Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Berhati-hatilah Bila Membantu Teman!




Membantu teman atas nama solidaritas memang sudah bukan rahasia umum, tanpa banyak teman kita bukanlah siapa-siapa.

Teman memang bisa memberikan arti tentang indahnya kehidupan. Tapi, teman juga bisa membuat kesengsaraan.



Seperti kasus Putra Siregar akibat membantu teman, malah harus mendekam di penjara. Ini bagai buah simalakama tak membantu dianggap tak setia kawan, kalau membantu juga dianggap pelaku pengeroyokan.

Maka, bertemanlah dengan kawan yang baik salah pilih teman bisa-bisa kita terjerumus dalam kasus yang membuat harga diripun rusak. Seperti teman tongkrongan sekolah, yang berujung dengan tawuran ini sebenarnya di dasari solidaritas, gengsi, setia kawan dan juga rasa senasib.



Apakah dengan hal ini kita jangan berteman?

Ya, tidak seperti itu juga juragan. Tapi manusia dilahirkan mempunyai akal dan pikiran, membantu teman dalam hal positif ya dipersilahkan. Terkadang manusia memang perlu bantuan manusia yang lain.

Kita sebagai mahluk sosial tak bisa hidup sendiri, adakalanya kalau teman sedang kesulitan maka yang perlu dilakukan adalah, melakukan hal yang tepat seperti mendengarkan curhat mereka, mengucapkan hal tepat seperti memberikan saran bukan menggurui, mengambil tindakan untuk lapor ke pihak berwajib atau warga sekitar bila teman kita terancam keselamatannya.



Jadi membantu itu tidak harus melakukan kekerasan fisik, karena kalau terjadi pengeroyokan hukum tidak melihat siapa pelaku duluan, tetapi siapa yang punya data-data bukti dan saksi yang lebih bonyok bisa dinyatakan sebagai pelaku.

Namun teman terkadang bisa juga menjadi musuh bila terjadi hal yang tak diinginkan, seperti rasa iri teman kepada kita yang sukses, menyukai orang yang sama juga bisa menjadi pemicu permusuhan, terkadang ketika kamu dibohongi oleh teman atau teman melakukan kesalahan fatal juga akan menimbulkan benci yang tak berkesudahan.



Untuk itu bertemanlah sewajarnya saja, jangan terlalu mengumbar emosi dan rasa. Karena akan ada waktunya seorang teman bisa menjadi lawan, bahkan seorang lawan bisa menjadi teman.

Hidup ini memang butuh teman, tapi harus berhati-hati dan waspada ketika teman dapat menjerumuskan kita pada hal yang salah. Semoga forum ini dapat menambah persaudaraan dan teman lintas provinsi, akhirul kata tiada gading yang tak retak.



Saya c4punk mengucapkan mohon maaf lahir batin kepada teman kaskuser dimanapun anda berada, semoga hari demi hari, masa demi masa hidup kita semakin sukses.

Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, bila ada kritik silahkan disampaikan dan semoga thread ini bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. See u next thread.

emoticon-I Love Indonesia



"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2022
referensi : klik, klik, klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star




tutialawiyah993
screamo37
provocator3301
provocator3301 dan 14 lainnya memberi reputasi
15
6.2K
61
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan