Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Hal yg Dirindukan Jika Kendaraan Tenaga Listrik Sudah Menggantikan Bahan Bakar Fosil?


[ HT# 953 ]

Era kendaraan berbahan bakar listrik rupanya sudah nyata semakin dekat dengan kita. Meski secara pemakaian belumlah banyak dan belum menjadi kendaraan yang memasyarakat dengan harga merakyat, pelan tapi pasti akan terjadi.

Kita sekarang yang masih bisa merasakan kendaraan berbahan bakar fosil tentu paham benar plus minusnya menggunakan bahan bakar ini. Selain jumlah bahan bakar fosil yang kian menipis dampak negatif seperti polusi adalah paling besar disumbangkan hasil dari pembakarannya.

Untuk itu kita, kalian, semua siap atau tidak siap menerima pergantian jenis bahan bakar kendaraan dari fosil akan digantikan oleh tenaga listrik yang teknologinya lebih modern, mesin lebih senyap, minim distorsi getaran, lebih bersih dan isu kampanyenya (katanya) lebih ramah lingkungan. Benarkah demikian?

Saya sekedar berandai misalkan 50-75 tahun dari sekarang mungkin mobil sport tercanggih abad ini yang masih menggunakan bahan bakar fosil akan menjadi barang antik yang tak layak digunakan dijalan masa depan. Tentu akan dikenakan tilang dan pastinya harga bensin seliter akan 10x lipatnya?

Dan, ketika misalkan kita masih diberikan umur panjang, mungkin kita akan bisa bercerita kepada cucu kita bagaimana rupa kendaraan dimasa lalu serta suara khas bisingnya knalpot dan polusi yang ditimbulkan.



Contoh nyata sederhana bisingnya mesin kendaraan bisa kita lihat seperti sekarang ini, sebut saja bajaj, dulu kita paham betul bahkan dari jarak 300 meter kita bisa mengenali arah datangnya bajaj dari suara bising knalpotnya. Tapi itu dulu, kalau sekarang suara knalpot bajaj sudah lenyap setelah mesin berganti jadi BBG.

Saya tidak tahu apakah dimasa depan kendaraan berbahan bakar listrik akan tetap ada semacam modifikasi performa mesinnya ala bengkel pinggir jalan?
Terlihat orang antri di Spbu?
Kangen mencium bau bensin?
Melihat ada penjual bensin eceran dalam kemasan botol?
Kepulan asap dari knalpot busuk?
Suara deru-deru kendaraan dikemacetan?




Ah, andai saya bisa melihat masa depan atau menjadi seorang time traveller masa depan, pasti akan saya ceritakan lebih lengkap dan lebih detail di tulisan saya kali ini seperti apa yang sedang terjadi dengan dunia otomotif masa depan kendaraan berbahan bakar listrik.

Apakah masih akan ada pemadaman listrik seperti yang pernah terjadi di Madura berhari-hari karena kabel bawah laut terputus terkena jangkar kapal laut? Dan sederet kasus lain pemadaman listrik massal akibat kesalahan teknis termasuk di ibukota?




Sebuah opini
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 18-02-2022 16:02
jlamp
variolikes
mr.nanonano
mr.nanonano dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1.6K
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan