Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

babangteknikAvatar border
TS
babangteknik
Definisi Tentang (PLC)
PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER (PLC) 
[table][tr][td][/td]
[/tr]
[tr][td]Image For Pixabay.com[/td]
[/tr]
[/table]


PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER (PLC) – Sebetulnya sebagian orang sudah mengenal dengan istilah yang bernama PLC atau Programmable Logic Controller  Bagi mereka yang ebrgerak di bidang ini atau bagi Mahasiswa yang mengambil jurusan Teknik Elektro atau Teknik Informatika. Bagi yang belum  mengenal istilah ini bisa teman-teman ikuti artikel berikut. 

PLC merupakan suatu peralatan (device) yang digunakan untuk menggantikan fungsi suatu rangkaian relay sekuens untuk mengontrol proses/mesin. PLC bekerja berdasarkan input yang diterima dan bergantung pada fungsinya menghasilkan output dalam bentuk on/off (binary output). Pemakai/user PLC harus memasukkan/memberikan program pada PLC untuk menghasilkan output tertentu. 
Sebagai contoh, misalkan pada saat sakelar on kita ingin menyalakan suatu solenoid selama 5 detik dan kemudian mematikannya tanpa merubah status dari sakelar yang tetap on. Hal ini dilakukan dengan mudah dengan menggunakan external timer. Namun bagaimana jika suatu industri terdapat ratusan sakelar dan solenoid, tentu memerlukan banyak sekali timer. Kenyataman ini akan semakin kompleks jika juga dilakukan fungsi perhitungan (counter) pada suatu proses. Untuk menyederhanakan kebutuhan ini dan memudahkan menjalankan maka digunakan PLC. PLC mampu untuk menjalankan fungsi timer selama waktu tertentu serta melakukan fungsi counter dengan sederhana. 

Secara umum PLC (Programable Logic Controller) dapat dibayangkan seperti sebuah personal komputer konvensional (konfigurasi internal pada PLC mirip sekali dengan konfigurasi internal pada personal komputer). Akan tetapi dalam hal ini PLC dirancang untuk pembuatan panel listrik (untuk arus kuat). Jadi bisa dianggap bahwa PLC adalah komputernya panel listrik. Ada juga juga yang menyebutnya dengan PC. 

Read More


0
214
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan