cintadineAvatar border
TS
cintadine
Ini Dia 8 Alasan Kenapa Android Justru Jauh Lebih Baik dari iPhone Gan


Android yang diluncurkan pada 2008 kemudian baru dikenal publik sejak 2009 dan kemudian benar-benar mendunia ketika memasuki 2010an mampu menenggelamkan Blackberry dan Windows Phone sebagai pesaingnya. Seperti yang diketahui kalau iPhone lahir lebih dahulu pada 2007 dan dianggap sebagai pionir dari smartphone layar sentuh penuh.

Persaingan Android dan iPhone pun terjadi sampai sekarang, kedua platform ini digunakan milyaran umat manusia di seluruh dunia. Maka terjadilah perdebatan antara pengguna Android dan iPhone. Pengguna iPhone banyak yang menghina pengguna Android sebagai normies dan kismin, sementara pengguna Android mengejek pengguna iPhone sebagai orang yang sok elitis dan hanya mementingkan gengsi. Mengingat memang tidak semua pengguna iPhone adalah orang kaya dan hanya termakan ego dan gengsi.

Nah, dalam thread ini ane akan dijabarkan beberapa alasan kenapa justru Android lebih baik dari iPhone setelah beberapa penilaian dari berbagai aspek.

1. Android Unggul Dalam Kostumisasi


Sudah menjadi rahasia umum jika Android bisa dikostumisasi secara gila-gilaan oleh para penggunanya, mulai dari launcher sampai dengan icon dan tema. Beda pabrikan, beda pula UI yang digunakan dan itupun bisa diubah lagi melalui berbagai tema yang disediakan bahkan bisa menginstal launcher pihak ketiga apabila memang diinginkan. Sementara, iPhone tidak bisa demikian. Statis dan tak bisa pilih tema. Meski demikian, tampilan statis iPhone yang tanpa app drawer ini serinh ditiru oleh oleh vendor Android walaupun kini mulai ditinggalkan. Karena seperti yang diketahui kini MIUI saja sudah punya app drawer.

2. Pilihan yang Beragam


Android besutan Google adalah open source sehingga pihak manapun bisa mengembangkan dan menggunakannya. Berbagai vendor smartphone menggunakannya sehingga menjadikannya banyak pilihan. Mulai dari Samsung, Xiaomi, Huawei, Oppo, Infinix, Realme, dan merk yang kurang terkenal seperti Tecno Mobile. Banyak sekali pilihan yang bisa diambil. Sementara iOS ya hanya iPhone saja. Menjadikannya eksklusif tentu keuntungan tersendiri, tapi juga punya kelemahannya sendiri.

3. iPhone Tak Bisa Download Lagu dengan Bebas


Android tak ubahnya seperti komputer biasa yang dengan bebas bisa mengunduh lagu dan video dengan bebas dari website sehingga pengguna bisa mendengarkannya dengan leluasa saat offline. iPhone secara khusus melarang pembajakan dan mengharuskan pengguna untuk berlangganan musik secara legal di platform manapun termasuk Apple Music dan Spotify. Sebenarnya iPhone juga bisa memasukan file audio namun harus menggunakan bantuan iTunes dan dicolokan ke PC Windows ataupun Mac OS.

4. Dukungan Aplikasi Google


Karena Android adalah milik Google, otomatis di dalamnya sudah terintegrasi dengan banyak aplikasi Google dan mendapatkan pengalaman yang maksimal. Memang, di iPhone juga ada beberapa aplikasi Google namun bagi orang yang sudah terbiasa menggunakan aplikasi Google di Android akan terasa perbedaannya ketika menggunakan iPhone.

5. Android for Gaming


Karena banyaknya pilihan smartphone pada Android, maka ada pula smartphone Android yang dikhususkan untuk gaming seperti Blackshark, Asus ROG, dan Razer Phone. ROG misalnya, smartphone tersebut spesifikasinya benar-benar ditujukan untuk hardcore gaming. Sedangkan iPhone, walaupun speknya tinggi dan harganga mahal, namun sebenarnya tidak terlalu menonjol dalam hal gaming.

6. USB Type C


Android memiliki pilihan USB type C untuk charging dan juga transfer data. Type C ini memiliki kecepatan pengisian baterai yang lebih cepat dan juga lebih mudah dimasukan karena posisinya dibolak balik sama saja. iPhone masih tidak mau menggunakan type C, mungkin karena gengsi dan malu kalau mereka harus ikut-ikutan Android. Mungkin Apple sedang mencari inovasi lainnya yang lebih baik dari type C.

7. Split Screen


Sejak Android 7.0. Nougat, Android sudah suppport split screen atau multi windows. Sedangkan iPhone tidak bisa. Ada sih, tapi itu hanya berlaku di perangkat iOS lainnya yaitu iPad. Kalau iPhone harus ada triknya dulu dan tentunya harus ribet lagi.

8. iPhone dijual Tanpa Charger


Saking elit dan hebatnya inovasi Apple, inovasi yang tak kalah menggemparkan dari Apple sejak iPhone 12 adalah menjual produknya tanpa charger sehingga harus membelinya secara terpisah. Sebenarnya ini adalah inovasi yang terhebat yang pernah diciptakan oleh Apple sepeninggal Steve Jobs. Karena inovasi ini tak sanggup ditiru oleh Xiaomi sekalipun.

Oke, sudah dulu sarkasnya. Di Android kita masih bisa mendapatkan charger dalam paket penjualan dan tak harus membelinya secara terpisah. Masih banyak sekali vendor yang menyediakannya.

Nah, gan. Boleh setuju boleh tidak. emoticon-Big Grin

Referensi
RyuDan2255
kyukyunana
K.Venom
K.Venom dan 31 lainnya memberi reputasi
32
15.7K
218
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan