syarif.sodenAvatar border
TS
syarif.soden
Maksud dari nanometer (NM) pada Processor dan Kaitannya Dengan Fabrikasi

para penggemar teknologitentu istilah prosesor bukan hal yang aneh, apa yang agan pikirkan ketika ada kata "prosesor" ?, CPU, Otak dari Komputer, dan istilah istilah processor lainnya.

Namun, seberapakah agan mengenal prosesor ? Disini ane akan menjelaskan nya.

Prosesor merupakan sebuah chip pintar yang biasanya terletak pada komputer dan telepon pintar (smartphone), namun apakah agan berfikir bahwa prosesor terbuat dari pasir ?

Ya, prosesor merupakan sebuah chip yang terbuat dari bahan dasar pasir yang di proses dengan teknologi sedemikian rupa sehingga bisa menjadi sebuah prosesor.

Tidak banyak orang yang menyadari bahwa prosesor merupakan sebuah teknologi yang berperan penting dalam mengubah dunia kita menjadi seperti sekarang, bahwa prosesor lah yang membuat komputer canggih yang agan pegang sekarang, bahwa prosesor lah yang menjadi otak utama smartphone yang saat ini agan pakai sekarang, dengan teknologi prosesor yang semakin canggih, sehingga bisa menciptakan smartphone atau komputer canggih yang sudah ada sekarang dan untuk masa depan manusia.

Meskipun memiliki ukuran yang kecil, untuk menciptakan sebuah prosesor dibutuhkan waktu yang cukup lama dan dengan banyak tahapan yang tidak semua tahu, dan saat ini pun Indonesia belum bisa memproduksi prosesor di perangkat yang saat ini kita gunakan, hanya perusahaan tertentu dari luar negeri yang kebanyakan membuat prosesor.

Fabrikasi Prosesor Adalah
Apakah agan mengetahui apa itu fabrikasi? Dan apa kaitannya fabrikasi dengan perangkat proses atau prosesor?. Fabrikasi secara bahasa berarti pembuatan produk dengan menggabungkan berbagai item tertentu dijadikan satu komponen atau rangkaian dengan standart proses dan standart produk tertentu.

Lalu apa kaitan antara fabrikasi dengan prosesor?. Prosesor dalam pembuatannya merupakan gabungan dari berbagai macam bahan dan komponen sehingga dapat membentuk satu barang utuh yaitu prosesor.

Seringkali yang kita lupa sisi lain fabrikasi selain hanya merangkai komponen adalah bagaimana menciptakan produk yang baru dan lebih efisien dari sisi kinerja dibanding produk-produk sebelumnya. Nah, dalam perkembangan prosesor tentu tahap lanjut atau inovasi prosesor harus melawati tahap fabrikasi agar generasi baru prosesor mampu menjawab tantangan perkembangan zaman.

Masyarakat sekarang tentu sangat mengidam-idamkan akses aplikasi yang cepat pada perangkat yang dimilikinya. Kebutuhan tersebut dijawab dengan fabrikasi baik dari sisi ukuran, bahan yang digunakan, serta menggunakan teknik apa dalam pembuatan prosesor tersebut.

Nano Meter / Nm adalah
Selama ini kita mengetahui istilah CPU, prosesor, chipset, dan perangkat keras pemrosesan yang lain pada komputer tanpa tau bagaimana proses pembuatan atau perkembangannya. Bahkan bagian kecil dalam komputer seperti chipset tanpa kita tahu ternyata membutuhkan beragam proses dan tahapan dalam membuatnya.

Tuntutan pasar mengharuskan produsen teknologi membuat terobosan baru secepat dan seinovatif mungkin. Karena persaingan pasar semakin ketat apa lagi pada bidang teknologi, menjadikan pertumbuhan atau inovasi baru sengat cepat terjadi dan otomatis membuat mekanisme siapa yang kurang up date maka tidak akan diminati lagi.

Satuan ukuran pada processor disebut nanometer, yang dalam hal ini semakin kecil ukuran processor dianggap semakin bagus dan semakin cepat dalam menghantarkan implus data sehingga kinerjanya main efektif

Singkat kata maksud dari nanometer pada processor merupakan satuan ukuran dari processor tersebut, yang memiliki pengaruh pada tingkat efisiensi kinerja processor.

Jadi Intinya. Nanometer (NM) merupakan satuan ukuran dari processor. Semakin kecil ukuran maka semakin efisien pula kinerja processor tersebut. Jadi, semakin kecil ukuran nanometer pada processor jelas akan memberikan efisiensi yang lebih baik pula.
0
7.2K
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan