natasha.volkovaAvatar border
TS
natasha.volkova
Mengenal Kaum Vegan Kenapa Mereka Dibenci?
assalamualaikum waramatullahi wabarrakatuh.

setelah lama vakum dari dunia kaskuser karena, tak punya pc, membuat trit dengan hp susah, kali ini aku akan membuat trit yang membahas mengenai kaum vegan.



aku akan membahas vegan menurut ideku dan artikel yang sudah ada dari berbagai situs, alasan kenapa aku membahas vegan karena cukup menarik dan seru.

sebelum aku bahas penyebab mereka dibenci, aku akan membahas dulu apa itu vegan dan apa itu vegetarian.

vegan ini beda dengan vegetarian, vegan ini seperti sebuah aliran atau sekte atau ideologi, vegan sangat anti yang berbau daging, sedangkan vegetarian aku sebut aja veget, ini adalah seorang yang anti makan daging, terkadang masih makan daging ikan, minum susu, dan makan telur, sedangkan vegan tidak sama sekali.

alasan mereka menjadi vegetarian ada beberapa faktor:

- kesehatan
- agama
- tradisi
- budaya
- tren
- komunitas

tapi vegan memiliki pemahaman dan idealisme sendiri, mereka tak segan segan memaksakan kehendaknya ke orang lain, mereka menganggap bahwa para hewan tidak diperlakukan secara manusiawi padahal hewan pun tidak suka diperlakukan seperti manusia.



Perbedaan Vegan dan Vegetarian

vegan:

vegan adalah gaya hidup dimana seseorang hanya akan memakan makanan non hewani, mereka memakan yang biasa dari tumbuhan, seperti sayur dan buah buahan, selain menolak menolak makanan hewani, mereka juga menentang makanan dari hewani.

vegetarian:

vegetarian adalah gaya hidup dimana memakan hanya tumbuhan, tapi ada juga yang masih memakan dari hewani, contoh daging ikan, telur, susu, kaum veget menolak makanan hewani kecuali 3 tadi, mereka tidak menentang makanan dari hewan.

Sejarah Vegan

kita ke sejarah veget atau veggie dulu, istilah vegetarian muncul tahun 1847, dan sebelum itu orang orang disebut sebagai phytoagorean.

nama itu diambil dari nama pitagoras, mungkin karena dulunya ia seorang pemakan tumbuhan. (ini menurut aku ya)

istilah vegetarian ini diucapkan oleh joseph botherton di northwood villa, kent, inggris pada 30 september 1847

definisi asli vegetarisme adalah dengan atau tanpa telur dan hasil ternak perah, dan definisi ini masih digunakan oleh komunitas vegetarian hingga sekarang.

seirng berkembangnya waktu, karena komunitas veget atau veggie ini terus bertahan, munculah istilah vegan.

vegan pertama diucapkan oleh orang bernama donald watson seorang tukang kayu dari inggris.



itulah kenapa gaya hidup vegan erat dikaitkan dengan kehidupan tukang kayu dari inggris.


pada saat itulah 100% gaya hidup memakan tumbuhan atau istilahnya nabati, jadi intinya 100% nabati, tanpa hewani sedikit pun.

donald watson ini menjadi vegetarian pada tahun 1924, lalu ikut ke komunitas veget yang bernama vegetarian society di leceister inggris.

selama menjadi veggie si donald watson ini masih mengonsumsi telur dan susu.

waktu terus berjalan, akhirnya di tahun 1943 watson meragukan bersama beberapa orang rekannya yang telah menjalani hidup vegetarian merasa kata itu tidak cukup untuk mendefinisikan apa yang sedang mereka lakukan.

karena orang orang pemakan tumbuhan masih mengonsumsi susu.

berbeda dengan vegetarian, yang masih makan telur, susu, madu, daging ikan, mereka sama sekali tidak mau mengonsumsi produk yang berasal dari hewan.

untuk mengidentifikasi diri mereka, maka watson mengambil tiga huruf di awal dan dua huruf di akhir kata vegetarian dan lahirlah kata vegan,
lalu dirumuskan oleh para elit vegan di akhir tahun 80an.



mereka telah mencoba merumuskan definisi yang paling pas untuk gerakan mereka, hingga akhirnya sampai pada definisi di atas maka lahirlah gerakan.

Gerakan Vegan




gerakan vegan ini adalah, gerakan yang menentang kebutuhan pokok dari binatang, karena mereka berpikir itu terlalu kejam dan sadis.

mereka menilai, kebutuhan pokok dari hewan itu terlalu kejam dan sadis, karena demi kelangsungan hidup manusia.

mereka menolak mulai dari wol, susu, madu, telur, mereka menilai bahwa para binatang telah dieksploitasi dan harus diselamatkan dari tangan manusia.

pernyataan membuat daging bukan makanan membuat pecinta hewan aktif dalam hal ini yang mendukung hak hak hewan sebut saja peta.

gerakan ini sangat dekat dengan lgbt, kaum vegan 70% adalah lgbt, hasil dari vooting facebook dari komunitas vegan, yakni seorang penulis lgbt asal inggris yang membuat vooting di grup vegan, hasilnya mereka menganut lgbt.



kaum lgbt banyak yang menganut gaya hidup vegan karena persamaan nasib.

mereka menganggap, ayam, kambing, sapi, kalkun menderita dipabrik daging, dan cara menghentikannya adalah tidak memakannya.

mereka lebih kasih sayang yang tinggi ke hewan tetapi mereka lebih garang ke manusia.

Kegiatan Kontroversi Vegan

vegan menganggap, bahwa para hewan ternak diperlakukan tidak manusiawi, padahal para hewan belum tentu suka diperlakukan seperti manusia.

mereka tak segan menyampaikan pemikirannya kepada siapaun, mereka sangat bangga dengan gelar vegannya.

lebih parahnya lagi, mereka memaksa orang yang memakan daging supaya ikut dengannya (jangankan orang, hewan pun dipaksa jadi vegan) kadang mereka menggunakan kekerasan, memblokade restoran dan super market.

mereka sangat bangga karena merasa telah menjadi penyelamat dunia, menyelamatkan para hewan, merasa ikut mendamaikan dunia.

semua orang tidak setuju dengan tindakan kontroversial vegan, gordon ramsay adalah orang yang menentang keras kaum vegan. (walau pun sih katanya dia mau jadi vegan)



gordon ramsay pun pernah dicibir kaum vegan, bahkan ada kaum vegan yang meminta dibuatkan vegan lasagna, dia menjawab, we are peta people eat tasty animal.

pernyataan dia dihujat oleh kaum vegan, bahkan peta pun juga ikut ikutan menghujatnya.

gerakan mereka biasanya menyebar di negara barat dan juga eropa hingga australia.

mereka bahkan rela datang ke negara negara asia filipina, china, jepang, tanpa malu malu, kalau di indonesia sih, aku rasa belum berani.



kegiatan mereka biasa berdemo di depan restoran, memblokade rumah makan dan supermarket sampai melakukan kekerasan, debat sana sini, kalau demo kang sate madura sih.... bisa bisa ditebas pakai celurit.

saking menyebalkannya mereka, sampai sampai munculah istilah karen.




Mengenal Istilah Karen

karen ini bukan nama wanita, apalagi nama tokoh yang ada di harvest moon ya, ini beda lagi.

karen adalah bahasa internet yang diangkat dari meme yang merujuk kepada wanita kulit putih yang sompral dan arogan.

akibat dari inilah nama karen merosot ke 635 kebawah, padahal pada tahun 1951 sampai 1968, nama karen menjadi nama yang paling populer untuk menamai anak mereka.

nama karen mungkin identik dengan wanita kulit putih, dan nama karen menjadi nama kebencian saat ini.

nama karen digunakan untuk mengolok olok, biasanya wanita paruh baya sok egois, sok suci, arogan, rasis.



tapi seiring berkembangnya waktu, nama karen bukan hanya ditujukan kepada wanita saja, tapi lelaki pun iya, dalam hal ini, donald trump contohnya.



soal kaum vegan arogan, mereka menamainya dengan sebutan vegan karen, kontroversi vegan dan karen pun juga tak lupa dengan kontroversi peta.

Peta Adalah Organisasi Hak Asasi Hewan Yang Sangat Kontroversial

peta ini bukan peta letak lokasi senjata kuno dan item langka, nama tempat atau lokasi.

atau sebuah nama organisasi nasional pembela tanah air atau nama sebuah ormas bergaya mirip tentara? bukan.

melainkan sebuah organisasi hak hewan atau pecinta hewan yang sangat kontroversial dari amerika serikat yang kepanjangannya adalah People for the Ethical Treatment of Animals

peta ini sudah berdiri sejak 22 maret 1980an didirkan oleh 2 orang pecinta hewan berinama ingrid newkirk dan alex pachcho.

organisasi ini menyatakan hewan bukan konsumsi, dinaiki, dan lain lain.

semenjak kemunculannya, organisasi ini dari dulu sangat kontroversial, karena menyebarkan propaganda hak hewan dengan cara yang sangat provokatif.

selain itu mereka sangat gencar menyebarkan propaganda vegan, memaksa orang lain untuk jadi vegan.

organisasi ini selalu melakukan hal hal kontroversialnya, mengeluarkan pernyataan.

kalau memberi anak dengan makanan hewani atau daging sama saja dengan pelecehan anak.

mereka menyatakan pernyataan yang bertentangan dengan medis, menyebut kalau susu sapi tidai baik dengan kesehatan apalagi untuk anak.

mereka pernah menghina steve irwin, seolah senang kalau steve irwin celaka, masih banyak kasus lainnya.



prabowo subianto dan tni pernah berurusan dengan kelompok peta, peta menyuruh prabowo supaya tni tidak makan hewan liar selama latihan di hutan, tapi mereka bodo amat sama kelompok itu.



kelompok peta juga tidak beretika dan tak punya malu dalam melakukan aksinya, mulai dari anarkis, mesum di depan umum, hingga telanjang.





aksi mereka suka membuat berhenti suatu acara secara tiba tiba, seperti fashion show 2015 di new york, dan acara acara lainnya.

akibat dari inilah mereka menuai berbagai macam cibiran, karena mereka melarang konsumsi hewani dan memaksa orang menjadi vegan, akhirnya peta dianggap organisasi pembenci alias hate group.

Kasus Vegan Yang Kebablasan

karena kegiatan kaum vegan ini yang bisa dibilang kebablasan, setiap masuk berita sudah hal biasa.

seperti kasus sonia sae, wanita vegan asal spanyol, wanita itu mempunyai rubah fennec, hewan itu dipaksa menjadi vegan sampai kurus kering.



kasus lainnya juga seorang tiktoker yang memvegankan paksa anjingnya, sebenarnya sih ini masih banyak kasus seperti ini.

saat ini kucing dan anjing vegan bisa ditemui ini, tentu saja memaksa hewan karnivora menjadi vegan sama saja mencekoki seekor kuda dengan daging.

hal ini tentu memperngaruhi nutrisi untuk kelangsungan hidup hewan tersebut, dan memang para vegan seolah tak peduli dengan hal ini.

selain hal itu, vegan pun juga sangat aktif di internet, mulai dari menyebarkan provokasi sampai pengancaman.

jordan younger, dia adalah blogger vegan yang berhenti jadi vegan gara gara terkena penyakit orthorexia, semenjak saat itu dia sering diserang kaum vegan.



di australia pernah ada kejadian, dimana kaum vegan masuk ke kfc lalu menyiram darah ke lantai, seolah olah telah terjadi pembantaian, kejadian ini membuat heboh publik.

Kebencian Terhadap Kaum Vegan

karena banyaknya kaum vegan anarkis, akhirnya menculah kebencian terhadap mereka.



kebencian terhadap kaum vegan ini disebut veganophobe.

pembenci vegan menyatakan hal yang sama, bahwa mereka juga kejam menyiksa tumbuhan dan membantai tikus demi suburnya tumbuhan.

mereka menganganggap kaum vegan sangat sompral dan munafik mau menang sendiri, suka memgantagoniskan orang biasa.

di inggris ada kehebohan dari kaum vegan karena menolak transportrasi alasannya tidak ingin hewan hewan kecil mati terlindas.

di forum forum internet, kolom komentar youtube, facebook, instagram, mereka jadi bahan olok olokan dan hinaan.



belum cukup aksi olok olokan, pembenci kaum vegan juga tidak kalah edan.

di inggris ada seorang memakan tupai mati mentah, lalu dibuang di tengah tengah keramaian pasar vegan, rupanya dia sedang demo pro daging.

Apakah Mereka Sesuai Dengan Biologi Dan Kesehatan?

jelas tidak, karena manusia adalah makhluk yang menempati urutan paling atas sebagai konsumen teratas.

konsumen teratas adalah karnivora dan omnivora, tidak ada herbivora, memang sih bentuk manusia terutama gigi terlihat seperti makhluk herbivora, tapi punya gigi taring dan bisa mencerna daging dengan mudah yang menunjukan kalau manusia adalah omnivora.

singa yang menempati urutan rantai makanan tertinggi juga tidak akan mikir apalagi kasian mau makan hewan lain.

menurut medis, vegan belum tentu sehat, ada alasan berhenti jadi vegan dan menjadi vegan karena masalah kesehatan.

menjadi vegan akan kekurangan nutrisi, contohnya b12, kekurangan kalsium dan protein bisa saja kena penyakit contoh saja yang dialami jordan younger yang terkena penyakit orthorexia.

Apakah Aksi Kaum Vegan Sesuai Tradisi budaya dan Agama?

aku rasa tidak, karena negara kita ini memiliki makanan khas yang banyak mengandung daging.

gudeg daging ayam, rendang daging sapi, pempek dan siomay daging ikan, sampai sate madura ayam, ayam betutu daging ayam.



kalau pun mereka jauh jauh kesini dan melakukan aksi anarkisnya seperti di negara barat, ini jelas akan memicu chaos.

lalu apakah mereka sesuai agama, khususnya syariat islam?

jelas tidak, padahal soal halal haramnya daging sudah ada dalilnya, di surat yasin sudah ada dalil membolehkan makan daging hewan kecuali hewan yang haram.

contoh dalil yang membolehkan makan hewan ternak adalah surat yasin ayat 71 sampai 73.

contoh sufat yasin ayat 72:

Wa żallalnāhā lahum fa min-hā rakụbuhum wa min-hā ya`kulụn

Terjemah Arti: Dan Kami tundukkan binatang-binatang itu untuk mereka; maka sebahagiannya menjadi tunggangan mereka dan sebahagiannya mereka makan.

tradisi islam sendiri ada juga perayaan idul adha, dimana unat muslim berkurban kambing, sapi, dan unta.

jadi kalau ada protes dari kaum vegan dan peta, ini jelas sangat bertentangan dengan syariat.



di agama non muslim pun juga sama mereka tidak ada larangan makan daging.

kalau ada yang menentang dari kaum vegan dan peta jelas mereka salah.

kecuali mengecam tradisi gadhimai yang di nepal, aku masih setuju mengenai hal itu.

Apakah Aku Membenci Kaum Vegan?

hmmm aku mah ga benci orangnya, arep mangan tanaman yo monggo, asal tidak memgganggu lingkungan main demo main paksa.

kalau udah mulai paksa aku paling benci, kayak kampanye vegan memaksa orang biasa makan tanaman.

jelas aku melawan, apalagi yang disinggung makanan kesukaanku yang menggunakan daging seperti pizza, rendang, ramen, daging ikan.

intinya anti vegan bukan berarti anti sayuran, tetapi kalau vegan jelas anti hewani.



aku rasa ini sudah cukup dan terlalu panjang tulisannya.

Undur Diri

silahkan komentar apapun yang kalian suka, baku hantam di kolom komentar dipersilahkan. emoticon-Hai

Diubah oleh natasha.volkova 04-10-2021 08:34
noilsan
tuhanparadewa
rizalll797
rizalll797 dan 53 lainnya memberi reputasi
50
15.8K
188
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan