afryan015Avatar border
TS
afryan015
Produk Smart Home Untuk Menjadi Rumah Pintar

Hay Ryan balik nih, maaf lama tidak muncul, hehe ke PD an amat yak, padahal ada yang nyariin aja nggak, tapi nggak papa Ryan disini mau berbagi tentang hal baru, dan bukan lagi tentang hal horor, hehe itu ada di trit yang lainnya yak, kalau ada yang mau cerita horor ya silahkan langsung kunjungi ke perofil kaskus Ryan yak.


Sebelum pembahasan trit ini, Ryan mau tanya dulu nih, siapa disini yang belum paham atau belum tahu tentang Smart Phone, wah pasti semuanya agan agan sudah pada tahu ya tentang produk yang sudah menjadi kebutuhan primer ini di kalangan semua orang, bahkan anak yang baru lahir pun mungkin sudah pada tahu apa itu Smart Phone, soalnya baru aja lahir yang dilihat pertama bukan orang tuanya tapi kamera Smart Phone yang sudah siap mengambil gambar pertama saat dia lahir hehe.


Nah kalau Smart Phone sudah pada tahu, kali ini Ryan mau membagikan trit tentang Rumah, lah kok malah Rumah apa hubungannya? Hehe sabar sabar, masih ada hubungannya kok, jika kita sudah mengenal Smart Phone kali ini kita harus mengenal yang namanya Smart Home, atau Rumah pintar.


Mungkin belum semua orang tahu tentang apa itu Smart Home, dan bagaimana itu fungsinya, dan pasti ada juga yang berfikiran Smart Home itu akan mahal, Smart Phone aja mahal apa lagi Smart Home, hehe.


Sedikit penjelasan Smart Home atau Rumah Pintar yang akhir akhir ini mulai ramai diperbincangkan oleh banyak orang, dan satu persatu orang orang sudah mulai membangun rumah pintar, dimana rumah yang akan kita tinggali akan bekerja lebih dari hanya sekedar sebagai rumah berteduh kita.


Nah kenapa begitu, ya karena namanya saja Rumah Pintar pasti rumah itu akan memudahkan semua aktifitas kita didalamnya, nah maka dari itu Ryan disini akan membahas atau memberi referensi bagi kalian yang mau membuat rumah pintar. Dan tentunya Rumah yang akan kita buat ini tidak akan menelan banyak biaya karena kita hanya perlu meng-upgrade satu persatu sesuai dengan dana yang kita miliki, jadi akan terasa ringan.


Ok kita mulai saja pembahasan kita pada trit kali ini, 5 produk smart home yang wajib dimiliki untuk menjadi rumah pintar, CEEEKKKIIIBBRRROOOOTTTTT


1.     Lampu LED


Spoiler for Smart Bulb:


Nah kita akan mulai dari yang murah dulu aja,kita mulai dari Lampu LEDyang merupakan alat pokok yang biasa kita gunakan sebagai bahan penerangan dimalam hari, dan pasti semua membutuhkan Lampu LED dijaman sekarang ini.


Untuk mewujudkan Rumah Pintarsetidaknya kita beli dulu lampunya, yah kalau diharga sekarang ini 11 Januari 2022 harga lampu pintar berkisar dari harga 80rb – 100rb an, kita akan mendapatkan lampu pintar dengan kapasitas tegangannya 12W, wah kecil banget tegangannya, memanglah kecil namun dengan kapasitas tegangan sebesar ini, Ryan rasa sudah cukup untuk menerangi ruangan atau kamar.


Tapi kalian tidak akan rugi kalau kalian menggunakan lampu LED pintarini, kenapa demikian? ya karena kita tidak usah repot repot mematikan atau menghidupkan lampu dengan menekan saklar ditembok, kita bisa memanfaatkan Smart Phone kita dan menekan tombol saklar diHP kita, hal ini bisa memudahkan kita saat lupa menyalakan lampu ketika kita sedang berpergian, ditambah lagi, lampu pintar ini juga bisa kita atur jadwalnya kapan lampu harus menyala kapan lampu mati, jadi akan lebih memudahkan kita yang pelupa
Kita juga bisa merubah warna dari lampu itu lewat HP kita jadi bisa kita sesuaikan dengan warna apa yang kita mau, biar ruangan semakin estetik wkwk.

2.     Smart Switch / saklar

Spoiler for Smart Switch:


Selanjutnya adalah Smart Switch/ saklar, untuk kalian yang merasa kalau pakai Lampu Pintar dengan kapasitas tengangan Cuma 12W kurang terang, dengan Smart Switch ini kalian tidak perlu membeli Lampu Pintar dan malah lebih efisien ini, karena kita bisa menggunakan lampu berapa Watt pun karena nantinya pengaturan hidup dan matinya lampu tetap berada di Smart Switch ini, dengan Smart Switch ini kita bisa menghidupkan lampu apapun walaupun dia bukan Lampu Pintar dengan jarak jauh dimanapun dan kapanpun, dengan Smart Switch kita juga bisa mengatrus jadwal kapan lampu akan hidup dan akapan akan mati, sebenarnya sama dengan Lampu Pintar tapi menurut Ryan malah mending mengupgrade Saklarnya karena kegunaan sama dan kalau Lampu Pintar kita tidak bisa mencari kapasitas tegangan yang besar di tahun sekarang karena masih cukup langka.

3.     Smart Curtain / Gorden Pintar

Spoiler for Smart Curtain:


Setelah itu setidaknya kita mengupgrade Gorden kita, sebenarnya bukan kain Gordennya, melainkan Rel Gordennya yang kita ganti, tentunya kita ganti dengan Smart Reil, dengan menggunakan Smart Curtainini, kita tidak perlu repot repot membuka dan menarik Gorden secara manual untuk membuka dan menutup Gorden, dizaman yang sudah serba modern ini, membuka Gorden pun kita harus menggunakan teknologi.


Dengan Smart Curtainini, dengan sekali setuh dilayar Smart Phone kita, kita bisa membuka dan menutup Gorden rumah kita dengan otomatis.


Terus apakah bisa mengatur jadwal kapan buka kapan tutup? Tentusaja bisa juragan hehe, namanya saja Smart Curtainatau Gorden Pintar, nggak usah disuruh asal sudah kita tentukan jadwalnya, dia pasti disiplin membuka dan menutup secara otomatis.


Terus untuk buka Gordennya pasti full kebuka semua ya atau ketutup semua? Loh ini kan Smart Gorden, jadi tinggal kasih perintah saja mau di buka full atau dibuka sebagian, semua bisa, tinggal perintah saja dengan HP kita.

4.     Smart Vacum Cleaner

Spoiler for Smart Vacuum Cleaner:


Kalau yang ini pasti semua sudah pada tahu, dan alat ini sangat cocok untuk kalian yang males nyapu ataupun ngepel hehe, soalnya fungsi dari alat ini adalah bersih bersih sesuai dengan namanya, dan kalian semua pasti sudah pada tahu.


Alat ini akan membersihkan semua lantai kita dengan bersih, mulai dari menyapu, ngepel, semua bisa dia lakukan, dan semua bisa kita kendalikan melalui HP terutama penjadwalan kapan dia harus bersih bersih kapan dia istirahat bersih bersih hehe.

5.     Smart DoorLock  / Gagang Pintu Pintar

Spoiler for Smart Door Lock:


Setelah semua hal pokok didalam rumah pintar, kita juga harus mengutamakan keamanan, disini kita bisa menggunakan Smart Lock Door, dengan alat ini kita bisa mudah mengunci dan membuka pintu, cara menguncinya mudah dan cara membukanya pun mudah, kita bisa membuka pintu dengan menggunakan kode angka yang jelas kode itu hanya kita dan orang tertentu saja yang tahu, kemudian scan kartu, tentu ini juga hanya orang orang yang punya kartu tersebut yang bisa masuk,kemudian juga yang paling aman kita bisa menggunakan sidik jari kita sebagai syarat akses untuk masuk rumah, hehe sebenarnya masih ada satu lagi dan itu masih manual jadi tidak usah di jelaskan ya.

6.     Smart CCTV

Spoiler for Smart CCTV:


Untuk keamanan rumah selanjutnya adalah Smart CCTV, dengan alat ini membantu kita untuk memantau rumah kita dari jarak jauh melalui Smart Phone, dibeberapa jenis Smart CCTVkita juga bisa menggerakan kamera kekanan kekiri atas dan bawah dengan menggunakan Smart Phone kita, tapi biasanya ini khusus untuk kamera Indoor alias kamera yang berada didalam ruangan, untuk yang diluar ruangan masih sedikit yang bisa di gerakan seperti itu.


Kita juga mendapat fasilitas komunikasi dua arah, kita bisa mengirimkan pesan suara kepada siapapun yang berada didepan kamera saat itu, dan orang atau siapapun yang berada didepan kamera itu juga bisa mengirimkan suara lewat kamera tersebut, jadi bisa ngobrol disana.


Dan yang lebih penting, kamera ini biasanya dilengkapi dengan sensor gerak, jadi kita akan diberi notifikasi jika ada pergerakan di depan kamera, jadi kalau ada maling masti langsung ketahuan, apalagi kalau kamera ini disinkronkan dengan smart sirinealias alaram yang otomatis akan berbunyi jika ada gerakan dikamera, ini berguna saat rumah kita tingga berpergian.

7.     Google Nest / Smart Speaker

Spoiler for Smart Speaker:


Nah ini yang terakhir, rumah pintarkalian akan serasa semakin pintar jika ditambahkan dengan alat ini, tentunya kalian pasti tahu film Iron Man, dimana rumah dari Tony Stark bisa diajak berbicara dan diperintah.


Dengan alat ini, rumah kitapun sama, jika semua perabotan rumah kita sudah Smartdan terhubung dengan akun Google, atau apapun itu tergantung dengan aplikasi yang digunakan, kita bisa memerintah alat alat itu dengan alat ini, dan tidak perlu menyentuhnya, hanya tinggal perintahkan dengan suara. Contohnya “OK, Google! Nyalakan Lampu Teras” setelah kita mengucapkan perintah itu maka Lampu Teras akan menyala dengan otomatis, begitu juga dengan perabotan lainnya, Contoh lagi “OK, Google! Buka Gorden Ruang Tamu” secara otomatis Gorden yang berada diruang tamu semula tertutup akan terbuka secara otomatis.


 


Wah siapa coba yang tidak mau rumah kita menjadi rumah yang sangat Pintar, tinggal kita perintah dan semua akan bergerak dengan sendirinya.


Tidak perlu mahal mahal kita bisa mengupgrade satu persatu komponennya, maka perlahan rumah kita akn benar benar menjadi rumah pintar, malah mungkin bisa melebihi kepintaran orang yang punya hehe, bercanda yak.


Nah Mungkin itu saja yang bisa dibagikan dari trit kali ini, tentunya dengan adanya perkembangan zaman yang semakin pesat, kita pun harus mengimbangi kalau tidak mau ketinggalan jaman, tapi tentunya perlahan sesuai dengan anggaran rumah tangga kita, dan tidak perlu ngoyo alias gas pol karena sisi lain kalau kita menuruti semua teknologi maka akan terasa berat hidup ini, jadi perlahan tapi pasti tetap ikuti perkembangan


Ok sekian dulu, terimakasih sudah mampir di trit Ryan, maaf jika ada salah penjelasan, dan jangan lupa Cendol dan Rate nya.
emoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toast
emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star
kubelti3
natalielyn
andi.3301
andi.3301 dan 11 lainnya memberi reputasi
12
4.4K
85
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan