Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Chikashi.MasudaAvatar border
TS
Chikashi.Masuda
Puja Puji Projo ke Prabowo: Loyal ke Jokowi dan Capres Paling Pasti

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 04 Agu 2022 12:17 WIB

https://news.detik.com/pemilu/d-6215...paling-pasti/2

Jakarta - Relawan Pro Jokowi (Projo) memuji Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto sebagai sosok pembantu Presiden Jokowi paling loyal. Di sisi lain, Prabowo dinilai sebagai sosok bakal calon presiden (capres) 2024 paling pasti.
Ketua Umum Projo Budi Arie Setiadi menyebut Ketum Gerindra Prabowo Subianto adalah capres yang paling pasti. Pasalnya, Prabowo sudah memenuhi sejumlah syarat untuk jadi capres 2024.

"Pak Prabowo itu capres yang pasti, karena yang memenuhi syarat menjadi capres kuat ya Pak Prabowo," kata Budi Arie kepada detikcom, Rabu (3/8) kemarin.



Budi Arie lantas mengungkap beberapa alasan Prabowo menjadi capres yang disebutnya paling pasti. Pertama, tentang posisi Prabowo sebagai Ketua Umum Partai Gerindra.



"Pertama, memiliki Partai Gerindra, jauh lebih mudah mendapatkan tiket capres karena hanya perlu satu partai koalisi," kata Budi Arie.

Kedua, Prabowo dinilai sebagai menteri yang loyal dan patuh pada arahan presiden. Berikutnya, Prabowo juga menunjukkan komitmen penuh mengawal program Presiden Jokowi ke depan.

"Pak Prabowo ini punya komitmen yang serius melanjutkan program-program Pak Jokowi, khususnya IKN. Pak Prabowo juga memiliki pengalaman sebagai Menhan dan berkomitmen untuk membangun postur pertahanan yang baik bagi Indonesia," kata Budi Arie.


Berikutnya, ia menyebut Prabowo punya popularitas yang sangat tinggi. Popularitas yang tinggi dinilai menjadi salah satu syarat penting bagi capres.

"Keempat, Pak Prabowo memiliki popularitas yang tinggi di masyarakat dan yang kelima Pak Prabowo sekarang tidak menunjukkan ambisi kekuasaan fokus kerja sebagai menteri dan ikut 100 persen arahan Pak Jokowi," ungkapnya.

Namun, Budi Arie tak mau berspekulasi terkait isu sinyal kuat Jokowi mendukung Prabowo. Ia menegaskan Projo tunduk arahan Jokowi. "Kalau Projo tegak lurus ikut perintah Jokowi. Siapa pun yang didukung Pak Jokowi pasti kita dukung," pungkasnya.



Harapan Gerindra
Gayung bersambut, Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengapresiasi pernyataan Projo. Menurut Dasco, apa yang disampaikan Projo terhadap sosok Prabowo tak dilebih-lebihkan.



"Jadi gini kami juga apresiasi statement-statement positif tentang Pak Prabowo, tapi memang apa yang disampaikan itu memang begitulah adanya," kata Dasco saat dihubungi, Rabu (3/8).





Dasco mengatakan Prabowo memang berkomitmen untuk mewujudkan janji kampanye dalam konteks bidang pertahanan dan kelautan. Namun Prabowo disebut belum memulai kampanye terkait kontestasi Pilpres 2024.







"Oleh karena itu komitmen itu ditunjukkan dalam kinerja, ya. Pak Prabowo juga belum memulai kampanye walaupun karena komit jalankan tugas sebagai pembantu Presiden," ucapnya.



Soal adanya sinyal Jokowi dukung Prabowo, Dasco menyebut Gerindra juga berharap demikian. Dia berharap Prabowo bisa menjadi suksesor atau pegganti Jokowi.



"Ya kalau soal Pak Jokowi mendukung Pak Prabowo sebagai suksesornya itu kita belum tahu, tapi kita berharap ya mudah-mudahan bisa demikian," ujar dia.





PKB Tetap Cak Imin

PKB menyambut baik pujian Projo ke Prabowo sembari mengharapkan dukungan Jokowi dan berbicara soal posisi tetap Muhaimin Iskandar atau Cak Imin. Menurutnya akan ada kompromi terkait itu.



"Bagi PKB sendiri kita memang sudah memastikan koalisi dengan Gerindra dan tentu terkait dengan agenda pencapresan, pencawapresan memang sampai saat ini kita masih mencapreskan Cak Imin," kata Wasekjen PKB Syaiful Huda saat dihubungi, Rabu (3/8).



"Begitu pula dengan Gerindra yang mencapreskan Pak Prabowo, jadi kita liat perkembangannya karena tentu nanti akan masuk pada ruang kompromi, fatsun politik, menghitung fatsun politiknya Gerindra lebih besar suaranya, kursinya lebih banyak, tentu fatsun politiknya PKB yang pada posisi kedua," lanjut dia.



candy.ice
scorpiolama
scorpiolama dan candy.ice memberi reputasi
0
1.7K
17
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan