pakulidiAvatar border
TS
pakulidi
Duduk Perkara Habib Bahar Vs Ryan Jombang Versi Pengacara

Bandung - Pengacara Very Idham Henyansyah alias Ryan Jombang, Kasman Sangaji angkat bicara mengenai duduk perkara kliennya dianiaya Habib Bahar bin Smith di Lapas Gunung Sindur. Penganiayaan itu disebut bermula dari permasalahan uang yang disebut dipinjam Habib Bahar kepada Ryan Jombang.
"Kalau permasalahan awalnya itu sebenarnya masalah sepele, jadi habib Bahar ini beberapa bulan lalu sering meminjam uang ke Ryan," ujar Kasman kepada detikcom, Rabu (18/8/2021).

Kasman mengatakan Bahar kerap meminjam uang dengan nominal beragam tiap saat. Sehingga dia menyebut total uang yang dipinjam Rp 10 juta

"Bukan uang Rp 10 juta utuh, enggak. Rp 1 juta terus Rp 500 ribu," katanya.

Akan tetapi, kata Kasman, uang tersebut ada yang dikembalikan ada yang tidak. Hingga puncaknya beberapa waktu lalu, kata Kasman, Ryan kesal lantaran Bahar tak kunjung membayar uang yang dipinjam.

"Pinjam kadang diganti dan kadang tidak, cuman udah meminjam itu ketika Ryan meminta tidak dikasih. Pada saat Ryan (meminta) nggak dikasih, dia (Ryan) melihat uang di atas meja. Karena Ryan kesal menagih tapi dia ada uang akhirnya Ryan ambil uang itu dibungkus pakai plastik dan dibuang ke tempat sampah," katanya.

setelah itu, kata Kasman, habib Bahar marah. Namun posisi Ryan saat itu diam saja lantaran merasa bersalah sudah membuang uang tersebut. Bahkan Ryan sudah meminta maaf kepada Bahar.
Namun tiba-tiba setelah keluar dari masjid, Ryan dihadang oleh Bahar. Bahar pun langsung menghujamkan pukulan ke arah Ryan.
"Ryan cuman diem aja nggak ngomong. Cuman kan tindakan itu yang saya kecam," tuturnya.

Sementara itu, kuasa hukum habib Bahar bin Smith Ichwan Tuankotta menuding munculnya kabar dugaan penganiayaan Very Idham Henyansyah alias Ryan Jombang di Lapas Gunung Sindur bemuatan politik. Dia juga menuding kabar tersebut guna menjegal Bahar bebas.

Ichwan menuturkan kasus itu sudah terjadi beberapa hari lalu. Bahkan kasus itu sudah diselesaikan secara internal di Lapas Gunung Sindur.

"Tapi nggak tau, berita sampai keluar begini. Makanya ini, kalau nggak muatannya politik lagi atau enggak memang ingin menjegal habib Bahar bebas. Tinggal menghitung hari sebenarnya," ujar Ichwan kepada detikcom, Rabu (18/8/2021).

Menurut Ichwan, kliennya akan segera bebas. Akan tetapi, dia tak menyebut tanggal pasti Bahar akan bebas dari penjara.

Bahar sendiri saat ini ditahan atas kasus penganiayaan terhadap dua remaja dengan vonis 3 tahun penjara dan penganiayaan sopir taksi online dengan vonis 3 bulan penjara. Bahar juga baru menerima remisi kemerdekaan selama tiga bulan.


"Ada lah ya, kita gak bisa sebutkan yang jelas habib sudah mau keluar, muncul lagi masalah baru," kata dia.

Terkait dugaan penganiayaan terhadap Ryan Jombang sendiri, Ichwan masih menyangsikan hal itu dilakukan oleh Bahar. Terlebih pihaknya membantah Bahar berutang Rp 10 juta yang disebut jadi pemicu pemukulan. Pihaknya saat ini masih akan mengecek kebenarannya.

"Kita belum tau soal itu makanya nanti coba kita cek atau mungkin kita juga nggak tau habib Bahar kan banyak murid juga di sana. Apakah habib yang mukul atau muridnya yang mukul. Kan tau sendiri di Lapas Gunung Sindur banyak banget kan, kita nggak tau kalau habib Bahar dicolek dikit sama Ryan kan mungkin muridnya ngamuk terus dilimpahkan kesalahannya ke habib Bahar makanya kita mau Tabayyun dulu nih dengan Habib Bahar," kata Ichwan.

Sebelumnya, Habib Bahar bin Smith dikabarkan melakukan penganiayaan terhadap Very Idham Henyansyah alias Ryan Jombang di Lapas Gunung Sindur. Kalapas Gunung Sindur Mujiarto memastikan kasus ini sudah diselesaikan.

Sementara itu, Kasman Sangaji, kuasa hukum Ryan Jombang menjelaskan awal mula kliennya dipukuli. Menurut Kasman, kasus itu bermula dari Bahar yang berutang kepada kliennya dengan total diperkirakan Rp 10 juta.

"Kalau permasalahan awalnya itu sebenarnya masalah sepele, jadi habib Bahar ini beberapa bulan lalu sering meminjam uang ke Ryan," ujar Kasman kepada detikcom, Rabu (18/8/2021).

Kasman mengatakan Bahar kerap meminjam uang dengan nominal beragam tiap saat. Sehingga dia menyebut total uang yang dipinjam Rp 10 juta.

"Bukan uang Rp 10 juta utuh, enggak. Rp 1 juta terus Rp 500 ribu," katanya.

sumur bor 

gimana ini bor?
namanya minjem berapapun kan kudu mbalikin ya?
sekecil apapun masalah kudu diselesain biar ga membesar begini
Diubah oleh pakulidi 19-08-2021 00:55
viniest
screamo37
Nikita41
Nikita41 dan 27 lainnya memberi reputasi
26
8.6K
137
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan