Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kasihudinAvatar border
TS
kasihudin
5 Makanan Pembersih Otak Kotor,Bisa Bantu 'Upgrade' Memori
Rabu, 19 Okt 2022 06:00 WIB


5 Makanan Pembersih Otak Kotor, Bisa Bantu 'Upgrade' Memori

Alethea Pricila - detikHealth


Otak merupakan organ tubuh manusia yang berada di kepala dan memiliki peran penting untuk kehidupan manusia. Organ kompleks ini mengontrol pikiran, memori, emosi, sentuhan, keterampilan, motorik, pengelihatan, pernapasan hingga rasa lapar.
Berat rata-rata otak yang dimiliki otak adalah 1,3 kg dengan 60 persen lemak dan 40 persen lainnya adalah kombinasi dari air, protein, karbohidrat, dan garam. Jika otak mengalami kerusakan ada banyak hal yang terjadi pada tubuh manusia seperti sulit fokus hingga penyakit lainnya.

Kondisi it terjadi karena fungsi kerja otak berpengaruh kepada organ lainnya. Maka dari itu, salah satu cara yang bisa membuat otak tetap sehat adalah dengan mengonsumsi makanan yang bergizi. Ini makanan pembersih otak, dikutip dari beberapa sumber.

1. Alpukat
Buah ini kaya akan vitamin C yang sudah terbukti membantu perlambatan penurunan kognitif pada orang tua. Alpukat juga mengandung lemak tak jenuh tunggal yang bisa meningkatkan penyerapan vitamin yang larut dalam lemak dari berbagai makanan.

2. Telur
Telur kaya akan kolin, sejenis vitamin B yang bisa meningkatkan daya ingat serta daya serap. Komponen fosfatidilkolin yang ada pada telur merupakan bagian penting yang bermanfaat bagi sel otak.

3. Ikan Berminyak
Ikan berminyak merupakan ikan yang mengandung minyak dalam dagingnya. Jenis ikan ini seperti salmon, tuna hingga sarden. Semua jenis ikan tersebut merupakan kaya akan sumber asam lemak omega-3 yang baik untuk membangun sel otak dan saraf serta memori.

4. Kunyit
Kurkumin yang ada dalam kunyit terbukti telah memperlancar darah yang tersumbat di otak dan juga bermanfaat bagi sel-sel di sekitar. Senyawa antioksidan dan anti-inflasi dalam kunyit juga bermanfaat untuk daya ingat hingga meningkatkan suasana hati seseorang.

5. Brokoli
Sayuran ini mengandung antioksidan dan kaya akan vitamin C yang larut dalam lemak. Vitamin ini berperan penting untuk membentuk sphingolipids, sejenis lemak yang dikemas secara padat ke dalam sel-sel otak. Brokoli juga mengandung sejumlah senyawa yang memberi efek anti-inflamasi yang membantu otak dari kerusakan.

https://www.google.com/url?q=https:/...YlQl4dZL6zSSO7
Diubah oleh kasihudin 20-10-2022 15:13
cheria021
otongcitong
sitinur200
sitinur200 dan 13 lainnya memberi reputasi
14
8.1K
50
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan