abdulqadirzAvatar border
TS
abdulqadirz
Bukan Penjara, Ternyata Inilah yang Ditakutkan Para Koruptor


Kita, manusia pada umumnya akan sangat takut bila dihadapkan pada masalah yang menjerat. Lalu terbayang dipikiran sebuah sel penjara yang didalamnya ada diri sendiri, atau bahkan bayangan api neraka. Tapi bagi para koruptor sebenarnya apa ya yang mereka takuti? Apakah neraka? Ataukah penjara?

Penasarannya ente selama ini sedikit dijawab oleh pak mahfud md. Yah walaupun sebenarnya gak faktual karena yang ngomong bukan mantan koruptor hehe. Tapi setidaknya beliau adalah orang pintar. Jadi opininya mungkin tidak sengawur ane atau ente kalo beropini gan wkwk. Just kidding bestie.

Quote:


Nah pak mahfud berkata bahwa "Yang ditakuti koruptor itu sebenarnya bukan penjara, tapi kemiskinan. Seolah-olah penjara tidak menjadi soal bagi mereka asal dompetnya masih tebal, anak dan istri masih hidup enak, masih bisa jalan-jalan ke luar negeri". Hmm kayaknya hal semacam ini rakyat udah pada tau duluan deh. Sekarang pertanyaannya mana implementasi dari para para penegak hukumnya?

Apakah benar begitu? Sebenarnya kalo dilihat berdasarkan logika orang awam, emang ada benernya sih gan. Mereka berani korupsi emang sudah diperhitungkan. Misalnya korupsi 17 miliar dalam proyek wisma atlet, hukumannya cuma 10 tahun penjara, uang sebanyak itu bisa diinvestasikan ke usaha gede yang untungnya terus mengalir hingga 10 tahun ke depan. Ya akhirnya berani lah mereka korupsi.

Quote:


Coba aja hukumannya gak seringan itu. Misalnya hukuman seumur hidup, hukuman dimiskinkan, atau hukuman mati sekalian. Mungkin gak ada yang berani buat korupsi segede apa juga mah. Dimiskinkan? Kasus binomo aja bisa dimiskinkan. Itu kejahatan modus baru loh, ini kejahatan modus lama masa gak bisa. Karena mereka gak takut hukuman penjara lagi. Melainkan takut dimiskinkan. Mungkin hukuman mati mereka juga takut sih hehe.

Itu secara logika. Nah kalo secara faktanya, ane ambil contoh kasus angelina sondakh. Korupsi segede itu, hukumannya 10 tahun penjara, dan denda hanya 8 miliar. Pas keluar total korupsi sama suap nya masih ada. Keluar penjara masih adem ayem bergelimang harta banyak. Jadi sebenarnya apakah hukuman bagi koruptor se-menakutkan itu? Wkwk

Oke segitu dulu untuk thread ane kali ini, thread ini sifatnya entertainment yang bersumber dari keresahan ane di sosial media ya gan. Kalau kurang informatif ya tolong dimaklumi. Kalau menyinggung ya mohon maaf. Terimakasih udah baca, jumpa lagi di thread ane selanjutnya.


Referensi: Opini pribadi & Berita
Sumber gambar: Tertera
@abdulqadirz©2022
MasterSims
indrastrid
pard0
pard0 dan 17 lainnya memberi reputasi
18
6.8K
110
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan