cintadineAvatar border
TS
cintadine
Megah dan Futuristik, Inilah Profil 8 Stadion Piala Dunia Qatar 2022

Piala Dunia Qatar 2022 akan dilaksanakan pada 21 November sampai 18 Desember 2022 mendatang. Tidak seperti biasanya, FIFA mendobrak beberapa tradisi yang ada di empat penyelenggaraan terakhir Piala Dunia sebelumnya. Seperti pertandingan pembuka yang dilakukan tim yang bukan tuan rumah atau juara bertahan, durasi gelaran yang jadi 27 hari atau tiga hari lebih cepat dibandingkan dengan biasanya, sampai jumlah pertandingan per hari di fase grup menjadi empat pertandingan sehari termasuk pada hari pembukaan.

Kemudian, jumlah stadion yang digunakan menjadi lebih sedikit yaitu 8 stadion. Biasanya di edisi-edisi sebelumnya, jumlah stadion setidaknya berjumlah sepuluh. Namun, delapan stadion di Qatar ini dikenal sebagai stadion yang megah dan canggih. Nah, berikut ini adalah delapan stadion tersebut.

1. Al Bayt Stadium

Al Bayt Stadium adalah stadion yang terletak di Al Khor, Doha dan berkapasitas 60.000 penonton. Stadion ini mulai dibangun pada 2014 dan dibuka pada 2021. Stadion ini merupakan kandang dari Timnas Qatar dan klub lokal Al Khor SC.

Stadion inilah yang akan menjadi venue pertandingan pertama Timnas Qatar saat berhadapan dengan Ekuador di pertandingan kedua Grup A pada 21 November 2022. Total, stadion ini akan menggelar 10 pertandingan termasuk partai semifinal kedua.

2. Khalifa International Stadium

Khalifa International Stadium mulai dibuka pada 1976 dan sudah mengalami tiga kali renovasi yaitu pada 2005, 2014, dan 2017. Stadion ini pernah digunakan sebagai venue final Piala Asia 2011 dan teletak di Kota Doha. Stadion berkapasitas 45.000 penonton ini akan menggelar 8 pertandingan pada Piala Dunia 2022 termasuk dengan perebutan tempat ketiga.

Ada pun pada hari pertama, stadion ini akan menjadi tempat pertandingan antara Inggris vs Iran yang tergabung di Grup B.

3. Al Thumama Stadium

Sesuai dengan namanya, stadion ini terletak di Al Thumama. Berkapasitas 40.000 penonton, stadion ini akan menjadi stadion laga pembuka alias pertandingan pertama yang mempertemukan Senegal vs Belanda yang digelar pada 21 November 2022 pukul 13:00 waktu setempat atau pada pukul 17:00 WIB.

Delapan pertandingan dilangsungkan di sini termasuk satu pertandingan 16 besar dan perempat final.

4. Ahmad bin Ali Stadium


Ahmad bin Ali Stadium atau juga dikenal sebagai Al Rayyan Stadium adalah stadion yang terletak di Umm Alfaei, Al Rayyan. Stadion ini pertama kali dibuka pada 2003 dengan kapasitas 20.000 penonton dan pada 2016 dilakukan renovasi besar-besaran untuk menyambut Piala Dunia, sehingga kapasitasnya menjadi 50.000 penonton.

Stadion ini akan menjadi venue tujuh pertandingan fase grup dan tak akan menggelar pertandingan di fase knock-out.

5. Lusail Stadium

Inilah stadion termegah di Qatar yang akan menjadi venue Piala Dunia 2022. Stadion ini terletak di Kota Lusail dengan nama lengkap Lusail Iconic Stadium dan berkapasitas 80.000 penonton. Sepuluh pertandingan akan digelar di stadion ini termasuk semifinal pertama dan tentunya pertandingan final.

Pertandingan pertama yang akan digelar di stadion ini adalah mempertemukan Argentina vs Arab Saudi di Grup C pada 22 November 2022.

6. 974 Stadium

975 Stadium atau sebelumnya bernama Ras Abu Aboud Stadium dibangun pada 2018 dan selesai pada 2021 dengan kapasitas 40.000 penonton dan memiliki teknologi modern yaitu pendingin dengan tenaga matahari. Stadion ini akan menggelar tujuh pertandingan termasuk satu pertandingan babak enam belas besar. Pertandingan pertama yang akan digelar di stadion ini adalah Polandia vs Meksiko yang tergabung di grup C.

7. Education City Stadium

Education City Stadium terletak di tengah-tengah beberapa kampus sehingga dinamai demikian. Stadion ini berbentuk berlian yang akan bersinar di malam hari dan berkapasitas 45.000 penonton.

Stadion ini dibangun pada 2016 dan selesai pada 2020 yang lalu. Stadion ini akan menggelar delapan pertandingan termasuk satu pertandingan enam belas besar dan babak perempat final.

8. Al Janoub Stadium


Yang terakhir, ada Janoub Stadium yang berkapasitas 40.000 penonton. Stadion ini memiliki atap yang bisa ditarik dan ditutup. Dibangun pada 2014 dan selesai pada 2019 yang lalu.

Stadion ini akan menggelar tujuh pertandingan termasuk satu pertandingan babak enam belas besar.

Nah, gan. Mewah-mewah ya stadion di timur tengah ini? emoticon-Big Grin

Referensi
MasterSims
july00artha
nidhomulhaq
nidhomulhaq dan 16 lainnya memberi reputasi
17
6.8K
49
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan