Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

GawaikitaAvatar border
TS
Gawaikita
Cara Membedakan Charger Laptop Ori & Palsu
Sahabat Gawai harus berhati-hati ketika akan membeli aksesoris laptop terutama komponen terpenting seperti charger atau adaptor. Saat ini telah banyak produsen yang memproduksi produk tiruan atau KW dari berbagai macam merek yang sangat mirip dengan produk aslinya. Tidak hanya beredar pada toko online, toko offline pun sering menjual charger laptop palsu. Salah satu perbedaan yang paling mencolok adalah pada jenis dan kualitas komponen didalamnya, seperti sistem pendingin, sirkuit charger, kualitas solder dan PCB.

Penggunaan charger laptop palsu akan berakibat buruk bagi laptop karena ketidakstabilan arus listrik yang akan menyebabkan kerusakan pada baterai, arus pendek pada mainboard, touchpad yang tiba-tiba bergerak sendiri hingga laptop menjadi cepat panas dan komponen didalamnya akan rusak secara permanen. Untuk keamanan dan ketahanan laptop, berikut beberapa tips untuk membedakan charger laptop Ori dan KW.

1. Perbedaan dari segi harga

Harga yang ditawarkan oleh penjual charger kw biasanya lebih murah daripada charger biasanya. Jika biasanya harga charger bisa di bandrol 300 – 500 ribu rupiah atau bisa jadi 2x lipat dari harga KW. Semua harga tergantung dari merek dan tipe laptopnya. Jadi jangan mudah tergiur dengan harga yang murah.


2. Perbedaan dari segi komponen Charger

Perbedaan yang kedua adalah dari komponen chargernya, biasanya ini susah dilihat secara langsung. Namun yang harus diperhatikan adalah charger laptop original memiliki komponen yang berfungsi sebagai pengaman voltase tinggi, filtrasi dan sebagai penahan arus yang kuat agar tidak ada kebocoran arus. Selanjutnya komponen lain yang mencolok juga adalah dari sistem pendingin, sirkuit charger, kualitas solder dan PCB. Hal tersebut yang membuat arus listrik dan pendinginan lebih stabil sehingga baterai laptop akan lebih awet dan lebih aman. 


3. Perbedaan dari segi daya yang dihasilkan

Daya yang dihasilkan oleh charger original cenderung lebih stabil daripada charger KW. Karena Charger KW memiliki kemampuan konversi yang buruk. Hal ini dapat dibuktikan dengan charger yang cepat panas ketika digunakan.


4. Perbedaan dari segi berat

Charger original biasanya lebih berat daripada charger KW, karena komponen didalamnya sangat detail dan kompleks seperti komponen filtrasi, penahan arus dan pengaman voltase yang tidak ada di dalam charger KW.


5. Perbedaan pada stiker Informasi

Terakhir, yang paling mudah dilihat adalah dari stiker yang terdapat pada charger. Biasanya, charger ori memiliki stiker dengan bahan yang bagus dan memuat banyak informasi didalamnya. Selain itu, stiker dan label charger ori juga menempel kuat pada charger laptop, tidak seperti charger KW yang mudah terkelupas dan tidak meyakinkan.

Nah itu tadi tips untuk Sahabat Gawai dalam mengidentifikasi charger ori atau KW. Kamu tidak disarankan untuk membeli charger secara online dengan toko yang tidak terpercaya. Namun jangan khawatir, jika ingin memiliki charger yang original tapi males keluar rumah, kamu dapat menghubungi Gawai Kita.

Gawaikita adalah solusimu ! Tempat service laptop bandung terbaik. Tidak hanya menyediakan service laptop, Gawaikita juga menyediakan berbagai accesories laptop sesuai kebutuhanmu.  Bagi Sahabat Gawaikita yang mager keluar rumah buat service atau beli accesories laptop, tidak perlu bingung karena Gawaikita bisa datang ke rumahmu. Sahabat Gawaikita cukup buka website kami di www.gawaikita.comdan dapatkan konsultasi masalah laptopmu gratis. Ayo tunggu apalagi, laptop rusak, laptop mati, laptop butuh service? Gawaikita aja!




0
198
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan