Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

cristal308Avatar border
TS
cristal308
Kosmetik dari masa ke masa
Kosmetik sudah jadi bagian dari kehidupan para perempuan sejak zaman dulu.Kosmetik/Makeup sejatinya telah menjadi kebutuhan bagi kaum hawa untuk mempercantik diri sehari-hari.



Keberadaan makeup saat ini pun semakin berkembang dan banyak diproduksi oleh brand-brand make-up, baik brand luar negeri hingga lokal sekalipun.Berbeda dengan zaman sekarang yang serba mudah untuk mendapatkan seperangkat kosmetik dari berbagai brand ternama, kosmetik pada masa peradaban kuno terbilang belum berkembang. Akan tetapi, kemolekan para perempuan bangsawan kuno selalu terlihat nyaris sempurna.

Produk makeup wajah yang sudah ada sejak zaman kuno tersebut antara lain.


Lipstik



Lipstik pertama kali muncul sejak zaman Mesir Kuno, tepatnya digunakan oleh perempuan Mesopotamia.Lipstik pertama terbuat dari ochre clay dan red iron. 

Eyebrow



Pada zaman Mesir Kuno, eyeliner berbahan dasar dari bubuk galena yang saat ini lebih dikenal dengan sebutan kohl, biasanya digunakan pada area mata.Eyeliner asal Mesir ini dikenal karena terbuat dari almond yang dibakar. Bubuk tersebut juga dipercaya dapat melindungi kulit lembut disekitar mata dari paparan sinar matahari.

Eyeshadow



Pada zaman mesir kuno eyeshadow berbahan dasar Malachite, merupakan Mineral Cooper Carbonate yang dihancurkan hingga menjadi bubuk halus dan digunakan sebagai Eyeshadow. Bubuk tersebut nantinya yang akan diusapkan pada kedua kelopak mata menggunakan minyak atau lemak dari hewan.

Blush On



Teknik make-up lainnya yang banyak dilakukan oleh wanita Yunani Kuno adalah dengan menggunakan mulberry yang dihancurkan sebagai pemerah pipi, memberi kesan lebih fresh pada wajah. Mereka mengaplikasikannya dengan memoleskan buah mulberry tersebut di sekitar daerah pipi sehingga memberikan efek warna merah merona yang alami.


Seiring perkembangan zaman, beragam jenis produk dan merek mulai bermunculan.Namun, tahukah kamu kalau di Indonesia ternyata telah memiliki produk kecantikan  sejak lama.Meski bukan yang pertama di dunia,tetapi di Indonesia telah menghargai tentang kosmetik untuk menunjang kecantikan bagi wanita.hal tersebut dibuktikan dengan adanya produk dan merek brand  yang ada di Indonesia.Berikut ini adalah brand yang telah melegenda di indonesia.

Kelly Pearl Cream



Produk ini biasa jadi pelembab serta meratakan warna kulit. Bentuknya yang berwarna merah terang serta gambar seorang perempuan di tengah bungkus produknya.

Bedak Tabur Marcks



Marcks merupakan produk yang tak perlu diragukan lagi bagaimana ketenarannya di antara para perempuan.  Kemasannya cukup besar dan memiliki harga yang terjangkau. 

Bedak Saripothaji



Produk yang sudah ada sejak 1927 dan diroduksi oleh S. Marijah ini merupakan bedak dingin.Tak hanya sebagai bedak, produk ini dipercaya bisa digunakan sebagai masker pencerah wajah serta menghilangkan jerawat.cara penggunaa bedak ini dengan mencampurkan bubuk bedak dengan sedikit air untuk dijadikan pasta lalu diaplikasikan  pada wajah dan didiamkan selama beberapa menit.

Purbasari





Brand yang bernaung di bawah PT Gloria Origita Cosmetics ini muncul pada tahun 1993 dan sekarang telah diekspor ke Hong Kong, Taiwan, Asia Tenggara dan Timur Tengah.

Sariayu



Skin care ini diciptakan oleh Dr.Martha Tilaar dengan misi membuat wanita Indonesia tampil cantik alami,luar dan dalam.Dimulai dari rangkaian Skin Care,sekarang Brand lokal ini sudah menawarkan rangkaian Make Up,Perawatan rambut,suplemen makanan hingga perawatan bersalin.

Mustika Ratu



Mustika Ratu bukanlah Skin Care biasa,Skin care ini adalah ciptaan seorang politikus wanita.Mustika Ratu adalah Brand ciptaan Mooryati Soedibyo,seorang politikus dan entrepreneur pop uler.Skin Care Mustika Ratu sudah hadir sejak 1975.perlu diketahui selain menciptakan Mustika Ratu,Ibu Mooryati juga pemilik franchise Miss Universe Indonesia dan Puteri Indonesia.

Setelah kita diperkenalkan dengan berbagai kosmestik yang kita kenal saat ini,pasti kita bertanya-tanya soal kosmestik yang dipakai kaum hawa di jaman dahulu sebelum produk kecantikan bermunculan.berberapa bahan yang dipakai jaman dahulu antara lain



1. Menggunakan kohl dan arang sebagai eyeliner

Di Yunani Kuno, eyeliner dibuat dengan bahan dasar arang dan minyak zaitun.Perempuan bangsawan mengaplikasikan bubuk galena atau yang populer disebut kohl sebagai eyeliner. Bahan dasar kohl di Mesir Kuno adalah almond yang di bakar. Biasanya bubuk kohl dari almond tersebut diaplikasikan ke area garis mata dengan ditambah sedikit minyak.

Selain bermanfaat untuk menambah kesan gelap pada garis mata, kohl juga dipercaya dapat melindungi kulit di sekitar mata dari paparan sinar UV.

2. Blush on berbahan dasar mulberry dan vermilion merah

Di Yunani Kuno, buah mulberry dihancurkan untuk dijadikan perona pipi atau blush on. Warna mulberry yang merah memberikan kesan fresh pada wajah.Sedangakan di Romawi Kuno, bubuk vermilion merah menjadi bahan dasar pembuatan blush on. Vermilion merah memiliki warna merah yang menyala yang terbuat dari batuan sinabar. Selain untuk perona pipi, vermilion merah ini juga digunakan dalam seni dan dekorasi era Romawi Kuno.

3. Lipstik merona dari ochre clay dan red iron

Lipstik pertama kali diguanakan oleh perempuan Mesopotamia dari peradaban Mesir Kuno.Bahan dasar lipstik pada jaman itu adalah Ochre clay,sejenis tanah liat yang berwarna coklat pasir.Seiring perkembangan jaman.Bahan dasar lipstik diganti dengan Minyak zaitun dan lilin lebah yang dianggap lebih aman.

4.Menggunakan bulu sapi sebagai Eyebrow

Di Yunani Kuno,bulu sapi menjadi incaran untuk dijadikan eyebrow tambahan atau alis palsu.Cara memakainya yaitu dengan merekatkan bulu sapi pada bagian alis.Tidak hanya itu,ada juga bubuk hitam yang biasanya digunakan untuk menggambar unibrow atau alis yang menyambung.Trend unibrow ini sangat populer di kalangan orang- orang pada masa Yunani Kuno.baik perempuan maupun laki-laki.

5. Eyeshadow dari malasit

Malasit atau malachite adalah suatu mineral karbonat hidroksida tembaga yang digunakan untuk pembuatan eyeshadow pada masa peradaban kuno.

6. Bedak yang berbahan kapur hingga gandum

Perempuan pada zaman Yunani Kuno marak menggunakan gandum untuk bedak wajah mereka.Lain halnya di Mesir Kuno, bedak berbahan dasar kapur dan tanah liat sangat umum digunakan. Kemudian lain juga di Tiongkok yang menggunakan beras sebagai bahan dasar bedak.

Demikianlah sekilas tentang kosmetik dari masa ke masa.bahkan perkembangannya sangat berpengaruh hingga kini.
0
982
8
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan