Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

potolawasAvatar border
TS
potolawas
Patung JP. Coen Di Batavia
"Standbeeld van Jan Pietersz. Coen Waterlooplein Weltevreden".

Author/creator; G. Kolff & Co. (Batavia)
Published/created; [Between 1895 and 1908]

Selain di tanah kelahirannya Hoorn, Belanda, ada lagi patung Jan Pieterszoen Coen di Batavia. JP coen atau Mur Jangkung, nama panggilannya oleh orang Jawa adalah pendiri kota Batavia, cikal bakal Jakarta. Dia dikenal sebagai seorang pembesar kompeni yang kejam.

Untuk mengenang Jan Pieterzoon Coen, pemerintah kolonial Belanda membangun patungnya pada 1869. Tahun itu bertepatan dengan 250 tahun usia kota Batavia. Patung didirikan oleh Gubernur Jenderal Pieter Mijer (1866-1872). Patung Coen yang berdiri dengan angkuh sambil menunjuk jari telunjuknya dengan mottonya yang terkenal: Dispereet Niet ("pantang berputus asa").

Setelah berdiri selama 74 tahun di depan Gedung Putih, yang kini menjadi kantor Menko Perekonomian, di lapangan Banteng, patung dari tembaga ini pun digusur dan dihancurkan. Patung itu lenyap pada 7 Maret 1943 saat pendudukan Jepang. "Untuk menghapus bekas-bekas kolonial Belanda, saat itu semua yang berbau Belanda dihancurkan, termasuk patung JP Coen," kata sejarawan JJ Rizal kepada merdeka.com.

ekosaripudin
s.c.a.
azhuramasda
azhuramasda dan 4 lainnya memberi reputasi
5
2.1K
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan