ih.sulAvatar border
TS
ih.sul
Berjalan Kaki Baik Untuk Kesehatan Diri Sendiri dan Juga Untuk Kesehatan Uang Negara


Menurut studi yang dilakukan Universitas Stanford, orang-orang di Indonesia dinobatkan sebagai orang-orang yang paling malas berjalan kaki. Di sisi lain, hampir setengah penduduk Indonesia memiliki sepeda motor. Dari dua data ini bisa kita simpulkan bahwa orang-orang Indonesia itu malas berjalan kaki karena lebih suka naik motor.

Banyak orang memang tidak suka berjalan kaki, selain karena cuaca yang panas hal itu juga disebabkan oleh lingkungan yang tidak cocok untuk pejalan kaki. Ada faktor-faktor lain seperti keamanan dan efisiensi, tetapi intinya orang Indonesia memang malas jalan kaki.



Padahal, jalan kaki memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan seperti memperpanjang harapan hidup, menurunkan berat badan, meningkatkan stamina, melatih jantung dan paru-paru, meningkatkan metabolisme, mengurangi stress, memperlambat penuaan, menurunkan kolestrol dan tekanan darah, mencegah diabetes, memperbaiki postur tubuh, dan tentunya memperkuat otot kaki.

Setiap orang disarankan untuk berjalan kaki setidaknya 30 menit setiap hari. Mungkin Anda bisa meluangkan waktu di pagi atau sore hari untuk berjalan-jalan mengelilingi kompleks perumahan, melihat perubahan-perubahan kecil yang terjadi, atau beramah-tamah dengan tetangga.

Selain itu, dalam skala yang lebih besar, berjalan kaki bisa membawa perubahan besar bagi dunia.



Berjalan kaki bukan hanya berarti kesehatan tubuh, tetapi juga mengurangi pemakaian BBM. Mengurangi pemakaian BBM berarti mengurangi polusi gas. Mengurangi polusi gas berarti membersihkan lapisan ozon. Membersihkan lapisan ozon berarti membuat udara lebih bersih. Udara yang lebih bersih berarti kesehatan yang meningkat, termasuk kesehatan hewan dan tumbuhan.

Jika melihat lebih jauh lagi dari efek-efek di atas, rajin berjalan kaki berarti berkurangnya penggunaan kendaraan bermotor. Berkurangnya kendaraan bermotor berarti berkurangnya kemacetan. Berkurangnya kemacetan berarti tak perlu anggaran untuk pelebaran jalan. Anggaran kesehatan juga berkurang, anggaran polusi juga berkurang. Ada begitu banyak anggaran negara yang bisa dihemat andai saja warganya rajin berjalan kaki.



Jadi, meski Anda tak berminat membantu negara, setidaknya berjalan kakilah demi diri Anda sendiri. Memang lamban, memang capek, tetapi manfaatnya amatlah besar.

Sekian dari saya mari bertemu di thread saya yang lainnya.

sumur
Diubah oleh ih.sul 11-10-2022 02:34
nekodhani
xenoglossy
aliffadilah
aliffadilah dan 24 lainnya memberi reputasi
25
9.7K
174
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan