Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ajrihusAvatar border
TS
ajrihus
Geliat VR di Indonesia, Bantu Bisnis Tumbuh Lebih Cepat


Indonesia sudah dipastikan dapat bersaing dengan dunia dalam inovasi teknologi, terbukti dengan bermunculannya startup unicorn seperti gojek dan tokopedia. Terutama dengan teknologi terbarukan seperti Virtual Reality (VR). Geliat Virtual Reality di Indonesia semakin terlihat dari semakin bermunculannya VR Theme Park seperti KOVEE VR di Mall Central Park, dan HADO Indonesia di Mall Kelapa Gading.

Bukan untuk hiburan saja, di event-event juga penerapan VR untuk pemasaran semakin banyak terlihat beberapa tahun terakhir ini terutama dalam bidang property, menandakan bahwa manfaat VR untuk bisnis di Indonesia juga semakin di lirik.

Bagi Anda yang mulai bertanya-tanya akan manfaat apa saja yang dapat VR berikan untuk bisnis, simak ulasannya di bawah ini:

1. Pelatihan Lebih Aman dan Hemat Biaya

Di dunia ini terdapat beberapa pekerjaan dengan risiko cidera dan kematian seperti militer, pemadam kebakaran dan petugas di pembangkit tenaga nuklir. Pekerjaan berbahaya pastinya butuh pelatihan untuk menghadapi risiko bahaya yang akan dihadapi, bahkan dalam kurun waktu 11 tahun terakhir 110 petugas pemadam kebakaran di US kehilangan nyawa ketika sesi pelatihan. Di tambah besarnya biaya yang harus dibayar untuk setiap sesi pelatihan.

Penggunaan teknologi VRmenjadi solusi pelatihan keselamatan kerja termasuk di Indonesia. Dengan sesi pelatihan melalui VR, para peserta dapat melatih mental dengan membiasakan diri untuk menghadapi situasi berbahaya ketika bekerja tanpa harus menghadapi situasi tersebut secara langsung dalam kehidupan nyata. Untuk menikmati manfaat teknologi VR dalam pelatihan di Indonesia, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya sekali saja untuk teknologi dan perlengkapan VR yang bisa terus Anda gunakan berulang-ulang tanpa batas, yang beratri menghemat biaya secara signifikan.

2. Tingkatkan Angka Penjualan Produk

Contoh kasus penggunaan VR dalam pemasaran produk yang paling sering ditemui adalah dalam bisnis properi. Melalui VR, pelanggan dapat merasakan pengalaman menyusuri interior rumah yang hendak dibeli bahkan sebelum unit dibangun, tanpa harus pergi mendatangi unit demi unit property satu persatu yang tentu ini menghemat waktu dari calon pembeli. Juga melalui platform web atau aplikasi, pelanggan dapat akses ke seluruh unit property Anda dari rumah.

Juga, melalui VR calon pembeli dapat melakukan simulasi dekorasi rumah, apartment, atau ruang kantor yang akan dibeli, seperti penataan perabot furnitur dan dekorasi, pemilihan material yang hendak digunakan, juga menentukan warna pada setiap ruangan secara kompleks. Di samping pemasaran produk lebih efisien hingga dari jarak jauh saja, namun juga tingkatkan pengalaman calon konsumen yang berarti meningkatkan kemungkinan bagi mereka untuk membeli.

3. Teknologi Pendidikan Efektif dan Mendalam

Virtual Reality memiliki kapasitas untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan membawa para siswa memasuki lingkungan sesuai dengan materi yang dipelajari dan menjadikan pelajaran lebih hidup. Karena generasi Z kini lebih tertarik dengan pembelajaran melalui media digital dibanding media pembelajaran konvensional, tentu penerapan VR untuk pendidikanjuga akan berdampak dari sisi peningkatan perhatian dan emosional siswa ke arah yang lebih positif.

Dengan VR, siswa dapat melakukan pelatihan kejuruan dan memasuki lingkungan atau tempat kerja sesuai dengan kejuruannya. Contohnya siswa dari jurusan kedokteran akan menghadapi situasi dengan pasien kritis dan harus menyelamatkan pasien tersebut untuk bisa lulus ujian, atau siswa militer yang akan dihadapkan dengan simulasi peperangan di mana pasukan musuh menyerang dan diharuskan untuk mengalahkan semua musuh tanpa terkena tembakan untuk lulus ujian.

Teknologi VR mampu tingkatkan efisiensi belajar di kelas, dan memberikan siswa pengalaman secara langsung. Berkat semua keunggulan yang dimilikinya, tentu teknologi ini layak untuk diterapkan oleh sekolah-sekolah di Indonesia, dan kelak akan menjadi masa depan untuk pendidikan yang lebih baik.

4. Promosikan Lokasi Pariwisata

Teknologi VR berikan manfaat juga bagi bisnis pariwisata. Dengan VR, Anda dapat berikan sekilas pengalaman yang akan dinikmati calon pengunjung secara lebih nyata dan mendalam sebelum mereka mendatangi lokasi secara langsung. Calon pelancong dapat nikmati foto-foto lokasi dalam 360 derajat, atau video singkat dari titik yang menjadi daya tarik dari lokasi pariwisata untuk meningkatkan ketertarikan untuk datang berkunjung.

5. Raup Untung Dari Pengalaman VR

Seperti yang sudah kita bahas, VR Theme Park terus bermunculan bahkan di Indonesia. Tentu kehadiran VR Theme Park di Indonesia jadi tanda bahwa menyediakan pengalaman VR memiliki peluang sebagai lahan bisnis. Terutama di negara Indonesia karena teknologi VR belum terlalu marak tersebar seperti di luar Negeri. Ada 7 jenis bisnis dalam bidang teknologi VR yang bisa Anda coba.

Itulah 5 manfaat yang dapat teknologi VR berikan untuk bisnis di Indonesia. Sudah dapat ide bagaimana memanfaatkan teknologi imersif ini untuk tingkatkan peluang sukses bisnis Anda.


Diubah oleh ajrihus 08-09-2021 16:02
0
300
2
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan