masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Tips Mengendalikan Emosi Negatif, untuk yang Merasa Temperamental Bisa Terapkan Ini
Sering marah-marah karena masalah yang sepele?
Awas serangan jantung, ini dia tips mengendalikan emosi terutama untuk yang merasa temperamental


Emosi negatif, seringkali menjadi masalah terberat bagi orang-orang yang sulit mengendalikan perasaannya sendiri. Mudah marah atau menangis hanya karena masalah sepele, tentu ini sangat mengganggu bukan hanya bagi diri sendiri melainkan juga bagi lingkungan sekitar terutama orang-orang terdekat.

Tidak bisa mengendalikan emosi negatif, tentu akan sangat berdampak pada kehidupan Agan dan Sista sehari-hari. Orang yang mudah emosi pasti kehidupannya akan sangat berantakan karena apa yang dilakukan oleh orang sekitar entah itu pegawai atau rekan kerja akan selalu salah dimata orang yang tempramental.

Bukan hanya itu, orang yang tempramental juga sangat mudah tersulut emosi meskipun hanya dengan kesalahan kecil yang dilakukan oleh orang lain. Mereka akan sangat mudah meluapkan amarahnya entah itu dalam bentuk makian atau kata-kata kasar.

Emosi sendiri juga berkaitan erat dengan sifat toxic dari seseorang GanSis. Semakin toxic seseorang biasanya mereka memiliki tingkat emosional yang cenderung lebih besar dari pada orang lain.

Mengendalikan emosi tentu menjadi sebuah keharusan bagi semua orang, terlebih bagi orang-orang yang merasa diri mereka tempramental. Sebab jika seseorang tidak bisa mengkontrol emosinya sendiri maka akan berpengaruh dengan kehidupan bersosial dan juga kesehatan mental.

Lalu bagaimana sih cara mengendalikan emosi negatif agar tidak mudah meledak hanya gara-gara masalah kecil atau hal sepele?
Berikut ini tips sederhana mengendalikan emosi negatif yang bisa Agan dan Sista coba.




1. Berdiam Diri

Saat Agan dan Sista merasa sangat emosi dan hampir meledak, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah menarik nafas panjang dan menghembuskannya perlahan, kemudian berdiam lah diri sampai emosi kalian turun dan jangan pernah menanggapi omongan orang yang hanya akan semakin meningkatkan emosi.

2. Menjauhkan Diri dari Sumber Emosi

Cara kedua mengendalikan emosi adalah dengan menjauhkan diri dari masalah yang menyebabkan emosi meluap GanSis.
Menjauhkan diri dari sumber emosi atau penyebab emosi dapat membuat Agan Sista lebih tenang dan tidak semakin meluapkan segala perasaan dengan kata-kata atau amarah yang hanya akan membuat masalah semakin besar.

Pergi untuk menenangkan diri menjadi keputusan paling baik karena saat emosi sedang naik maka tidak akan pernah Agan Sista menemukan solusi atas masalah yang sedang dihadapi.

3. Pergi Berwudhu, Mandi atau Tidur

Emosi dapat terjadi karena otak sedang panas dan hati sedang dalam keadaan tidak stabil GanSis. Berwudhu dipercaya dapat menenangkan pikiran dan perasaan, jika setelah berwudhu masih ada perasaan gelisah atau emosi belum juga hilang dan mereda maka lebih baik menyendiri di tempat tidur untuk beristirahat tidur karena itu akan meringankan beban pikiran.


Berikut tadi GanSis sekilas tentang tips atau cara untuk mengendalikan emosi terkhusus bagi Agan dan Sista yang tempramental.

Mudah emosi hanya karena masalah kecil tentu ini sangat tidak baik GanSis, apa lagi jika bentuk emosi yang kalian salurkan berupa kata-kata kasar makian atau tindakan yang tidak terkontrol seperti kekerasan fisik terhadap orang lain.

Itulah sebabnya emosi harus dikontrol sebaik mungkin agar tidak merugikan diri sendiri dan membahayakan orang sekitar.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan ada pelajaran baik yang bisa Agan dan Sista ambil.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
j4blaymedika
muyasy
Qhitink87
Qhitink87 dan 15 lainnya memberi reputasi
16
1.9K
33
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan