Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
Sopankah Menanyakan Agama Orang Lain? Berikut Penjelasannya!

Sumber Gambar

Agama adalah kepercayaan yang dipegang suatu individu sebagai pedoman hidup dan moral. Setiap orang berhak memilih agama apa yang ingin dia anut, terlepas di agama mana ia lahir. Bahkan untuk tidak beragama pun sah-sah saja.

Meskipun berbeda-beda, bukan berarti masing-masing orang saling terbatas untuk berbincang dan menjalin hubungan. Semua orang bisa berhubungan baik dengan sesamanya kapan saja tanpa memandang agama.


Sumber Gambar

Namun, bolehkah kita menanyakan agama seseorang?emoticon-Bingung (S)

Boleh atau tidak? Sebenarnya tergantung dengan konteks dan situasi. Menanyakan agama boleh-boleh saja ketika untuk maksud yang positif. Sebagai contoh, ketika sedang makan bersama. Kita boleh saja bertanya, "Siapa di sini yang Islam?" Maksudnya supaya segala makanan yang mengandung babi dijauhkan dari dia.

Jadi menurut TS, boleh saja menanyakan agama dengan tujuan supaya tidak ada yang salah server. Selebihnya, lebih baik pikir-pikir lagi untuk menanyakan tentang agama. Pikirkan dulu, apa urgensinya sampai harus tahu agama lawan bicara anda? Terus kalau udah tahu mau apa? Kalo cuma sekedar iseng lebih baik dari pertanyaan lain.


Sumber Gambar

Kalau seandainya kita yang ditanya soal agama, bagaimana kita menanggapinya? emoticon-Bingung (S)

Kalian bisa menjawab sebenar-benarnya. Toh di KTP pun tertulis jelas agamanya apa, jawab saja sesuai dengan KTP bahkan jika kita tidak beragama sekalipun. Walaupun tidak semua orang bisa berpikir seperti ini, tapi sebenarnya tidak ada salahnya menjawab.

Atau jika kalian benar-benar tidak senang dan tidak bersedia memberitahukan perihal agama ke lawan bicara, kalian bisa jawab dengan bercanda. Jawab saja, "Agama saya nuembah Piccolo." "Saya satanic." Setelah itu segera alihkan topik jika kalian benar-benar tidak nyaman.

Sejujurnya ya, masih banyak topik lain yang bisa kita kembangkan dalam obrolan selain membahas agama. TS sendiri ketika mengobrol, selalu punya topik entah itu membicarakan tempat, orang sekitar atau apapun.

Intinya, jika tidak ada urgensi atau keperluan lebih baik hindari bertanya soal agama kepada orang yang baru kita kenal. Kecuali kamu petugas Disdukcapil. Wkwk.


Sumber Gambar

Ya begitulah yang bisa TS bagikan mengenai bertanya soal agama yang banyak dianggap tidak sopan bagi beberapa. Semua tergantung konteks, pahami dulu keperluan kalian sebelum menanyakan agama. Setelah tahu agama orang tersebut, mau kita apakan informasi itu? Kalau cuma iseng, lebih baik tidak udah tanya daripada suasana jadi canggung.

Bagaimana menurut kalian? Apakah kalian nyaman jika ditanya soal agama? emoticon-Bingung (S)

Ditulis oleh Harry Wijaya
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
jlannister
fathroni
shinwjy
shinwjy dan 17 lainnya memberi reputasi
18
3.2K
121
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan