c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Budget Rp 2 Juta, Mending Beli Playstation 3 Atau Playstation 4?




Hi sobat games, dimanapun kalian berada. Semoga sehat selalu dan bahagia berselancar di dunia maya.

Oke, bagi kamu para gamers tentu lebih memilih membeli konsol dibandingkan harus upgrade PC yang sparepartnya semakin tinggi. Konsol memang khusus untuk game, namun tentunya terbatas. Game khusus PC seperti strategi dan sejenisnya memang beragam dibandingkan game konsol.



Nah, kalau kamu punya budget di range Rp 2 jutaan lebih, mana yang akan kamu pilih membeli konsol Playstation 3 atau yang lebih tinggi yaitu Playstation 4.

Jadi begini, setelah ane cek di marketplace konsol PS 3 harganya tembus Rp 2,2 juta itu juga refurbish dan fullset. Perlu di ingat konsol PS 3 sudah tidak ada yang baru.



Konten Sensitif


Di harga yang lebih mahal sedikit sekitar range Rp 2,6 -2,9 juta ada yang jual PS 4 second biasanya jenis Fat, namun lebih banyak tanpa BD ( Bluray Disk) game.

Beda sekitar Rp 500 - 700 ribu, tapi sudah mendapatkan PS 4 disini pilihan menjadi sulit, mana yang worth it untuk kita beli. Karena PS 3 Refurbish itu sama aja second juga namun di perbarui, mesin lama casing baru.





Tapi menurut TS biasanya budget ngepas pasti kehidupan sehari-hari juga pas-pasan, maka saran saja belilah Playstation 3. Loh kenapa? Bukankah PS 4 lebih bagus dan grafiknya meningkat?

Jadi begini ini menurut pengamatan TS aja ya, jadi mungkin bisa beda pendapat dengan agan yang lain.

Di range harga Rp 2 jutaan PS 4 pasti menggunakan HDD 500 GB, kalau full game kemungkinan besar muat hanya 7 game saja, sedangkan untuk HDD 500 GB konsol PS 3 bisa memuat hingga 30 game. Kalau kamu cepat bosan, agak susah tentu akan membeli BD yang harganya juga cukup tinggi diatas Rp 100 ribu pergame nya, sedangkan PS 3 untuk isi game hanya Rp 10 ribu.



Harus dipikirkan biaya kerusakan PS 4 tentu akan lebih mahal dibandingkan PS 3, terutama stik, nah hal ini juga harus diperhitungkan untuk kedepannya.

Sebenarnya secara grafis PS 3 peningkatan ke PS 4 ga begitu jomplang, memang ada perbedaan tetapi tidak begitu terasa. Bahkan game PS 3 juga hadir di PS 4, dan perbedaannya tidak mencolok kalau untuk gamers pemula.





Peningkatan grafis yang sangat terlihat itu dari PS 1 ke PS 2 lalu ke PS 3, itu terasa banget bedanya kalau dari PS 3 ke PS 4 samar-samar, tapi kalau dari PS 3 ke PS 5 baru deh ada perbedaan yang cukup tinggi.

Yang jadi perhatian lainnya adalah tagihan listrik, tentunya PS 3 yang hanya 86 watt sedangkan PS 4 sekitar 168 watt, maka biaya listrik juga lebih mahal PS 4.



Jadi kalau memang budget ngepas, lebih baik pilih PS 3 untuk main PS 4 mending rental aja. Tapi kalau ga masalah keuangan, maka PS 4 dengan HDD minimal 1 TB sangat direkomendasikan. Atau sekalian saja Playstation 5, kalau memang sultan karena gamenya lebih mementingkan grafis tinggi.

Tapi kalau budget ngepas dikisaran Rp 2 jutaan, duh lebih baik beli Playstation 3 dah cukup worth it kok.



Apa agan ada pendapat yang berbeda?

Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, bila ada kritik silahkan disampaikan dan semoga thread ini bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. Ane c4punk pamit undur diri, See u next thread.

emoticon-I Love Indonesia



"Nikmati Membaca Dengan Santuy"


Tulisan : c4punk@2022
referensi : 1, 2
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star








Diubah oleh c4punk1950... 18-09-2022 02:09
Okutet
darkwilliam00gg
bek0n
bek0n dan 22 lainnya memberi reputasi
23
5.2K
150
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan