana dan kegiatan seperti umumnya rumah sakit. Sang istri segera mendapat pelayanan. Dia berhasil melahirkan dengan operasi caesar. Ibu dan sang bayi pun selamat.
 
Pagi harinya, suami membeli gorengan untuk sarapan. Penjual gorengan heran, kenapa ada orang keluar dari RSUD Soreang yang sudah lama kosong. Hampir setahun pelayanan rumah sakit pindah ke gedung yang baru. Mendapat penjelasan dari penjual gorengan, si suami langsung mengajak istri dan anaknya yang baru lahir pergi.
 

Hasil Cek dan Ricek
 
Satu akun TikTok yang memodifikasi cerita mistis itu adalah akun TikTok @mrthinks.id, publikasi (25/10/2022). Narasi yang dramatis dan ilustrasi foto yang mendukung menjadikan kisah itu seolah nyata. Sudah lebih dari 1 juta penontonnya. Si pengrajin konten TikTok tersebut menyebutkan akun Twitter @dhelsadell sebagai sumbernya kisahnya. Sementara itu @dhelsadell juga menuturkan cerita dari bedanews.com.

Redaksi Bedanews menuliskan kisah berdasarkan penuturan JK, suami dalam kisah di atas. Hanya saja kalau melihat tampilan web Bedanews yang penuh iklan, saya meragukan kebenaran kisah yang ditulisnya. Selain itu ada beberapa pihak yang mengatakan bahwa kisah melahirkan di RSUD Soreang itu cuma hoax.
 
Kumparan telah melakukan konfirmasi kepada Kepala Dinas Kesehatan Pemerintah Kabupaten Bandung, yaitu Grace Mediana. Menurut Grace RSUD Soreang sudah kosong sejak Januari 2022 lalu. Tidak ada aktivitas sama sekali di sana. Menurut Grace, layanan di RS Soreang telah dipindahkan ke Rumah Sakit Oto Iskandardinata yang jaraknya sekitar 4 Km dari rumah sakit yang lama. Kisah mistis yang beredar hanya karangan atau hoax.  
 

Seorang Youtuber yang mengelola akun Hardi Adventure menelusuri langsung gedung RSUD Soreang yang kosong. Dia bertanya kepada satpam dan office boyyang masih bertugas di sana. Tidak ada suami istri dari Cianjur yang pernah datang untuk melahirkan. Satpam berada di lokasi RSUD Soreang setiap hari. 

Pencarian tukang gorengan di belakang rumah sakit juga tidak ada. Pasangan suami istri itu pun tidak dapat dilacak keberadaannya. Maka bisa dipastikan kisah mistis melahirkan di RSUD yang kosong adalah HOAX!
 
Kisah Mistis Mudah Viral
 
Kenapa cerita mistis yang hoax seperti itu cepat beredar dan viral, ya?
 
Kisah misteri mengundang rasa penasaran. Penasaran itu satu motivasi kuat yang membuat orang melakukan sesuatu. Mirip dengan kisah KKN di Desa Penari yang kemudian dimonetisasi dalam bentuk film, hingga jadi film terlaris sepanjang masa di bioskop tanah air.
 
Ditambah dengan fenomena dari FOMO (Fear Of Missing Out) dari sebagian warganet yang mudah saja menyebarkan konten tanpa melakukan cek ricek terlebih dahulu. Parahnya lagi pengrajin konten gercep memodifikasi cerita mistis guna mendapat pemirsa atau viewer di akun media sosialnya.
 

Di bulan Oktober ada perayaan Hallowen juga. Berbagai pihak berburu cuan dari kisah setan, hantu dan sejenisnya dalam rangka Hallowen. Masyarakatpun menyambutnya dengan antusias pula. 

Duh… miris ya GanSis. Namun begitulah faktanya. Cuan dari setan-setanan masih memiliki daya tarik tinggi di negeri kita yang menjunjung Ketuhanan Yang Maha Esa.  


Sumber 1234
Diubah oleh Kokonata 27-10-2022 03:36
tarraqn
bintang105
vasilizaitsev
vasilizaitsev dan 13 lainnya memberi reputasi
14
4.1K
51
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan