cintadineAvatar border
TS
cintadine
Mengintip Lagi Apa yang Terjadi di Kaskus Tahun 2008, Ketika Masih Ada BB17+


Jauh sebelum Tiktok jadi media sosial yang sangat populer, Instagram menjadi platform seleb untuk pamer, dan jauh sebelum akses internet menjadi umum seperti sekarang, Kaskus sudah ada bahkan Kaskus ini sudah ada sejak tahun 1999 atau sebelum Facebook ada. Mark Zuckerberg saja tahun 1999 mungkin masih jadi abg SMA berusia 15 tahun.

Kaskus memang menjadi salah satu media sosial tertua di Indonesia dan terus bertahan sampai sekarang ketika forum-forum satu angkatannya sudah pada bubar entah ke mana.

Sebelum tahun 2010, Kaskus sangat ramai dan terkenal di kalangan pengguna internet. Di era itu yang mengakses internet adalah orang-orang uang punya PC beserta koneksi internet yang mahal dan juga orang yang suka main di warnet, apalagi, sebelum tahun 2008 tarif warnet pun cukup mahal.

Nah, sebelum tahun 2008 pun Kaskus cukup berbeda dengan yang sekarang. Apa saja yang terjadi pada Kaskus sebelum tahun 2008?

1. Menjadi Forum Nomor satu di Indonesia

Sebelum tahun 2008, website berita belum sebanyak sekarang, para blogger pun ngeblog pun belum mengenal yang namanya Adsense. Sementara itu Kaskus menjadi forum internet terbesar yang menyediakan banyak sub forum dan fitur.

Kaskus saat itu masih menggunakan CMS vBulletin, sebuah CMS untuk sebuah forum. Tidak seperti sekarang yang custom sendiri, tampilannya pun memang kalau dilihat sekarang terlihat kurang elegan tapi justru ketika itu Kaskus sedang ada di puncak.

2. Forum BB-17 Pemersatu Kaskuser

Tahukah agan ketika di Indonesia belum ada UU ITE, Kaskus adalah tempat untuk mencari video pemersatu rakyat? Forum itu bernama BB-17 atau Buka-bukaan 17 tahun ke atas dan sub forum ini ditaruh di belakang agar tidak diakses oleh yang di bawah umur.

Beberapa Kaskuser senior pasti tahu Kaskus dulu untuk melihat konten-konten pemersatu tersebut. Ketika UU ITE disahkan pada 2008, forum BB-17 ini dihilangkan karena bertentangan.

3. Fight Club


Dulu forum Debate Club bernama Fight Club dan moderasi forum masih longgar. Ketika UU ITE disahkan, forum ini berubah nama dan aturan juga diperketat oleh para moderator.

4. Kaskus vs Yogyafree


Pada 2008, terjadi serangan DdOS pada server Kaskus oleh hacker dari forum hacking Yogyafree, sehingga administrator harus mengunci thread dan mematikan server. Perseteruan ini cukup terkenal kala itu dan berakhir dengan perdamaian.

5. Ada Penyebar Rekaman Black Box Adam Air


Pada 2008 menurut laman Wikipedia tentang Kaskus, ada dua akun kaskus yaitu Exc@libur dan Black Angel yang sempat dicari keberadaannya karena turut menyebarkan rekaman yang diduga rekaman kotak hitam Adam Air Penerbangan 574.

Tragedi Adam Air saat itu memang cukup terkenal mengingat para korban tidak pernah ditemukan.

Nah, ada yang lainnya gan? emoticon-Ngakak (S)

Referensi
Diubah oleh cintadine 06-08-2022 04:44
gummygrindd
izun9
Black Angel
Black Angel dan 20 lainnya memberi reputasi
21
8.8K
117
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan