johanboAvatar border
TS
johanbo
Web Hosting Murah

Saat ingin memilih web hosting, umumnya orang akan memikirkan dua hal, yakni kualitas dan harga. Kualitas adalah aspek petimbangan terpenting, sementara harga merupakan pertimbangan logis karena sebagai pengguna tentunya kita menginginkan harga yang murah.

Bagaimana cara mengukur mahal murahnya layanan hosting?

Jika Anda perhatikan, hampir semua penyedia web hosting mengklaim layanan mereka murah. Disini Anda perlu memahami, bahwa mahal murahnya biaya sewa hosting sebenarnya ditentukan oleh sejumlah hal antara lain kualitas, fasilitas dan fitur, serta keamanannya.

Gambaran sederhananya sebagai berikut:

Misalkan provider A menawarkan biaya sewa Rp 5.000/bulan, sementara provider B menawarkan biaya sewa Rp 10.000/bulan. Provider A memberikan kapasitas penyimpanan data sebesar 200 MB, lalu provider A memberikan kapasitas penyimpanan data sebesar 1 GB. Sementara dalam aspek load time, server Provider A memiliki waktu akses 4 detik, dan provider B memiliki rata-rata waktu akses 1 detik.  

Mana yang pantas dibilang murah?

Jawabannya adalah provider B. Karena, meskipun biaya sewa hosting di provider A hanya Rp 5.000 per bulan dan provider A Rp 10.000 per bulan, namun provider B memiliki keunggulan dalam berbagai aspek.

Sebagai pengguna, tentunya kita menginginkan layanan web hosting yang berkualitas dan dapat memenuhi kebutuhan sumberdaya website kita tapi disisi lain kita juga ingin mendapatkan harga termurah dikelasnya.

Biaya sewa hosting secara umum

Biaya sewa web hosting di Indonesia rata-rata berkisar antara Rp 5.000 - Rp 35.000 per bulan. Namun, seperti dijelaskan diatas, bahwasannya besaran biaya ini merujuk pada sejumlah hal meliputi kualitas, fasilitas dan fitur, serta tingkat keamanannya.

Dalam memilih hosting, selain berpertimbangan pada aspek kualitas, fasilitas, dan fitur, kita juga harus menyesuaikan dengan ukuran sumberdaya yang diperlukan website kita. Dengan memahami ukuran sumberdaya yang dibutuhkan website kita, maka kita bisa memilih paket hosting secara tepat tanpa perlu mengeluarkan biaya yang sifatnya "mubazir".

Seperti apa kriteria website atau blog yang ingin Anda buat?

Petanyaan diatas akan memberikan Anda gambaran tipe atau paket web hosting apa yang tepat untuk Anda pilih. Misalkan Anda seorang pemula yang ingin membuat blog dengan hosting mandiri (self-hosted), pada level ini Anda cukup menggunakan shared hosting standar. Kedepannya, jika website Anda sudah tumbuh berkembang dan mulai mendapatkan banyak kunjungan, Anda bisa upgrade ke hosting VPS atau tetap menggunakan shared hosting namun dengan sumberdaya yang lebih besar.  

Sementara itu, misalkan Anda berencana untuk membuat situs berita atau situs toko online yang pastinya membutuhkan ruang penyimpanan file cukup besar, maka supaya Anda tidak perlu bekerja dua kali hanya dalam kurun waktu yang singkat pilihlah VPS.

Web Hosting Murah Indonesia

Ada ratusan penyedia web hosting lokal yang saya seleksi, dan saya telah menetapkan beberapa perusahaan web hosting terbaik di Indonesia yang menawarkan harga paling murah dikelasnya. 

Berikut ini rekomendasi web hosting murah berkualitas dan terpercaya yang menurut saya merupakan pilihan terbaik jika Anda memutuskan untuk menggunakan web hosting Indonesia.

1. Niagahoster.co.id

Perusahaan ini mulai beroperasi pada 2013 silam. Meski dari sisi usia masih relatif baru, namun hingga thread ini saya buat, Niagahoster telah masuk dalam daftar 5 perusahaan web hosting paling berpengaruh di Indonesia. Sejauh ini mereka telah dipercaya ratusan ribu klien dari berbagai background. Logisnya, Niagahoster berhasil masuk dalam daftar web hosting terbaik lokal tidak lain adalah karena kualitas dan harga yang mereka tawarkan.

Mari kita pahami lebih dalam kelebihan web hosting Niagahoster

  • Load Time Bagus

Dengan standar perangkat yang unggul, server Niagahoster bekerja dengan sangat baik sehingga mampu memberikan load time yang cukup cepat. 

Agar thread ini tidak Anda anggap melebih-lebihkan, silakan perhatikan gambar SS hasil pengecekan load time server Niagahoster menggunakan Site24x7 berikut ini.



Server Niagahoster memiliki rata-rata load time 613 ms. (Ini merupakan angka load time  yang cukup fantastis untuk ukuran hosting dengan biaya sewa cukup murah).

  • Server Uptime Sempurna

Umumnya penyedia hosting baik lokal maupun luar negeri mengklaim garansi uptime 99.98%. Niagahoster sendiri memberikan garansi server uptime 99.999%.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat, saya melakukan pengecekan uptime server Niagahoster secara berkala, dan berikut ini hasil pengecekan uptime mereka untuk 24 jam terakhir, 7 hari trakhir, dan 30 hari terakhir.



Ternyata, uptime server Niagahoster mampu tembus 100% alias perfect. Tapi harap dicatat, untuk uptime akumulatif dalam beberapa bulan hasilnya bisa saja berbeda. Namun, ini tidak masalah sepanjang angka uptime tidak kurang dari 99.95%.

  • Fasilitas & Fitur Lengkap

Niagahoster menawarkan fasilitas dan fitur yang sangat lengkap mulai fitur developing, keamanan, hingga fitur optimsi mesin pencari. Anda bisa menikmati cPanel terbaru, auto-install ratusan web script, integrasi Cloudflare, akses SSH, website builder, hingga SEO tools.

  • Sangat Aman

Untuk melindungi keamanan website klien, Niagahoster menggunakan BitNinja Smart Server. Teknologi ini akan mencegah website Anda dari serangan DDoS. 

Module keamanan port honeypot, Dos Sensor & Log Analysis BitNinja akan menganalisa setiap koneksi kemudian memblokir koneksi yang dianggap memiliki potensi serangan.

  • Harga Termurah

Biaya sewa hosting di Niagahoster adalah yang termurah dikelasnya. Untuk paket paling rendah, mereka menetapkan harga Rp 8.000/bulan. 

Paket yang saya rekomendasikan:

Selain layanan Virtual Private Server (VPS), Niagahoster menawarkan empat jenis paket hosting, yaitu paket Bayi, Pelajar, Personal, dan Bisnis.

Jika Anda memiliki budget yang cukup, saya sarankan untuk memilih paket Pelajar atau Personalkarena menawarkan fasilitas dan fitur sangat lengkap dengan jaminan performa optimal. 

  • Pelayanan Sangat Memuaskan

Niagahoster menyiapkan tim dukungan teknis selama 24 jam untuk membantu pelanggan mengatasi setiap permasalahan tata kelola hosting yang mereka hadapi atau sekedar ingin bertanya tentang suatu hal yang berkaitan dengan hosting. Terlebi jika Anda seorang pemula, maka bantuan teknis akan sangat Anda butuhkan. 

Anda bisa mengubungi tim bantuan teknis Niagahoster kapanpun Anda membutuhkannya baik melalui email, tiket, live chat, maupun melalui sambungan telepon.

Cek di Website Niagahoster

Diubah oleh johanbo 08-02-2019 19:52
0
339
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan