si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
Zuzana 2000 - Self Propelled Howitzer Buatan Slovakia dengan Cita Rasa Ceko
Quote:


Selain transfer paket sistem rudal pertahanan udara S-300 ke Ukraina, beberapa media Eropa juga menyebut jika Slovakia juga akan mengirim Self Propelled Howitzer (SPH) beroda ban milik mereka ke Ukraina. Namun, sampai sekarang tidak diketahui secara pasti apakah senjata yang dimaksud akan didonasikan ke Ukraina ? Kabarnya akan ada 16 SPH yang bakal dikirim ke Ukraina.

Sekilas jika kita membaca nama alutsista ini, kita akan teringat aktor horor kenamaan asal Indonesia, yakni mendiang Suzzana. Lalu seperti apa kehebatan SPH asal Slovakia ini ? Mari kita simak pembahasannya di bawah emoticon-Cendol (S)


Sekilas Sejarah


Tidak banyak informasi sejarah pengembangan alutsista satu ini, tetapi artikel Army Recognitionmenyebutkan jika prototype pertama Zuzana berhasil diselesaikan pada Desember 1992. Kemungkinan prototype alutsista ini mulai didesain sejak awal 1990. Pada tahun 1997, Zuzana memasuki layanan Angkatan Darat Slovakia. Di mana waktu itu ada 8 unit yang dipesan, 8 unit pesanan itu lalu diberi nama Zuzana 2000. Pada bulan Mei 1998, Angkatan Darat Slovakia menambah pesanan sebanyak 40 unit.

Sebagai tambahan informasi, Slovakia membuat SPH Zuzana dari basis SPH ShKH vz.77 (Samohybná Kanónová Húfnica vzor 77) atau yang lebih familiar dengan nama "Dana" yang merupakan SPH buatan Republik Ceko. Di mana self propelled howitzer tersebut dibuat pada akhir 1970-an untuk memenuhi permintaan Angkatan Darat Ceko yang menginginkan sistem artileri yang mobile. Pada masanya SPH Dana diproduksi pleh perusahaan asal Ceko bernama ZTS dan memasuki layanan Angkatan Darat Ceko pada tahun 1981.

Selain Republik Ceko, alutsista ini juga dipakai oleh Slovakia, Georgia, Poalandia serta Libya. Sama dengan Zuzana, Dana juga mengusung platform truk 8x8. Versi modernisasi SPH Dana yang dikenal dengan nama Suzana sekarang diproduksi oleh ZTS Dubnica nad Váhom di Slovakia, sementara itu Republik Ceko juga melakukan hal yang sama; di mana versi modernisasi itu diberi nama Dana M1 dan diproduksi oleh perusahaan bernama Excalibur di Ceko. Yang menarik, varian asli Dana memakai meriam howitzer 152 mm. Namun, pada versi Dana M1 sudah memakai meriam howitzer 155 mm.


Quote:



Kembali ke pembahasan Self Propelled Howitzer Zuzana, howitzer ini dipasang pada platform truk berpenggerak 8x8; tepatnya truk yang digunakan adalah Tatra 815 VP 31 265. Untuk pengemudi berada di bagian depan dengan kabin yang sudah dilengkapi sistem proteksi sepenuhnya. Sementara kubah howtizer berada di bagian tengah dari chassis, kubah ini kemudian terbagi menjadi dua kabin.

Pada kabin kiri adalah tempat untuk operator penembak dan loader, sementara untuk pengendali amunisi berada di kabin sebelah kanan. Keseluruhan bodi Zuzana mampu menahan terjangan proyektil kaliber 7,62 mm dan pecahan artileri.

Untuk urusan mesin, Zuzana 2000 memakai mesin Tatra 2-939-34 air-cooled diesel yang mampu menghasilkan tenaga maskimal 345 hp. Mesin ini ditempatkan di belakang. Kecepatan maksimal Zuzana di jalan aspal maksimal adalah 80 km per jam. Dengan bahan bakar penuh, Zuzana dapat pergi menjelajah sejauh 740 km.




Persenjataan


Zuzana mengusung meriam howitzer kaliber 155m/45 standar NATO dengan dukungan computerized fire control system untuk bisa menembak sasaran secara tepat. Untuk penembakannya, Zuzana dapat memuntahkan 6 proyektil per menit. Sementara untuk sudut elevasi laras mulai dari +70° sampai -3.5º. Pada bagian kubahnya dapat membawa hingga 40 peluru. Untuk jarak tembak maksimumnya adalah 41 km dengan memakai amunisi tipe "extended range."

Zuzana sudah memakai sistem pemuatan munisi otomatis, di mana ada 30 peluru siap tembak dan 10 peluru dalam magazine. Untuk senjata sekunder, pada kubah Zuzana dilengkapi senapan mesin berat NSV kaliber 12,7 mm serta 2× 3 81 mm smoke grenade dischargers.


Quote:



Zuzana 2


Saat ini Suzana 2000 telah dibuat dalam versi kedua atau yang lebih dikenal dengan nama Zuzana 2. Pada April 2018, 25 howitzer self-propelled roda Zuzana 2 155 mm dengan jumlah total €175 juta. Pada April 2018, pemerintah Slovakia berencana untuk mendapatkan 25 Zuzana 2 155 mm self-propelled howitzer.

Pada November 2020 Ukraina berencana untuk membeli SPH Dana M2, yang merupakan varian asli dari Zuzana yang diproduksi Republik Ceko. Dana M2 kembali mengusung kaliber meriam 152 mm, waktu itu Ukraina berencana membeli 26 unit SPH Dana M2 (varian terbaru dari SPH Dana). Di mana Dana M2 akan menggantikan self propelled howitzer buatan Soviet yang terdiri dari 2A36 Giatsint-B 152 mm towed howitzer, 2A65 MSTA-B 152 mm towed howitzer, 2s19 152 mm self propelled howitzer dan 2S5 152 mm self propelled howitzer. Kebetulan seluruh howitzer tersebut memakai kaliber 152 mm.

Sampai saat ini tidak diketahui nasib Dana M2 pesanan Ukraina, jadi dibeli atau tidak. Mengingat munculnya penawaran Zuzana 2 ke Ukraiana dari Slovakia, sepertinya pesanan SPH dari Republik Ceko memang belum terlaksana. Dan berikut ini adalah sekilas profil varian dari SPH Zuzana:


1. Zuzana 2000



Zuzana 2000G milik Yunani. Foto: GreekMilitary.net


Varian awal Zuzana yang dikembangkan dari varian SPH Dana buatan Republik Ceko, modifikasi yang paling mencolok adalah perubahan kaliber meriamnya. Versi Dana memakai kaliber 152 mm, sementara versi Slovakia memakai kaliber 155 mm. SPH ini di Yunani diberi nama Zuzana 2000G.


2. Zuzana 2



Foto: Kementerian Pertahanan Slovakia


Ini adalah varian paling baru dari Zuzana yang mulai diperlihatkan ke publik pada tahun 2004, mendapat kode Zuzana A1 dan Zuzana XA-1. Masih mengusung senjata utama berupa meriam howitzer 155 mm, pembaruan dilakukan pada sisi kubah dan penggantian mesin. Versi Zuzana 2 memakai mesin Tatra T3B-928.70 yang menghasilkan tenaga maksimal 330 kW.

Tambahan dari Kaskuser:


Quote:




Quote:




Referensi Tulisan: indomiliter.com& Army Recognition
Sumber Foto: sudah tertera di atas
Diubah oleh si.matamalaikat 06-03-2024 11:31
scorpiolama
rotten7070
asamboigan
asamboigan dan 22 lainnya memberi reputasi
23
8.8K
27
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan