Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

arsipsumutAvatar border
TS
arsipsumut
Ketika Sri Mulyani Tantang 100 Ekonom Hitung Subsidi BBM di 2023


Sri Mulyani. (Foto: MPI)

arsipsumut.com

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan bahwa saat ini, anggaran subsidi di 2023 masih dibahas bersama DPR RI.

Anggaran subsidi di 2023 diperkirakan masih lebih dari Rp340 triliun dengan asumsi harga minyak di kisaran USD90 per barel.

Maka dari itu, dia pun menantang proyeksi harga minyak dan juga hitung-hitungan para ekonom yang hadir dalam acara Sarasehan 100 Ekonom Indonesia 2022 hari ini(7/9/2022).

"(Anggaran) tahun depan bicara dengan DPR belum selesai, subsidi yang akan disediakan masih signifikan lebih dari Rp340 triliun dan berasumsi harga minyak kisaran USD90 (per barel), tentu melihat ketidakpastian outlook harga minyak. Proyeksi minyak Anda tahun depan seperti apa? Ngitungnya gimana? Saya ingin tahu saja," ujar Sri.

Tak hanya itu, Sri menyebutkan bahwa Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menggunakan data dari lembaga kredibel di bidang minyak terkait prediksi harga minyak mentah dunia, seperti International Energy Agency (IEA) hingga konsensus Bloomberg.

"Di Kemenkeu menggunakan data dari agency yang autoritatif di bidang minyak seperti International Energy Agency, mereka akan proyeksikan seperti apa dan Bloomberg konsensus, tapi paling tidak dua faktor dominan yang mempengaruhi harga minyak dan komoditas tahun depan," ungkap Sri.

Dia pun menjelaskan bagaimana skenario dan proyeksi bagaimana jika negara maju masuk resesi.

"Seandainya outlook negara maju masuk ke resesi, tapi permintaan minyak turun, maka harga minyak dunia diproyeksikan tidak akan mencapai USD100 per barel," pungkas Sri.

Sumber:

https://economy.okezone.com/read/2022/09/07/320/2662574/ketika-sri-mulyani-tantang-100-ekonom-hitung-subsidi-bbm-di-2023?page=1


scorpiolama
darkwilliam00gg
SunDaimond
SunDaimond dan 3 lainnya memberi reputasi
4
2K
49
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan