Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rizieqbangsadAvatar border
TS
rizieqbangsad
Ada Pancasila tapi Indonesia Belum Bisa Jadi Negara Maju, Kenapa?
Jakarta - Pancasila sebagai dasar negara dipandang memiliki kekuatan untuk membawa Indonesia menjadi negara maju, sebagaimana yang terjadi pada negara-negara lainnya. Akan tetapi, bahkan setelah 76 tahun merdeka, Indonesia masih belum juga bisa menjadi bagian dari golongan negara maju.

Kondisi ini memancing pertanyaan dari para cendekiawan, termasuk Ketua Yayasan Karakter Pancasila Zaim Uchrowi. Padahal, ia menilai Pancasila mengandung konsep besar dengan nilai-nilai yang luar biasa.

"Kalau kita punya nilai besar, kita mestinya bisa tumbuh sebagai bangsa yang maju. Itu sudah dibuktikan negara lain, seperti Jepang, Amerika, bahkan China. Pertanyaannya, Indonesia ini sudah lebih dari 75 tahun merdeka, tapi kok kita belum maju-maju?" ujarnya dalam acara diskusi publik "Cak Nur, Pancasila, dan Indonesia yang Adil" dalam rangka Dies Natalis 24 Universitas Paramadina, Jumat (14/1/2022).

Berangkat dari pertanyaannya itu, dia menarik kesimpulan bahwa terdapat sesuatu yang salah dalam pemahaman dan implementasi nilai-nilai Pancasila. Kesalahan ini yang kemudian menghambat bangsa Indonesia untuk bergerak menjadi negara maju meskipun telah memiliki nilai-nilai dasar Pancasila.

"Dari sanalah kemudian kita sederhana saja berpikir, pasti ada yang salah dalam pemahaman dan penerapan Pancasila. Jadi, Pancasila belum bisa membawa bangsa kita menjadi bangsa maju. Itulah kenapa penting kita memahami Pancasila," tandasnya.

https://amp.wartaekonomi.co.id/berit...ra-maju-kenapa

Indonesia bangsa terkutuk karena bangsa yang tidak mengenal Yesus Kristus. Lihat amerika, negaranya diberkatj karena Mottonya In God We Trust emoticon-Cool
walau udah jadi negara maju mereka gak lupa sama Tuhan.
Makati2019
anu.ku.l
viniest
viniest dan 13 lainnya memberi reputasi
8
2.4K
153
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan