masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Umbar Aib Orang Sudah Menjadi Hobi dan Kegemaran? Awas, Ini yang Akan Kalian Dapatkan
Sering dianggap remeh dan sepele, ini yang akan kalian dapatkan saat suka umbar aib orang lain


Mengumbar aib atau membicarakan keburukan seseorang kepada orang lain, terlepas itu benar maka akan menjadi ghibah dan jika itu tidak benar maka akan menjadi fitnah.

Fitnah hukum dan dosanya lebih kejam dari dosa pembunuhan, sedangkan ghibah dosanya lebih besar dari dosa zina dan seperti memakan bangkai saudara sendiri.

Kedua hal tersebut adalah perilaku buruk yang seharusnya dihindari, meskipun pada faktanya banyak orang yang sudah menjadikan ghibah dan fitnah sebagai hobi yang sulit untuk ditinggalkan karena keasikannya membuat lupa segalanya.

Membicarakan keburukan seseorang kepada orang lain, entah itu masuk kedalam jenis ghibah atau fitnah, tentu sudah sebaiknya ditinggalkan sesulit apapun itu. Sebab perlu Agan dan Sista ketahui, membicarakan keburukan orang lain selain hanya akan menimbulkan dosa besar juga akan menjadi pemicu munculnya karma buruk bagi pelakunya.

Apa yang akan didapatkan oleh orang yang suka membicarakan keburukan orang lain akan lebih parah dari yang orang lain terima, dan berikut ini beberapa hal yang akan kalian dapatkan saat menjadikan ghibah dan fitnah sebagai hobi.




1. Menjadi Bahan Ghibah dan Fitnah

Saat kalian menjadikan ghibah dan fitnah sebagai kegemaran dan hobi buruk, maka tidak menutup kemungkinan kalian juga akan mengalami hal serupa yaitu menjadi bahan ghibah dari orang lain atau bahkan difitnah dengan fitnahan yang keji dan itu tidak benar-benar terbukti.

Jangan pernah bertanya kalian salah apa ketika mengalami kondisi tersebut, bisa jadi ini adalah bentuk teguran karena Agan dan Sista juga telah melakukan hal serupa kepada orang lain.

2. Dimusuhi Banyak Orang

Menjadi musuh bagi banyak orang, juga bisa menjadi dampak dari hobi membicarakan keburukan seseorang kepada orang lain.

Manusia yang baik adalah yang peduli dengan musibah yang dialami oleh orang lain, bukan yang ingin ikut campur terhadap urusan atau masalah orang.
Stop membicarakan keburukan seseorang jika Agan dan Sista tidak ingin memiliki banyak musuh yang seharusnya tidak menjadi musuh di kehidupan kalian.

3. Lebih Buruk dari Orang yang Dibicarakan

Orang yang suka membicarakan keburukan orang lain secara tidak langsung mereka akan sulit untuk berkaca tentang kesalahan diri sendiri yang telah mereka perbuat GanSis. Dengan begitu keburukan dari diri sendiri bisa jadi lebih buruk dari keburukan seseorang yang dibicarakan kepada orang-orang sekitar.

Introspeksi diri adalah sebuah keharusan, jangan sampai hobi membicarakan keburukan orang sampai lupa dengan keburukan sendiri yang semakin menggila.



Itulah tadi GanSis beberapa hal yang akan kalian dapatkan saat hobi membicarakan keburukan seseorang kepada orang lain.

Introspeksi diri, menjaga aib orang lain jika itu tidak berkaitan dengan hukum yang harus ditegakkan dan dibuka, menjaga dari berkata fitnah dan ghibah, merupakan cara agar Agan Sista dapat selamat dunia dan akhirat.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan ada pelajaran baik yang bisa Agan Sista ambil.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
nisemono
mahirbro
verdandigr
verdandigr dan 13 lainnya memberi reputasi
14
2.6K
44
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan