iskrimAvatar border
TS
iskrim
Siasat Toyota yg Ingin Mempertahankan Pasarnya, Tapi Bagian Ini Harus Diperhatikan!


Toyota Indonesia, memang benar secara total penjualan pada hampir disemua produknya (yang kini begitu ketat persaingannya bahkan terkadang harus dihadapi dengan berdarah-darah) tetap menjadi pemenang. Lebih berat dari tahun-tahun sebelumnya.

Meskipun masyarakat Indonesia tetap mengidolakan Toyota dan menjadi pilihan, terkadang produsen mobil harus berani mengambil gebrakan besar agar tetap mendapat perhatian dan penjualan terbaik. Bisa kita lihat betapa sibuknya orang marketing, kaum mendang-mending dan sales saling berperang produk, ini membuktikan Toyota dicintai dan menjadi rival terberatnya.

Awalnya mungkin menjadi sebuah keputusan yang sulit dan mustahil terjadi, tapi kenyataannya harus diambil karena apa yang terjadi saat ini, meski tetap menjadi pemimpin pasar produsen seperti Toyota harus tetap mendengar apa yang diinginkan konsumennya.

Selera konsumen yang mulai berubah, semakin cerdas, kritis dan mulai memiliki kompetitor yang menarik maka Toyota harus bisa mengambil langkah penyelamatan dan tidak ingin kehilangan momentum lebih lama, melakukan perubahan demi memenuhi selera pasar dan standar baru dunia dalam hal 'ramah lingkungan' harus segera dilakukan.




Meski dalam penjualan nyaris paling moncer sepanjang tahun, Toyota kini harus berhadapan serius dengan Mitsubishi, Hyundai. Perlawanan Mitsubishi di kelas menengah hingga bawah semakin mengusik pasar gemuknya Toyota, Hyundai dengan suv baru kelas menengah atasnya dan fleksibilitasnya semakin mendapat perhatian lebih konsumen termasuk kelas gurem lainnya tampil semakin cantik dengan teknologi dan kosmetiknya.



Langkah dan keputusan Toyota Indonesia saya rasa sudah tepat, perlahan (meski dengan berat hati) mulai berani melepas mesin RWD dan mesin diesel ke FWD yang menjadi idola bertahun-tahun dan mulai beralih ke mesin listrik sebagai langkah mempertahankan kue pasar jangka panjang.

Saya yakin betul apa yang dicapai sekarang ini dengan mesin konvensionalnya merupakan prestasi dititik akhir, pasar mulai jenuh dan menginginkan inovasi yang lebih baik. Dengan melakukan perubahan segar (TNGA, DNGA) maka usia produsen semakin panjang dan loyalitas yang sudah ada akan tetap terjaga dan tumbuh pada generasi berikutnya.

Ini mengingatkan saya dengan produsen hape Nokia yang dulu terlalu pede karena sudah menjadi besar, terlambat melakukan inovasi dan akhirnya ditinggalkan konsumennya. Sepertinya Toyota belajar dari kasus tersebut, harus berani berbenah keluar dari zona nyamannya.

Banyak yang menyayangkan kenapa Toyota mulai meninggalkan mesin RWD dan dieselnya. Mungkin bagi loyalitas atau pecinta mesin RWD dan diesel kedepan akan menyadari betapa pentingnya perubahan ini. Tentu dengan perencanaan matang jalan-jalan desa-desa dan infrastrukturnya akan semakin baik.




Toyota juga tidak bodoh dan akan tetap mempertahankan 'tradisi lama' nya lewat produk Daihatsu. Konsumen nantinya akan memiliki pilihan yang lebih leluasa mau RWD dan diesel akan tetap ada. Suv dan karakternya akan kembali kehabitat aslinya dan mpv untuk jalan perkotaan. Tidak campur aduk seperti yang terjadi saat ini.

Dan kini yang harus dipertanyakan kepada Toyota kemudian adalah: Setelah ada gebrakan baru ini apakah build quality produknya nanti akan lebih ditingkatkan? Fiturnya semakin lengkap, mewah? Durabilitynya akan tetap terjaga? dan Harga akan semakin bersahabat? Tampil apa adanya saja sudah laris manis, apalagi kalau sudah ada ubahan seperti yang diinginkan konsumennya?

Semoga saja, ya.. mengingat para pesaing Toyota semakin bagus dan menjanjikan dari sisi manapun, apalagi soal harga sekarang ini sangat sensitif.




Sebuah opini
Img. Gaikindo, Kobayogas, gugel




Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 17-10-2022 11:59
jlamp
jiresh
darkwilliam00gg
darkwilliam00gg dan 7 lainnya memberi reputasi
8
2.5K
62
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan