AntiluqmanAvatar border
TS
Antiluqman
Kebocoran Data Pribadi Lagi, Johnny Plate: Masyarakat Harus Sering Ganti Password


TEMPO.CO, Nusa Dua - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate merespons soal kebocoran data pribadi yang kembali terjadi di dunia digital. Ia mengimbau agar masyarakat sering mengganti password di platform-platform digital masing-masing.

"One time password itu harus selalu kita ganti sehingga kita bisa menjaga agar data kita tidak diterobos," ujar Johnny Plate saat ditemui di The Westin Resort, Nusa Dua, Bali pada Sabtu, 3 September 2022.

Menurut dia, kebocoran data kerap berasal dari kelalaian masyarakat. Ia pun menyatakan persoalan besar dari kebocoran data terjadi jika masyarakat tidak menjaga data masing-masing.

Johnny menjelaskan data pribadi memiliki nilai ekonomi yang tinggi sekaligus berhubungan dengan geostrategis dan kedaulatan suatu bangsa. Sehingga, ia menyarankan agar tata kelola data pribadi harus dilakukan dengan benar.

Kominfo, kata dia, sedang memperjuangkan aturan terkait data lintas batas negara agar dapat dikelola dengan baik. "Di dalam negeri, penyelenggara sistem elektronik harus jaga enkripsi yang baik sehingga bisa memberikan perlindungan dengan data pribadi masyarakat."

Selain itu, Johnny mengklaim bahwa Kominfo sudah bersiap untuk menulusuri di mana potensi kebocoran data berada. Pihaknya, kata dia, juga akan menganalisis apakah kebocoran itu relevan dengan data terkini.

"Jika ditemukan ada potensi, maka kita akan lakukan audit teknologi security atau enkripsi di penyelenggara sistem elektronik itu," kata Johnny.

https://bisnis.tempo.co/read/1630039...ganti-password

User: admin
Password: admin

Pengen heran tapi dari partai nasdem
matcha.tea.1402
xneakerz
viniest
viniest dan 6 lainnya memberi reputasi
5
3.7K
119
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan