partaioliangAvatar border
TS
partaioliang
Emang Bener Apple Mau Bikin Search Engine Sendiri?

Beberapa waktu lalu sempat dikabarkan kalau Google membayar Apple supaya mesin pencarian miliknya terpasang di semua perangkat Apple. Google disebut membayar sebesar 8 – 12 miliar dollar AS atau sekitar Rp 118 – 177 triliun setiap tahunnya untuk menghadirkan search engine Google di semua perangkat Apple.


Nah, nampaknya kedepan Apple gak mau lagi menggunakan dan bergantung pada search engine milik Google. Soalnya beredar rumor kalau Apple akan membangun search engine sendiri. Sebenarnya sih rumor ini udah muncul sejak tahun 2014 lalu GanSis, bahkan pada tahun 2015, Apple pernah mengkonfirmasi kalau mereka punya crawling Applebot yang digunakan untuk mengindeks situs.

Salah tanda – tanda yang mengindikasikan kalau Apple akan mengembangkan mesin pencarian sendiri adalah iOS 14 di iPhone yang kini mulai menunjukkan hasil search sendiri. Hasil pencarian ini juga menampilkan situs – situs yang dicari. Pencarian ini bisa dilakukan pengguna melalui home screen mereka.

Menurut beberapa pengamat industri, kemampuan penelusuran web di iOS 14 tersebut menandai kemajuan penting pengembangan mesin pencarian Apple. Selain itu, beredar juga kabar bahwa Applebot belakangan mengalami kenaikan crawl rate -angka kunjungan ke situs-situs untuk memperbarui database- secara signifikan sehingga memperkuat dugaan pengembangan search engine.

Emang udah seharusnya sih perusahaan sekelas Apple punya search engine sendiri. Apalagi mereka mempunyai banyak perangkat yang bisa menggunakan mesin pencarian tersebut. Untuk urusan pengguna, udah gak usah diragukan lagi, Apple punya pengguna yang cukup loyal dan ini bisa dimanfaatkan...hehehe



muhamad.hanif.2
botzilla
tien212700
tien212700 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
2.5K
10
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan