masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Dalam Rangka Peringatan Maulid Nabi, Ini Beberapa Tradisi yang Biasa Dilaksanakan
Memperingati Maulid Nabi Muhammad Saw banyak tradisi baik yang dilakukan, beberapa ini diantaranya


Sabtu, 8 Oktober 2022
Hari ini libur Nasional dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad Saw.

Maulid Nabi merupakan hari khusus yang diistimewakan oleh umat agama Islam karena tepat di tanggal 12 Rabiul Awal Nabi Muhammad Saw dilahirkan dan menjadi Nabi pembawa rahmat bagi seluruh alam.

Umat Islam di seluruh dunia dengan perasaan bahagia menyambut dan memperingati hari kelahiran nabi Muhammad Saw (Maulid Nabi) dengan berbagai macam tradisi dan kebiasaan. Di Indonesia sendiri sebagai negara dengan penduduk mayoritas beragama Islam juga di setiap daerah-daerahnya memiliki tradisi perayaan Maulid Nabi yang berbeda-beda.

Meskipun memiliki tradisi yang berbeda dalam perayaan Maulid Nabi, tujuan dari perayaan tersebut tetap sama GanSis yaitu menunjukkan perasaan cinta kepada Nabi Muhammad Saw dengan mengadakan sebuah acara yang memiliki nilai positif dan manfaat.

Untuk menjelaskan sedikit tentang Maulid Nabi agar tidak ada yang merasa salah paham dengan peringatan ini, tentu tidak membutuhkan dalil atau ayat-ayat Al Qur'an.

Dipikir secara logis jika antara manusia yang saling mencintai dan menyayangi saja akan ada bentuk kasih sayang dan cinta dengan memberikan hadiah atau memperingati hari kelahiran pasangan, tentu sangat tidak masuk akal saat seorang panutan, teladan, sosok yang diagungkan karena menjadi utusan Allah hari kelahirannya tidak diperingati atau diingat oleh umatnya. Itulah sebabnya kenapa umat Islam memperingati Maulid Nabi, tidak lain dan tidak bukan untuk menunjukkan perasaan kecintaan dan kerinduan yang besar.




Dalam memperingati Maulid Nabi sendiri sebagaimana yang telah dijelaskan di setiap daerah memiliki tradisi dan acara yang berbeda-beda GanSis. Berikut ini beberapa acara atau tradisi yang diadakan setiap Maulid Nabi di daerah-daerah di Indonesia.


1. Pengajian dan Shalawat Akbar

Acara atau tradisi yang paling umum dilaksanakan dalam rangka peringatan Maulid Nabi di hampir seluruh wilayah di Indonesia adalah pengajian dan shalawat akbar GanSis.

Pengajian dengan tema-tema perjuangan dan keteladanan Nabi Muhammad disampaikan oleh Kyai atau Ulama untuk mengingatkan umat Islam kepada suri tauladannya. Kecintaan yang besar kepada Nabi Muhammad juga digaungkan dengan memperbanyak shalawat.

2. Syukuran

Dalam memperingati Maulid Nabi tradisi syukuran dengan membuat sajian makanan yang dibagikan kepada semua orang baik itu tetangga, saudara, maupun orang-orang sekitar yang membutuhkan juga tidak luput dilakukan oleh umat muslim.

Acara ini dilaksanakan atas dasar rasa syukur sudah diberikan nikmat sehat, rezeki, dan keimanan, dan di dalam acara syukuran biasanya juga diadakan doa bersama untuk memohon keberkahan dalam hidup, dan syafaat di akhirat.

3. Santunan Yatim Piatu

Tradisi yang selanjutnya dalam rangka memperingati Maulid Nabi yaitu santunan yatim piatu GanSis.

Tidak sedikit orang yang memiliki lebih rezeki mereka membagikan kepada anak-anak yatim piatu untuk membantu meringankan beban mereka.

Menyantuni anak yatim piatu ini tentu saja sebuah tindakan yang terpuji, itulah sebabnya banyak orang yang menjadikan momen Maulid Nabi untuk hal-hal positif dan terpuji untuk menteladani Nabi Muhammad Saw.

4. Hiburan Rakyat

Hiburan rakyat juga tidak luput dari perayaan Maulid Nabi Muhammad Saw di setiap tahunnya GanSis. Tentu saja hiburan yang diadakan adalah hiburan yang islami, yaitu hiburan seperti hadroh, qosidah, mawalan, lomba tilawatil Qur'an, hafalan surat-surat pendek untuk anak-anak, pidato, dan masih banyak lagi lainnya.



Itulah GanSis sekilas tentang perayaan dan tradisi peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw yang biasa diadakan di daerah-daerah yang ada di Indonesia.

Bagaimana, apakah di tahun ini di tempat Agan dan Sista juga memperingati Maulid Nabi?

Mudah-mudahan dengan diadakannya Maulid Nabi dapat mengingatkan kita semua kepada teladan baik yang syafaatnya dinantikan yaitu Nabi Muhammad Saw.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
rubah007
xenoglossy
muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 dan 7 lainnya memberi reputasi
8
1.9K
25
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan