cintadineAvatar border
TS
cintadine
5 Film Mahal dengan Kerugian Terbesar, Salah Satunya Animasi Disney

Tujuan untuk membuat film dengan budget besar adalah untuk bisa menghasilkan keuntungan yang sebesar-besarnya. Contoh film budget besar yang mendapatkan keuntungan yang luar biasa adalah Avatar (2009), Titanic (1997), Avengers: Endgame (2019), dan masih banyak lagi. Akan tetapi, tidak semua film Hollywood berbudget mahal bisa untung besar bahkan bisa rugi bandar. Penyebabnya bisa bermacam-macam yaitu ada yang karena kurangnya promosi sampai karena filmnya yang jelek.

Karena menelan kerugian yang besar, biasanya studio kapok untuk meneruskan proyeknya karena tidak balik modal.

Akan tetapi, film yang merugi tidak melulu mendapatkan review jelek. Tahu Shawshank Redemption? Film yang mendapatkan rating tinggi dan pujian setinggi langit itu adalah film yang merugi secara komersial namun tidak termasuk dalam film yang paling rugi sepanjang sejarah. Nah, berikut ini adalah beberapa film mahal yang paling merugi.

1. Mars Need Moms (2011) Rugi Rp. 1,9 triliun

Inilah film dari Disney dengan pencapaian komersial terburuk sepanjang masa dengan budget Rp. 2,2 triliun, film hanya berhasil mendapatkan pendapatan sebesar Rp. 300 milyar. Sangat jauh dari balik modal. Selain karena ceritanya jelek, film ini juga kurang promosi sehingga di tahun 2011 jarang ada yang mengetahui keberadaan film ini. Ane yakin sebagian besar Kaskuser juga baru tahu ada film ini.

2. John Carter (2012) rugi Rp. 1,7 triliun

Lagi-lagi film dari Walt Disney dan film ini dirilis pada 2012 silam. Dengan budget Rp. 4 triliun, film ini dipenuhi dengam CGI dari awal sampai akhir film. Namun, John Carter mendapatkan ulasan negatif dan membuat penonton kebosanan saat menontonnya. Alhasil, film ini merugi dan hanya mendapatkan Rp. 2, 3 triliun saja. Padahal, film ini terlihat ambisius dari segi visual effect layaknya film mahal lainnya seperti Avatar.

3. The Lone Ranger (2013) rugi Rp. 1,7 triliun

Film ini dibintangi oleh aktor mahal ternama, Johnny Depp. Film ini sebenarnya tidak begitu jelek namun memang kurang promosi dan kurang mendapatkan sorotan dari media saat itu. The Lone Ranger yang merupakan produksi Walt Disney ini hanya mendapatkan Rp. 2,3 triliun dari total budget Rp. 4 triliun. Meski demikian, film ini masuk nominasi Academy Awards 2014 untuk kategori Best Make Up and Hairstyling dan Best Visual Effect.

4. Jack The Giant Slayer (2013) rugi 1,4 triliun

Nah, kalau ini adalah film dari Warner Bros yang dibintangi oleh Nicholas Hoult, Eleanor Tomlinson, dan Stanley Tucci. Disutradarai oleh sutradara kawakan, Bryan Singer ternyata tak menjamin mendapatkan keuntungan. Film yang budgetnya banyak dihabiskan untuk CGI ini mendapatkan Rp. 1,6 triliun dari total biaya produksi sebesar Rp. 3 triliun.

5. 47 Ronin (2013) rugi Rp. 1,3 triliun

Film yang bertemakan samurai ini diangkat dari sebuah kisah samurai Jepang. Dibintangi oleh Keanu Reeves ini mendapatkan respon negatif karena dianggap melenceng dari kisah aslinya. Di Jepang, film ini juga gagal mendapatkan sambutan yang besar. Sehingga film ini hanya mendapatkan Rp. 1,2 triliun dan tak mampu menutupi biaya produksi yang sebesar Rp. 2,5 triliun.

Gimana, gan. Ada lagi film lainnya? emoticon-Big Grin

Referensi
prabas
Aramina
SoupAyam
SoupAyam dan 19 lainnya memberi reputasi
20
14.2K
98
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan