xianying21Avatar border
TS
xianying21
Nostalgia Facebook Ketika Zaman Alay dan Norak Tiada Tara

Facebook sudah berusia 18 tahun dan masih menjadi raja media sosial walaupun banyak penggunanya sudah beralih ke Instagram dan medsos lainnya, medsos garapan Mark Zuckerberg ini telah jauh melampaui masa jaya pesaing terdahulunya yaitu Friendster yang hanya berjaya sampai pertengahan 2000an saja. 

Facebook didirikan pada 2004 dan baru dibuka oleh publik dua tahun kemudian, awalnya hanya diperuntukan bagi lingkungan perguruan tinggi di AS. Facebook mulai terkenal pada 2008 di Indonesia dan mencapai puncaknya pada 2009 sampai dengan 2010. Bagaimanakah awal-awal Facebook tenar di Indonesia dan masih dihuni oleh para alayer?

Nama Facebook yang Norak

Kalau sekarang nama Facebook banyak yang menggunakan nama asli karena para penggunanya sudah pada dewasa. Dulu mungkin masih pada remaja dan nama Facebook biasanya aneh-aneh dan banyak dilakukan oleh kaum perempuan.

Sementara yang lainnya menggunakan nama Facebook untuk mengekspresikan diri tentang apa yang disukai. Misalnya ada yang suka Naruto maka dia menggunakan nama Seperti Udin Uchiha atau Ucok Uzumaki. Nama-nama norak di Facebook kini jarang kita temui kecuali akun lama yang sudah tidak aktif lagi.

Main di Warnet Hanya Untuk Facebookan

Smartphone masih belum canggih dan harganya mahal, internet WAP juga masih mahal. Maka ke Warnet adalah solusinya. Banyak remaja baik cewek atau cowok yang main ke warnet hanya untuk Facebookan saja. Untuk melihat status teman, berinteraksi di grup sampai dengan mencari teman baru semuanya dilakukan di warnet sambil makan camilan dan kopi selama berjam-jam. 

Main Poker, Ninja Saga, dll

Selain menjadi medsos, Facebook dulu menjadi tempat bermain game berbasis flash. Yang populer adalah Zynga Poker, banyak yang main poker di warnet sampai warnet penuh. Ada yang jual beli chip Poker layaknya judi beneran dan pernah ada kasus yang jualan chips ditangkap polisi. Lalu game lainnya ada Ninja Saga, Cityville, The Sims Social, dan masih banyak lagi.

Facebookan di Hape Murah


Seiring berjalannya waktu, banyak hape murah meriah yang sudah berbasis Java dan bisa internetan dengan jaringan EDGE lewat Opera atau juga Facebook untuk Java. di sini para Facebooker masih-alay, kira-kira tahun 2010 sampai dengan 2012. Ketika tahun 2013 Android murah mulai bermunculan.

Fan Page Anti Kangen Band

Hate speech di media sosial sudah terjadi semenjak dahulu, netizen zaman old banyak yang menghujat Kangen Band karena dianggap norak. Fan page anti Kangen Band di Facebook dulu termasuk banyak anggotanya dan berisikan hujatan sampai makian terhadap Kangen Band. Lucunya beberapa waktu lalu yang jadi haters Kangen Band malah balik Kangen Band ketika band ini dihina oleh salah seorang tukang cover lagu.

Nah, gan. Bagaimana menurut agan-agan sekalian? emoticon-Leh Uga

sumber referensi



nowbitool
MUF0REVER
darmowinoto182
darmowinoto182 dan 8 lainnya memberi reputasi
9
2.7K
34
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan