Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dragonroarAvatar border
TS
dragonroar
Sibuk Urusi Ukraina, Rusia Tak Sadar China Bisa 'Caplok' Wilayahnya Ini Tanpa Perang
Sibuk Urusi Ukraina, Rusia Tak Sadar China Bisa 'Caplok' Wilayahnya Ini Tanpa Perang, Ini Cara yang Digunakan China
Senin, 20 Juni 2022 | 09:04 WIB

Tangkap layar TASS
(ilustrasi) Vladimir Putin dan Xi Jinping


Intisari-Online.com - Saat ini, Rusia menguasai beberapa wilayah di seberang perbatasan timurnya dengan menginvasi Ukraina.
Namun, Rusia tidak menyadari prospek kehilangan wilayah di bagian selatan dan tenggaranya ke China.
Kegiatan ekonomi China yang tiada henti di wilayah Rusia ini telah memunculkan pertanyaan yang akhir-akhir ini muncul di media dan kalangan akademis Moskow.
Kegiatan ekonomi tersebut meliputi sebagian besar Siberia, terutama melalui investasi di bidang energi, konstruksi jalan/kereta api, dan pertanian.
Melansir The EurAsian Times, Minggu (19/6/2022), perkembangan terakhir yang membuat pertanyaan ini semakin relevan adalah kesepakatan yang dicapai oleh perusahaan-perusahaan China dan Rusia mengenai industri-industri utama seperti energi, makanan, dan komoditas sehari-hari lainnya di sela-sela Forum Ekonomi Internasional St. Petersburg (SPIEF), sebuah konferensi bisnis tahunan yang dikenal sebagai "Davos Rusia," dari 15-18 Juni.
Yang paling menonjol di antara mereka adalah kesepakatan teknis pada proyek Pasokan Gas Timur Jauh Rusia-China untuk memperkuat kerja sama energi antara China National Petroleum Corporation dan Gazprom Rusia.
Perjanjian tersebut “berisi parameter teknis utama untuk bagian lintas batas pipa gas, termasuk penyeberangan bawah air sungai perbatasan Ussuri, serta parameter fisik dan kimia gas yang dimaksudkan untuk pasokan,” menurut Gazprom.
Dapat dicatat bahwa pada bulan Februari tahun ini, Rusia dan China telah menandatangani kesepakatan pasokan gas baru yang akan beroperasi melalui “rute Timur Jauh”, menggarisbawahi bagaimana meningkatnya ketegangan dengan Barat telah mendorong 'Pivot to the East' Rusia, strategi jangka panjang untuk mendiversifikasi ekspor sumber dayanya ke negara-negara Asia, khususnya China.
Perjanjian tersebut mencakup pasokan tahunan 10 miliar meter kubik (cm) gas alam selama jangka waktu 30 tahun.
Ladang South-Kirinskoye di lepas pantai Pulau Sakhalin diharapkan menjadi sumber pasokan.
Kebetulan, kesepakatan ini berada di luar kontrak 30 tahun Power of Siberia-1 (POS-1) yang sudah ada, yang dibuka antara China dan Rusia pada awal Desember 2019, untuk pasokan tahunan 38 miliar cm.
Kapasitas transmisi gas POS-1 ditingkatkan menjadi 53 miliar meter kubik pada tahun 2021.
Tapi kemudian, selain minyak dan gas Rusia, China juga membutuhkan lahan pertanian Siberia yang saat ini kosong, dengan jutaan hektar yang terbengkalai sejak pecahnya Uni Soviet.
China juga membangun jalan raya dan jaringan kereta api di kawasan itu, di mana Rusia saat ini tidak memiliki uang meski Presiden Vladimir Putin tertarik.
Pada bulan Mei, Putin menyerukan reorientasi jaringan transportasi Rusia dari Barat ke Timur untuk memfasilitasi perdagangan dengan China dan kawasan Asia-Pasifik.
Kolumnis Rusia Margarita Nikifontova baru-baru ini menulis bahwa Moskow “bahkan tidak dapat mengembangkan beberapa jalur rel tunggal ke Laut Okhotsk, meskipun itu akan secara signifikan meningkatkan kehidupan masyarakat, membantu Rute Laut Utara, mempercepat ekstraksi sumber daya alam, memperkuat negara kemampuan pertahanan, dan sebagainya.”
Tapi masalah Rusia terbukti menjadi peluang China yang tampaknya selalu siap untuk berinvestasi di wilayah tersebut.
Perusahaan-perusahaan China sedang membangun jalur kereta api di utara Rusia untuk mengamankan akses ke cadangan sumber daya alam yang sangat besar di sana.

Nikifontova menyesalkan bahwa Moskow hanya peduli sedikit kecuali soal uang dan bahwa “China hari ini merasa berhak untuk memasuki Siberia dan Timur Jauh Rusia—tepatnya mengingatkan pada sikap kekuatan kolonial Eropa terhadap Afrika dan Asia di masa lalu.”
Banyak analis strategis tampaknya memiliki pemikiran yang sama dengan Nikifontova.
Chris Devonshire-Ellis, Pendiri Dezan Shira & Associates dan Ketua Dewan Mitra Ekuitas Internasional perusahaan, memahami bahwa meskipun sebidang tanah besar di Siberia Rusia dan Timur Jauh telah disewakan kepada orang China, tidak ada bukti nyata yang jelas bahwa itu akan pernah dikembalikan.
“Memang, jika China menolak untuk pergi, Moskow akan dihadapkan dengan mundur atau ditarik ke dalam perang regional. Ini mungkin 50 tahun lagi, tapi waktu berlalu dengan cepat…..Ada peta yang dimaksudkan untuk menunjukkan bagian Timur Jauh Rusia di bawah 'manajemen China' – tetapi ini tampaknya telah dihapus dari internet. Sulit untuk memisahkan fakta dari fiksi dalam debat regional ini,” ia memperingatkan.
Yaroslav Zolotaryov, seorang regionalis Siberia, membuat poin serius lainnya tentang peningkatan populasi dan ketidakseimbangan sumber daya antara China dan Timur Jauh Rusia.
Dia prihatin karena jumlah pekerja imigran Tiongkok di Timur Jauh Rusia telah meningkat 400.000 sejak Januari 2017, sementara Distrik Federal Timur Jauh Rusia telah kehilangan dua juta orang pada periode yang sama sebagai akibat dari tingkat kematian dan migrasi keluar yang lebih tinggi.
Zolotaryov tidak menerima argumen resmi Moskow bahwa “Republik Rakyat Tiongkok lebih tertarik pada investasi di perusahaan Siberia daripada mengisi wilayah tersebut.”
Dia berpendapat bahwa yang satu hampir pasti akan mengarah ke yang lain seiring waktu.
Untuk penjelasan Moskow bahwa sebagai standar hidup di Cina lebih tinggi daripada di Rusia, sehingga orang China tidak akan tertarik untuk pindah ke Rusia, Zolotaryov menunjukkan bahwa orang China sebenarnya pindah ke Rusia dan berusaha untuk membuat kekayaan mereka di luar perbatasan China saat ini.
“Mereka sekarang mengekspor kekayaan dua kali lebih banyak dari Rusia daripada yang mereka bawa ke sana”, katanya.
Zolotaryov juga tidak terkesan dengan penjelasan standar bahwa "orang Cina memiliki tempat lain untuk pindah karena sebagian besar China kekurangan penduduk".
Penentangnya adalah bahwa orang China pindah ke tempat yang memiliki sumber daya, dan sumber daya tersebut jauh lebih banyak di Siberia dan Rusia Timur Jauh daripada di bagian China yang populasinya kecil.
Dilihat demikian, kesimpulan Zolotaryov adalah bahwa “rakyat Siberia di abad ke-21 akan terancam tidak hanya oleh asimilasi dari budaya kekaisaran berbahasa Rusia, yang sebenarnya sudah terjadi tetapi juga oleh asimilasi dari Tiongkok yang tidak kalah imperial dan dengan demikian perhatian kepada penduduk wilayah besar di timur Ural.”
Bahkan, beberapa perkiraan lain menunjukkan bahwa jumlah warga China yang tinggal di Timur Jauh Rusia berkisar hingga 2,5 juta.
Dan itu telah memicu kekhawatiran bahwa "Beijing mungkin menggunakan strategi Krimea Putin sendiri untuk menyerap bagian dari Timur Jauh Rusia dan Siberia di beberapa titik di masa depan".

https://intisari.grid.id/read/033336...china?page=all
0
648
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan