ebenezer10Avatar border
TS
ebenezer10
Telan Rp 2 Triliun Lebih, Sandiaga Uno Ungkap Sirkuit Mandalika Tak Bisa Balik Modal



Otomotifnet.com - Pembangunan sirkuit Mandalika telan biaya mencapai Rp 2 triliun lebih.

Lantas kapan sirkuit di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat ini bisa balik modal?

Jawabannya, diungkap Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno.

Menurutnya, break event point alias balik modal tak bisa dihitung jangka pendek.

"BEP itu, tahun berapa kita bisa balik modal, kita kan pemerintah, pemerintah mengelola uang masyarakat, yang kita lakukan tidak bisa menghitung BEP seperti itu," ucapnya.

"Kita harapkan ITDC akan menghitung dan menyampaikannya sendiri," tuturnya, (21/3/22).

"ITDC juga mengelola KEK yang akan meningkatkan harga tanahnya," kata Sandiaga.

Namun, di sisi lain, dari pihak Kemenparekraf akan menghitung dampak ekonomi dan penciptaan lapangan kerja.

Menurut Sandiaga, dari pembangunan Sirkuit Mandalika, cukup banyak lapangan kerja yang tercipta.

"Kalau kami menghitung dari dampak ekonomi dan penciptaan lapangan kerja. Dampak ekonomi kita targetkan adalah Rp 500 miliar," jelasnya.

Dengan penciptaan lapangan kerja 35.000 sampai dengan 40.000 lapangan pekerjaan," terangnya.

Sandiaga menyebut, ke depannya Kemenparekraf akan menghitung kajian dampak ekonomi dari MotoGP.

Namun, data yang bisa disampaikan saat ini adalah bangkitnya ekonomi Mandalika yang tercermin dari hotel, penginapan, mobil dan produk UMKM yang laris diburu wisatawan.

"Kami melihat yang betul-betul menyentuh hati saya seperti pengelola penginapan Haji Salmiah," tuturnya.

"Karena sejak dibukanya Mandalika, setelah 40 tahun lebih, belum pernah melihat bagaimana antusias masyarakat membuat persediaan kamar hotel habis terjual," ujar Sandiaga.

Sementara itu, saat ini pihak Kemenparekraf akan melakukan evaluasi dalam rangka persiapan untuk memulai event lainnya.

Seperti World SuperBike yang akan dilaksanakan kembali tahun ini.

Beberapa yang menjadi fokus dari segi pengguna jalan, nantinya akan ada penambahan penerangan, penempatan UMKM yang lebih tersebar, serta penyediaan electric vehicle.

"Kami akan mengevaluasi secara intens beberapa hari ke depan," sambungnya.

"Serta strategi penggunaan sirkuit untuk event–event seperti lari, joging, sepeda, hingga test drive untuk pecinta otomotif," urainya.

"Juga beberapa event yang berkolaborasi dengan standar safety dan yang diutamakan adalah bagaimana Sirkuit Mandalika menjadi hub-nya sport tourism," tandasnya.

Baca Juga: Sri Mulyani Buka-bukaan, MotoGP Indonesia 2022 di Mandalika Telan Biaya Rp 2,5 Triliun


sumber


ternyata ga jelas BEPnya kapan.
masalahnya itu cuma dipake WSB dan MotoGP, selanjutnya ga jelas eventnya apa. sementara biaya maintenis yg tinggi tetap harus berjalan.
muhamad.hanif.2
banteng.budug
viniest
viniest dan 27 lainnya memberi reputasi
20
8.6K
220
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan