Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Pelajaran Hidup Dari Komedian Rini S Bon Bon, Jangan Banyak Makan Buah Ini


Salah satu takdir manusia yang tidak bisa dihindari adalah kematian, kita tidak akan pernah tahu kapan datangnya sekalipun tanda-tanda itu bisa kita lihat dengan jelas dan rasakan, salah satu contohnya adalah rambut yang mulai banyak ditumbuhi uban.

Menurut ahli medis kematian komedian tanah air Rini S Bon Bon, pada Minggu, 10 Juli 2022 karena dipicu oleh gula darahnya yang semakin tinggi, mendiang semasa hidupnya terlalu banyak makan buah-buahan, kok bisa, ya?

Yang kita tahu makan buah-buahan sering disarankan oleh dokter dan ahli gizi karena banyak mengandung vitamin, mineral, antioksidan, serta gula alami yang disebut fruktosa yang dibutuhkan tubuh. Tapi bagi orang awam beberapa buah itu ternyata harus dihindari terutama bagi penderita penyakit diabetes.



Sebenarnya semua buah itu memang baik namun bagi penderita penyakit diabetes akan menjadi bumerang ketika dimakan dalam keadaan terlalu matang dan sering. Buah yang terlalu matang biasanya mengandung gula yang lebih tinggi dari biasanya, meskipun gula pada buahnya adalah alami.

Dalam penelitian buah dimaksud apabila memiliki indeks glikemik (GI) diatas 60 atau 70-100 justeru memperburuk kondisi penderita penyakit diabetes. Meski dikonsumsi dalam jumlah sedikit saja tetapi dalam hitungan presentase keamanan bagi penderita penyakit diabetes tetap memiliki ambang batas aman, tidak boleh sembarangan, dan ini sering tidak disadari penderitanya.

Buah yang rasanya manis memang enak membuat kita mengkonsumsinya kadang jadi berlebihan, tidak sadar diri. Ini menjadi pantangan besar bagi penderita penyakit diabetes!



Dari sumber yang saya baca buah yang dimaksud diantaranya adalah: Pisang yang terlalu matang, Nanas, Semangka, dan beberapa olahan seperti buah yang dijus karena dalam jus kadar gulanya semakin meninggi terlebih jika ditambahkan pemanis, dan yang perlu dipantang lainnya adalah buah yang dikemas dalam kaleng.

Buah yang diawetkan termasuk yang dibuat kering ala keripik juga harus dihindari karena dapat mengandung banyak tambahan gula yang digunakan sebagai pengawet dan penguat rasa buah-buahan itu sendiri.


Rini S Bon Bon
Semoga Husnul Khatimah, Aamiin


Meski begitu penderita penyakit diabetes tetap boleh mengkonsumsi buah-buahan dan yang disarankan dan aman dikonsumsi adalah seperti buah alpukat, melon, anggur, dan jeruk.




Sebuah opini
Ref. tkp
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 20-07-2022 07:06
vankaka
cheria021
cheria021 dan vankaka memberi reputasi
10
11K
74
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan